DAMPAK PEMBELAJARAN ONLINE SELAMA PANDEMI COVID-19 TERHADAP RESILIENSI, LITERASI MATEMATIS DAN PRESTASI MATEMATIKA SISWA

Hardi Tambunan

Abstract


Abstrak. Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang luar biasa terhadap sektor pendidikan di Indonesia, akibatnya mempengaruhi hasil belajar siswa. Studi ini bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran melalui online selama pandemi Covid-19 terhadap resiliensi matematis, kemampuan literasi matematis, dan prestasi matematika siswa.  Penelitian ini adalah ex post fakto yang dilaksanakan di sekolah menengah pertama dengan sampel, n= 265 yang diambil secara cluster dari sepuluh kecamatan di Provinsi Sumatera Utara. Hasil analisis data dengan menggunakan analisis inferensial dan deskriptip menyimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan resiliensi matematis dan berpengaruh terhadap prestasi matematika siswa. Ada hubungan yang signifikan kemampuan literasi matematis dan berpengaruh terhadap prestasi matematika siswa. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa resiliensi matematis, kemampuan literasi matematis, dan prestasi matematika siswa adalah kategori sedang dan tidak mencapai ketuntasan belajar. Dengan demikian, pembelajaran selama pandemi Covid-19 memberikan dampak kurang baik terhadap prestasi siswa dalam matematika.


Keywords


resiliensi, literasi matematis, prestasi matematika

Full Text:

PDF

References


Abidah, A., et al. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar”. Studies in Philosophy of Science and Education (SiPoSE), 1(1), 38-49.

Allen,M.J.,& Yen,W.M.(1979).Introduction to Measurement Theory. Monterey: Brooks/Cole Publishing company

Almarashdi, H., & Jarrah, A. M. (2021). Mathematics Distance Learning Amid the COVID-19 Pandemic in the UAE: High School Students’ Perspectives. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(1), 292-307.

Anggoro, B. S. (2016). Analisis Persepsi Siswa SMP Terhadap Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender dan Disposisi Berpikir Kreatif Matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7 (2), 2016, 153-166.

Arikunto, S. (2012). Research Procedure. Jakarta: Rineka Cipta

Asih, K. A., et al. (2019). Resiliensi Matematis pada Pembelajaran Discovery Learning dalam Upaya Meningkatkan Komunikasi Matematika. PRISMA 2, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 862-868.

Astuti, M. S., & Setyawan, I. (2002). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Pembelajaran Kontektual dengan Minat Belajar Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Semarang. Jurnal Psikologi. Fakultas Psikologi, 3(3), 2-8.

Astuti, P. (2018). Kemampuan Literasi Matematika dan Kemampuan Berpikir Tingkat. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, I, 263-266.

Azmi, F. M., & Khoshaim, H. B. (2021). The COVID-19 Study in Saudi Arabia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(3), 265-281.

Baber, H. (2020). Determinants of Students’ Perceived Learning Outcome and Satisfaction in Online Learning during the Pandemic of COVID19. Journal of Education and e-Learning Research, 7(3). 285-292

Benard, B. (2004). Resiliency : What We Have Learned. San Francisco, CA: WestEd Regional Educational Laboratory

Cahyani, E.P., et al. (2018). Hubungan antara Minat Belajar dan Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Numeracy, 5 (1), 49-56.

Conklin & J. Manfro. (2012). Higher Order Thinking Skills to Develop 21st Century Learners. Huntington: Shell Education Publishing, Inc.

Contreras, C. P., et al. (2021). Challenges of Virtual Education during the COVID-19 Pandemic: Experiences of Mexican University Professors and Students. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(3), 188-204.

Dilla, S. C., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2018). Faktor Gender dan Resiliensi dalam Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 129-136.

Dweck, C.S. (2013). Self-Theories. Their Role in Motivation, Personality, and Development. New York: Psychology Press.

