ANALISIS KEMAMPUAN SPASIAL MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI TEORI BRUNER PADA MATERI DIMENSI TIGA KELAS X MAS YASTI SINGKAWANG

Wahyu Soraya, Citra Utami, Resy Nirawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan spasial matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MAS Yasti Singkawang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Pendekatan penelitian adalah pendekatan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MAS Yasti Singkawang berjumlah 30 orang. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan spasial matematis siswa pada materi dimensi tiga, kemampuan awal siswa dan tahapan teori bruner (ikonik dan simbolik). Instrumen pengumpulan data berupa tes kemampuan spasial dan wawancara yang disesuaikan dengan indikator kemampuan spasial matematis siswa dan telah diujikan dengan validitas isi, validitas konstruk, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik persentase skor kemampuan awal dan kemampuan spasial matematis siswa, pendeskripsian data tiap butir soal dan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu 1) Kemampuan spasial (KS) matematis siswa dilihat dari kemampuan awal (KA) yaitu: untuk KA tinggi siswa memperoleh KS dengan rata-rata nilai sebesar 65,4 (kategori tinggi), untuk KA sedang siswa memperoleh KS dengan rata-rata nilai sebesar 46 (kategori sedang), dan tidak ada siswa yang memperoleh KA rendah. 2) KS matematis siswa dilihat dari teori bruner (tahapan ikonik, dan simbolik) pada materi dimensi tiga yaitu untuk subjek ber KS tinggi, siswa kurang dalam menyelesaikan soal dengan menggunakan tahap ikonik tetapi mampu dalam menyelesaikan soal dengan menggunakan tahap simbolik, untuk subjek ber KS spasial sedang, siswa kurang dalam menyelesaikan soal dengan menggunakan tahap ikonik tetapi mampu dalam menyelesaikan soal dengan menggunakan tahap simbolik, untuk subjek ber KS rendah, siswa kurang dalam menyelesaikan soal dengan menggunakan tahap ikonik dan kurang dalam menyelesaikan soal dengan menggunakan tahap simbolik.

Keywords


Kemampuan Spasial, Teori Bruner, Analisis, Dimensi Tiga.

Full Text:

PDF

References


Azustiani, Hevin. 2017. “Kemampuan Spasial SMP Kelas Vii Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa”. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami) Vol.1, No.1, Juli 2017, Hal. 293-298.

Fajri, Nurul Hidayah dan dkk. 2016. “Peningkatan Kemampuan Spasial dan Self- Efficacy Siswa Melalui Model Discovery Learning Berbasis Multimedia”. Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Fitriana, Rahmawati. 2013. “Pengaruh Pendekatan Pendidikan Realistik Matematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar”. Fakultas MIPA Universitas Lampung.

Jumiyati. 2016. “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Penerapan Bangun Ruang KelasIX SMP Negeri 2 Cepogo”. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Krisnapribadi, Ludovikus Delano. 2016. Profil Kemampuan Spasial Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2015/2016 Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Skripsi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Leonart, dan Supriyati Sitta Khomsatun. 2011. “Peran Belajar Matematika Terhadap Konsistensi Diri Siswa (Survey Terhadap Siswi-Siswi Sekolah Menengah Atas Kabupaten Karawang)”. Karawang: FMIPA Universitas Indrprasta PGRI.

Nurmayan, Eka Septian. 2015. Penerapan Pembelajaran Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep, Spasial Matematis Dan Sikap Siswa SMP. Tesis Magister Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

Oktaviana, Rizky. 2016. “Peran Kemampuan Spasial Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika yang Berkaitan dengan Geometri”. Surakarta: Universitas Islam Majapahit.

Syahputra, Edy. 2011. “Peningkatan Kemampuan Spasial dan Disposisi Matematis Siswa SMP dengan Pendekatan PMRI pada Pembelajaran Geometri Berbantuan Komputer”. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v6i1.2296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

STKIP Singkawang


Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index

Email: jp[email protected]

JPMI Indexed by:

     

Creative Commons License

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.