META ANALISIS MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kembali penggunaan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD dengan merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis dan merumuskan kesimpulan. Metode penelitian ini menggunakan meta analisis dengan merangkum hasil dari berbagai penelitian studi dokumen data penelitian dari jurnal terkait penggunaan model discovery learning yang dipublikasikan di jurnal Nasional. Teknik pengumpulan data dengan cara non tes yaitu dengan menelusuri jurnal elektronik melalui Google Cendekia dan Google Scholar. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelusuran diperoleh 15 artikel dari jurnal. Berdasarkan hasil analisis ternyata model discovery learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa mulai dari yang terendah 13% sampai yang tertinggi 53% dengan rata-rata 33%. Dari perhitungan effect size terhadap 15 artikel dari jurnal yang telah di analisis dihasilkan effect size rata-rata sebesar 3,55.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Mulyono. (2010). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Arindah, A. (2016). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2)
Burais, Listika, M. Ikhsan, M. Duskri.(2016). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Model Discovery Learning: Jurnal Didaktik Matematika . 3 (1):77-86.
Daryanto, T. (2012). Konsep Pembelajaran Kreatif. Yogyakarta: Gava Media.
Effendi,S.2012.Metode Penelitian Survei.Jakarta:LP3ES
Feni Desna.(2014). Studi Perbandingan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VII yang Diterima Melalui Jalur Bina Lingkungan dan Non Bina Lingkungan di SMPN 9 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2013/2014. Bandar Lampung: Universitas Lampung. Skripsi.
Hamzah. (2010). Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta : Bumi Aksara.
Harmini. (2012). Matematika untuk PGSD. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Haryani, Y dan Setialesmana, D.(2017). Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Koneksi Dan Komunikasi Matematik.Jurnal Pendidikan Matematika,8,(1),43-52
Illahi,M.,T. (2012). Pembelajaran Discovery Strategi & Mental Vocational Skill. Jogjakarta: Diva Press.
Istiana, G. A., Catur, A. N. S., Sukardjo, J. S. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pokok Bahasan Larutan Peyangga pada Siswa Kelas XI IPA Semester II SMA Negeri 1 Ngemplak tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(2), 65-73.
Kusmaryono, H.(2015). Keefektifan Pembelajaran Discovery-Inkuiri Berbantuan CD Interaktif terhadap Hasil Belajar Materi Kurs Tukar Valuta Asing dan Neraca Pembayaran di SMA Negeri 1 Bae Kudus. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 10,(1)
Mawardi & Desty Lusia Sari.(2015).Keefektifan Model Pembelajaran Picture and Picture dan Make A Match Ditinjau dari Hasil Belajar dalam Pembelajaran IPA Kelas 4 SD Gugus Mawar-Suruh. Scholaria. 5 (3), 82-99.
Mawardi, M., & Mariati, M. (2016). Komparasi Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Problem Solving Ditinjau Dari Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas 3 SD di Gugus Diponegoro-Tengaran.Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan,6(1), 127-142
Mubarok, C., & Sulistyo, E. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Discovey Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TAV Pada Standar Kompetensi Melakukan Instalasi Sound System di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3, 215 – 221.
Nordianti,P., Supriyadi, S., dan Loliyana, L., (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV. Jurnal Pedagogi, 3(2).
Puspita dkk.(2016).Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI MIA 3 Semester Genap SMA N 1 Teras Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia, Universitas Sebelas Maret. 5,(4),.115
Rochim, Ainur dan Joko.(2014): Implementasi Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) pada Kompetensi Inti Memperbaiki Peralatan Rumah Tangga Listrik. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 3 (3): 485-491.
Rohim, F.,Susanto, Ellianawati.(2012). Penerapan Model Discovery Terbimbing pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Unnes Physics Education Journal. 1 (1): 1-5.
Setiaji, D. W. S., Kristin, F., & Anugraheni , I.(2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kerjasama Dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar. Solo: Jurnal Didaktika Dwija Indria, 6(2).
Sibuea, S.,K, Syaukani, Wahyudin Nur Nasution. (2019). Penerapan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Darul Hikmah TPI Medan. Edu-Riligia 3 (3), 386-393.
Sudjana.(2011). Penilaian dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Ramaja Rodaskarya
Susanto.(2015). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Departemen Pendidikan Nasional.
Vahlia, Ira.(2014). Ekperimentasi Model Pembelajaran Discovery dan Group Investigation Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kreativitas Siswa: Aksioma. 3 (2): 43-54
Wahyudi, & Siswanti, M. C. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik Melalui Model Discovery Learning Dengan Permainan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(3), 23-36.
Wahyuningsih, dan Djazari. (2013). Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Srandakan. Jurnal Ekonomi Bisnis. 2, (3). 37-49
Wena.(2013). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Yatim, Riyanto.(2012).Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana.
Yuniawardani, V., & Mawardi, M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Matematika Dengan Model Problem Based Learning Kelas IV SD. Jartika, 1(2), 24-32.
Yupita, I. A. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-10
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v6i1.2320
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal
STKIP Singkawang
Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia
Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index
Email: [email protected]
JPMI Indexed by:
JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.