Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah True Eksperimental dengan desain penelitian Posttest Only Control Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Singkawang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan komunikasi matematis siswa, angket motivasi, lembar observasi aktivitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Untuk menjawab sub masalah 1 menggunakan uji t independen; 2) Untuk menjawab sub masalah 2 menggunakan rumus effect size; 3) Untuk menjawab sub masalah 3 dianalisis berdasarkan skala likert; 4) Untuk menjawab sub masalah 4 dihitung berdasarkan rumus persentase aktivitas. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa antara yang menggunakan model pembelajaran snowball throwing dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran snowball throwing dengan nilai thitung 7,9 dan ttabel 2,009 yaitu 7,9 > 2,0009; 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, dengan effect size sebesar 1,83 yang tergolong tinggi. 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap motivasi siswa, dengan rata – rata motivasi belajar siswa yaitu 79,90 kategori sangat baik; 4) Terdapat pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap aktivitas siswa, persentase aktivitas siswa untuk pada dua pertemuan adalah 63,98% kategori tinggi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fahradina, Nova. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Siswa dengan Menggunakan Model Investigasi Kelompok. Jurnal Didaktik Matematika ISSN: 2355-4185
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Husna, dkk. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (Tps). Jurnal Peluang, Volume 1, Nomor 2, April 2013, ISSN: 2302-5158
Januwardana, I Gd Arta dkk. (2014). Pengaruh Metode Snowball Throwing Berbantuan Media Sederhana Terhadap Hasil Belajar Matematika Siwa Kelas V SD Gugus 1 Kuta Bandung. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol: 2 No: 1 Tahun 2014)
Lubis, Kun Marlina. (2011). Peningkatan Aktivitas Pembelajaran Hidrosfer Dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Melalui Tindakan Guru Inovatif Pada Kelas X Di Sma Negeri 1 Semarang. Jurnal Geografi vol 8.
Mardhiyanti, devi dkk. (2011). Pengembangan Soal Matematika Model Pisa Untuk Mengukur Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Matematika Unsri.
Marlina, Fitria. (2013). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Cooperative Script Pada Siswa Kelas Vii Semester Genap SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun 2011/2012. Jurnal FKIP Matematika UMS
Nurdina, Tya. (2013). Kemampuan Komunikasi Siswa Dalam Matematika pada Materi Segitiga . Jurnal Pendidikan Matematika UNTAN vol.3
Nurhayati, Sugiatno, & Hamdani. (2013). Mengatasi Kesulitan Komunikasi Matematis Siswa SMA Menggunakan Wawancara Klinis Berbantuan Tablet Berbasis Multi Representasi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran,Volum 2 Nomor 9, September 2013.
Rachmayani, Dwi. (2014). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jurnal PENDIDIKAN UNSIKA ISSN 2338-2996 Volume 2 Nomor 1
Sari, Ika. (2013). Peningkatan Kemampuan komunikasi matematis Siswa dengan Menggunakan Metode pembelajaran Snowball Throwing pada Materi Statistika kelas X SMA Swasta Rizki Ananda Medan. Skripsi Matematika UNIMED
Siallagan, Ardin. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal JUPIIS Volume 4
Susanti. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Di Kelas VII Nurul Islam. Skripsi STKIP PGRI Pontianak: tidak diterbitkan.
Wibowo, Anggit. (2010). Penerapan Pembelajaran dengan Teknik Probing dalam Kelompok Kecil untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi pada. Skripsi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surabaya
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v2i1.208
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal
STKIP Singkawang
Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia
Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index
Email: [email protected]
JPMI Indexed by:
JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.