Fajriyah, E. (2018). Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika dalam Mendukung Literasi. PRISMA 1 (2018): Prosiding Seminar Nasional Matematika, 114-119.

Fitriyani, Y., et al. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6 (2), 165-175. http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/index

Gani, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran dan Persepsi Tentang Matematika Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri di Kecamatan Salomekko Kabubaten Bone. Jurnal Daya Matematis, 3 (3), 337-343.

Gilligan, R. (2007). Adversity, Resilience and the Educational Progress of Young People in Public Care. Emotional and Behavioural Difficulties, 12, 135-145.

Handayani, I. P. (2018). Pengaruh Program Literasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri 21 Surabaya. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 6(6), 1-8.

Hamid, R., Sentryo, I.,& Hasan, S. (2020). Online Learning and Its Problems in the Covid-19 Emergency Period. Jurnal Prima Edukasia, 8 (1), 2020, 86-95.

Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1-18

Hernández, A. L., et al. (2019). Stress, Self-Efficacy, Academic Achievement and Resilience in Emerging Adults . Electronic Journal of Research in Educational Psychology, 17 (1), 129-148.

Hodiyanto. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemampuan Koneksi Matematis dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 6(2). 208-218.

Iman, S. A., & Firmansyah, D. (2019). Pengaruh Kemampuan Resiliensi Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 356-360.

Indah, N., Mania, S., & Nursalam. (2016). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning di Kelas VII SMP Negeri 5 Palangkaraya, Kabupaten Gowa. Jurnal Matematika dan Pembelajaran (MaPan), 4 (2), 200-210.

Intisari. (2017). Persepsi Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 1(1), 62-71.

Kusaeri & Cahyan, E.D.H. (2016). Sikap, Harapan, dan Persepsi Siswa pada Matematika Serta Implikasinya Terhadap Kemampuan Regulasi Diri. Jurnal Pengajaran MIPA, 21 (2), 114-121.

Maharani, S., & Bernard, M. (2018). Analisis Hubungan Resiliensi Matematik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Lingkaran. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 819-826.

Mahfouz, S.M., & Salam, W. J. (2021). Jordanian University Students’ Attitudes Toward Online Learning During the COVID-19 Pandemic and Lockdowns: Obstacles and Solutions. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20 (1), 142-159.

Mallick, M. K & Kaur, S. (2016). Academic Resillience Among Senior Secondary School Students: Influence of Learning Environment. Rupkatha Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities, Special Issue, VIII (2), 20-27.

Mendikbud RI. (2015). Ketuntasan Belajar Minumum pada Kurikulum 2013. Jakarta: Permendibud, no.53, 1-9.

Mendikbud RI. (2020). Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Daruruat Penyebaran Covid-19. Jakarta: SE No.4 Tahun 2020.

Muntazhimah, M., & Ulfah, S. (2020). Mathematics Resilience of Pre-Service Mathematics Teacher. International Jounal of Scientific & Technology Resarch, 9(1), 1442-1445.

Nurkamilah, M., Nugraha, M.F., & Sunendar, A. (2018). Developing Mathematical Literacy of Elementary School Students Through Indonesian Realistic Mathematics Learning. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 2(2), 70-79.

OECD. (2013). Assessment and Analytical Framework : Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial literacy. Paris: PISA, OECD Publishing.

OECD. (2019). PISA 2018, Results Combined Executive Summaries. Paris: PISA, OECD Publishing, Volume I, II & III,1-63.

Ogbonnaya, U.I., Awoniyi, F.C., & Matabe, M.E. (2020). Move to Online Learning During COVID-19 Lockdown: Pre-Service Teachers’ Experiences in Ghana. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 19 (10), 286-303.

Onyema, E. M., et al (2020). Impact of Coronavirus Pandemic on Education. Journal of Education and Practice, 11 (13), 192-198

Pakpahan, R. (2016). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Capaian Literasi Matematika Siswa Indonesia Dalam Pisa 2012. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 1(3): 331-347.

