KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA

Sekar Wilujeng, Eyus Sudihartinih

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa yang ditinjau dari gaya belajar. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Partisipan penelitian ini yaitu 39 orang siswa kelas VII di salah satu SMP Negeri Kalianda. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu angket untuk mengetahui kategori gaya belajar siswa, tes untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa, dan wawancara untuk mendalami kemampuan berpikir kritits siswa berdasarkan gaya belajarnya masing-masing. Hasil penelitian ditemukan bahwa pertama kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada setiap gaya belajar memiliki tingkat yang berbeda. Kedua, siswa dengan gaya belajar visual cenderung memiliki kemampuan berpikir kritis yang tinggi. Ketiga, siswa dengan gaya belajar auditorial cenderung memiliki kemampuan berpikir kritis rendah. Keempat, siswa dengan gaya belajar kinestetik memiliki kemampuan berpikir kritis yang sedang.

 


Keywords


berpikir kritis, gaya belajar, siswa SMP

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A., & Supriyono, W. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Asmana, A. T. (2018). Pengembangan Rubrik Analitik Untuk Asesmen. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(1), 64–77.

Cholifah, T. N. (2018). Analisis Gaya Belajar Siswa Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(2), 65–74. https://doi.org/10.31002/nse.v1i2.273

DePorter, B., & Hernacki, M. (1992). Quantum Learning. New York: Dell.

Egok, A. S. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 186–199.

Emirina. (2009). Angket Gaya Belajar. https://www.academia.edu/3888140/angket_GAYA_BELAJAR (Diakses pada 1 Mei 2021)

Ennis, R. H. (1993). Critical thinking assessment. Theory Into Practice, 32(3), 179–186. https://doi.org/10.1080/00405849309543594

Facione, P. A. (1991). Using the California Critical Thinking Skills Test in Research, Evaluation, and Assessment. California Academic Press, 1–20.

Firdaus, N., & Rustina, R. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 432–437.

Ghufron, M. N., & Risnawita, R. (2012). Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Hutabarat, M., Caswita, C., & Suharsono, S. (2019). Development Learning Design Based on Metacognitive Strategies Oriented to Critical Thinking Skill. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 2(3), 120. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v2i3.73

Mursari, C. (2020). Deskripsi Kemampuan Berikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 5(2), 40. https://doi.org/10.30595/alphamath.v5i2.7345

Nurdwiandari, P. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Dan Kemampuan Diri Siswa Smp Di Kabupaten Bandung Barat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 1005. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p1005-1014

Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). Identifikasi Gaya Belajar MAHASISWA Jeanete Ophilia Papilaya, Neleke Huliselan. Jurnal Psikologi Undip Vol.15, 15(1), 56–63.

Riadi, M. (2012). Gaya Belajar. https://www.kajianpustaka.com/2012/11/gaya-belajar.html#:~:text=Gaya belajar adalah cara yang,respon terhadap pembelajaran yang diterimanya. (Diakses pada 30 April 2021)

Rokhimah, S., & Rejeki, S. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Berdasarkan Gaya Belajar pada Pembelajaran dengan Model 4K. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 2(1), 1. https://doi.org/10.30659/kontinu.2.1.1-13

Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari gaya belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 163–177.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenadamedia Group.

Wahyuni, A., & Angraini, L. M. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dalam Concept Attainment Model. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(2), 281. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i2.2395

Wassahua, S. (2016). Analisis Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Himpunan Siswa Kelas VII Smp Negeri Karang Jaya Kecamatan Namlea Kabupaten Buru. Jurnal Matematika Dan Pembelajarannya, 2(1), 105–126.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v6i2.2415

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

STKIP Singkawang


Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index

Email: [email protected]

JPMI Indexed by:

     

Creative Commons License

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.