PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Nindy Citroresmi Prihatiningtyas, Nurhayati Nurhayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dalam meningkatkan kemapuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan bentuk penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah sema siswa kelas VIII SMP N 11 Singkawang. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ; (1) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan uji gain dan uji t, dengan perhitungan uji gain yang berada dalam kategori sedang dan perrhitungan uji t dimana nilai t hitung > t tabel; (2) Respon siswa terhadap model pembelajaran means ends analysis  dikategorikan baik; (3) aktivitas belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran, siswa terlihat aktif mempelajari materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran means ends analysis  dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa


Keywords


Means Ends Analysis; Pemecahan Masalah Matematis

Full Text:

PDF

References


Hadi, S. (2005). Pendidikan Matmatika Realistik dan Implementasinya. Banjarmasin: Tulip.

Huda, Miftahul. (2014). Model-model PengajarandanPembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

National Council of Teacher of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics..

Sumarmo, Utari. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika.Bandung: PT Rafika Aditama.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v2i1.204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

JPMI Indexed by:

 

   

   Google Scholar

 

Published by:
Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

JPMI (Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika Indonesia)

e-ISSN: 2477-8443

p-ISSN: 2477-5959  

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Editor in Chief: jpmi@journal.stkipsingkawang.ac.id/ Wa: +6285245101122

Coordinator: lp2jistkipsingkawang@gmail.com / Wa: +6282142072788

Plagiarism Tools

     

Creative Commons License

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.