Pratiwi, E. W. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online di Sebuah Perguruan Tinggi Kristen di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 4(1), 1-8.

Rifai., & Wutsqa, D. U. (2017). Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Negeri Se-Kabupaten Bantul. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, IV (2), 2017, 152-162.

Sari, R., & Wijaya, A. (2017). Mathematical Literacy of Senior High School Students in Yogyakarta. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1),100-107.

Setiani, Y., & Rafianti, I. (2018). Pengaruh Tingkat Kecerdasan Visual-Spasial terhadap Literasi Kuantitatif Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9 (1), 38-46.

Sevilla, C. G., et al (2007). Research Methods. Quezon City: Rex Printing Company.

Siregar, N. R. (2017). Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 224-232.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Stecey, K & Tuner, R. (2015). Assessing Mathematical Literacy: The PISA experience. Australia: Springer

Sugandi, I.K. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Resiliensi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Generatif. Jurnal Perspektif Pendidikan, 11(2), 49-56.

Suryaprani, M. W., Suparta, I. N., Suharta, I. G. P. (2016). Hubungan Jenis Kelamin, Literasi Matematika, dan Disposisi Matematika Terhadap Pretasi Belajar Matematika Peserta Didik SMA Negeri di Denpasar. Prosiding Seminar Nasional MIPA 2016, 39-46.

Susanti, E., & Syam, S.S. (2017). Peran Guru Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Indonesia. Conference: Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY (Online), 30-35.

Syawahid, M., & Putrawangsa, S. (2017). Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Tardis Matematika, 10 (2), 222-240.

Tambunan, H. (2018). The Dominant Factor of Teacher’s Role As a Motivator of Students’ Interest and Motivation in Mathematics Achievement. International Education Studies, 4(4), 144-151.

Tambunan, H. (2018). Impact of Heuristic Strategy on Students’ Mathematics Ability in High Order Thinking. International Electronic Journal of Mathematics Education, 13(3), 321-328.

Tambunan, H. (2019). The Effectivenes of the Problem Solving Strategy and Scientific Approach to Students’ Mathematical Capabilities in High Order Thinking Skills. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2), 293-302.

Tambunan, H., & Naibaho, T. (2019). Performance of Mathematics Teachers to Build Students' High Order Thinking Skills (HOTS). Journal of Education and Learning (EduLearn), 13(1), 111-117.

Tambunan, H. (2019). Faktor Kinerja Guru Matematika Sebagai Motivator Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Prosiding: Seminar Nasional Matematika dan Terapan 2019, Volume 1, 918-922.

Tambunan, H. (2020). Kinerja guru matematika SMP dalam Membangun Minat dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 108-117.

Tambunan, H. (2021). Analysis of Mathematics Teacher Performance in Building Resilience and Mathematical Literacy on Student Learning Outcomes. Universal Journal of Educational Research, 9(1), 108-115.

Tambunan, H., Sinaga, B., & Widada, W. (2021) Analysis of Teacher Performance to Build Student Interest and Motivation Towards Mathematics Achievement. International Journal of Education and Research in Education (IJERE), 10 (1), 42-47.

Upoalkpajor, J. L. N., & Upoalkpajor, C. B. (2020). The Impact of COVID-19 on Education in Ghana. Asian Journal of Education and Social Studies 9(1): 23-33.

Waxman, H.C., Gray, J.P., & Padron, Y.N (2003). Review of Research on Educational Resillience. Santa Cruz: Center for Research on Education Diversity and Excellence, University of California.

Windhiyana, E. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Di Perguruan Tinggi Kristen Di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1–8.

Zanthy, L. S. (2018) Contribution of Mathematical Resilience to Student’s Academic Ability in Mathematical Statistics Course. Jurnal “Mosharafa”, 7(1), 85-93.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v6i2.2490

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

STKIP Singkawang


Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index

Email: [email protected]

JPMI Indexed by:

     

Creative Commons License

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.