MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Ferdinandus Mone, Alfonsa Maria Abi

Abstract


Kualitas Pendidikan di daerah tertinggal tidak dapat disamakan dengan pendidikan di daerah maju. Rendahnya kualitas pendidikan di Daerah tertinggal dapat disebabkan karena fasilitas pendidikan yang jauh lebih minim dari pada daerah maju, salah satunya adalah minimnya media pembelajaran. Rendahnya kualitas pembelajaran di sekolah menengah membuat kualitas input ke perguruan tinggi daerah setempat juga ikut rendah sehingga mahasiswa perlu mengejar keteritinggalan pengetahuan yang sudah terlewati. Peran pengajar dalam menghadapi masalah ini dapat di lakukan melalui desain model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media software untuk mengefektifkan pembelajaran, salah satunya software geogebra.  Hasil penelitian dalam menerapkan model Discovery Learning berbantuan Geogebra menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah setelah terjadi proses pembelajaran, terjadinya ketuntasan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa yang diajarkan dengan model Discovery Learning berbantuan Geogebra lebih baik dari mahasiswa yang diajarkan dengan model konvensional.


Keywords


Discovery Learning; Pemecahan Masalah; Geogebra

Full Text:

PDF

References


Aryuni Puji. (2014). “Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Dan Student Teams Achievement Division Berbantuan Media Geogebra Pada Materi Program Linear Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Siswa Kelas Xii Ipa Sma Negeri Se-Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014”. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2 (3): 270 – 280.

Kemdikbud. (2013). Daftar peringkat UKG 2015. Jakarta.

Masduki. (2013). Level Kognitif Soal-Soal Buku Pelajaranmatematika SMP. Penguatan Peran Matematika dan Pendidikan Matematika untuk Indonesia yang Lebih Baik: 421-428. Yogyakarta: FMIPA UNY.

PISA. (2012). What Students Know and Can Do: Student Performance in Mathematics, Reading and Science, Summarises the Performance of Students in PISA 2012, 1:5-6. OECD: http://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-results-volume-i.htm. (diunduh tanggal 4 Agustus 2014).

Sugiyono. (2012) .Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukestiyarno. (2013). Olah Data Penelitan berbantuan SPSS. Semarang: UNNES.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v2i1.203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JPMI Indexed by: