PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATION IN EDUCATION (CO-OP CO-OP) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK

Yeshy Yeshy, Resy Nirawati, Nurul Husna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Co-Op Co-Op terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, aktivitas siswa, dan untuk melihat keterlaksanaan model pembelajaran Kooperatif tipe Co-Op Co-Op pada materi kubus dan balok kelas VIII SMP Negeri 01 Selakau. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan menggunakan desain Pre-Eksperimental dengan bentuk Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VIII SMP Negeri 01 Selakau yang terdiri dari lima kelas yang berjumlah 186 siswa. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling. Adapun sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIID sebagai kelas eksperimen sebanyak 35 orang siswa dan kelas VIIIE sebagai kelas kontrol sebanyak 35 orang siswa. Hasil uji coba soal diperoleh nilai tingkat reliabilitas sebesar 0,88 dengan jumlah 28 siswa dapat diinterpretasikan bahwa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mempunyai reliabilitas sangat tinggi dan layak digunakan. Analisis yang dilakukan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Co-Op Co-Op terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan perhitungan Uji-t di mana hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Co-Op Co-Op terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebesar 0,91 dengan kriteria kuat. Analisis lembar observasi aktivitas belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa, yang mana pada pertemuan pertama diperoleh persentase sebesar 87,15% dan pertemuan kedua sebesar 89,11% dengan kriteria sangat aktif. Analisis lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran Kooperatif tipe Co-Op Co-Op menggunakan perhitungan persentase frekuensi keterlaksanaan diperoleh persentasenya sebesar 81,91% kriteria sangat baik.


Keywords


Cooperation In Education (Co-Op Co-Op); Pemecahan Masalah

Full Text:

PDF

References


Arkasari, Tria Renda dkk. (2014). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Plus oleh Guru Matematika Di Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) SMPN 3 Jember. Jurnal: Pancaran FKIP Universitas Jember. http://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/download/1001/803 (diakses tanggal 6 Juni 2016)

Dewi, dkk. (2013). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Co-op Co-op Disertai Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Teorema Pythagoras di SMP Negeri 2 Rambipuji. Jurnal: Universitas Jember. Kadikma, Vol.4, No.3. http://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/viewFile/1130/916. (diakses tanggal 3 Februari 2016)

Dewi, dkk. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Co-Op Co-Op (Kerjasama) Berbasis Masalah Terbuka Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V SD. Jurnal. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/3086/2560. (diakses tanggal 9 Februari 2016)

Hakim, Lukmanul. (2008). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Husna, dkk. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Model Pembelajaran Koopertif Tipe Think-Pair-Share(TPS). Jurnal. Peluang: Bandung. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/article/download/1061/997. (diakses tanggal 9 September 2015)

Jihad, dkk. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Konings, Karen D dkk. (2005). Towards more powerful learning environments through combining the perspectives of designers, teachers, and students. British journal of Educational Psychology. Open University of the Netherlands. https://www.ou.nl/Docs/Expertise/OTEC/Publicaties/karen%20konings/Towards%20more%20powerful%20learning%20environments.pdf. (diakses tanggal 1 Juni 2016)

Nurdalilah, dkk. (2012). Perbedaan Kemampuan Penalaran Matematika dan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran Konvensional di SMA Negeri 1 Kualuh Selatan. Jurnal. Pendidikan Matematika PARADIKMA: Medan. http://www.e-jurnal.com/2015/03/perbedaan-kemampuan-penalaran.html. (diakses tanggal 15 Januari 2016)

Saija, Louise M. (2013). Penggunaan Ranking Pertemanan untuk Mengatasi Kendala pada Pembelajaran Kooperatif. KNPM V, Himpunan Matematika Indonesia. FKIP Universitas Advent Indonesia. http://fmipa.um.ac.id/index.php/component/attachments/download/123.html. (diakses tanggal 3 Juni 2016)

Slavin, Robert E. (2009). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R &D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2008). Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) Di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustak




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v2i1.209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

JPMI Indexed by:

 

   

   Google Scholar

 

Published by:
Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

JPMI (Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika Indonesia)

e-ISSN: 2477-8443

p-ISSN: 2477-5959  

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Editor in Chief: jpmi@journal.stkipsingkawang.ac.id/ Wa: +6285245101122

Coordinator: lp2jistkipsingkawang@gmail.com / Wa: +6282142072788

Plagiarism Tools

     

Creative Commons License

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.