IMPLEMENTASI EDPUZZLE BERBANTUAN WHATSAPP GROUP SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN DARING PADA ERA PANDEMI

Evi Latifatus Sirri, Puji Lestari

Abstract


Di era pandemi ini, pembelajaran dilakukan secara online untuk mencegah penyebaran virus covid-19. Oleh karena itu guru dituntut untuk melakukan sebuah inovasi agar pembelajaran online ini dapat mendukung tercapainya tujuan pendidikan. Salah satu alternatif pembelajran daring yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan Edpuzzle berbantuan whatsapp group. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil implementasi Edpuzzle berbantuan whatsapp group dalam pembelajaran matematika serta respon siswa terhadap penggunaan Edpuzzle berbantuan whatsapp group. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sampel sebanyak 8 siswa MTs di wilayah Ciamis, Jawa Barat. Teknik analisis data dengan deskripsi hasil tes dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan Edpuzzle dan WA group dalam pembelajaran matematika disukai siwa karena dapat menumbuhkan minat dalam pembelajaran matematika, namun masih ada kecenderungan siswa memberikan tanggapan negatif dikarenakan ketersediaan fasilitas gadget dan terkendala jaringan internet. Namun dengan demikian, pembelajaran Edpuzzle berbantuan whatsapp group dapat dijadikan salah satu alternatif inovasi pembelajaran di era pandemi ini.


Keywords


Edpuzzle, Whatsapp Group, Pembelajaran Daring

Full Text:

PDF

References


“Suka Duka Belajar di Rumah”, 26 Maret 2020, https://bebas.kompas. id/baca/riset/2020/03/26/sukaduka-belajar-di-rumah/, diakses 22 Juni 2020.

Suhada, I., Kurniati, T., Pramadi, A., & Listiawati, M. (2020). Pembelajaran daring berbasis Google Classroom mahasiswa pendidikan biologi pada masa wabah Covid-19. Digital Library UIN Sunan Gunung Djati, 1-10.

Julinar & Yusuf, F. N. (2019). Flipped Learning Model: Satu cara Alternatif untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 19(3), 366-373)

Afach, S. A., Kiwan, E., & Seeman, C. (2018). How to Enhance Awareness on Bullying for Special Needs Student using Edpuzzle a Web 2.0 tool. IJERE: International Journal of Educational Research Review, 3 (1), 1-7.

Amaliah. (2020). Implementation of Edpuzzle to Improve Students’ analytical Thinking Skill In Narrative Text. Prosodi: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra Program Studi Bahasa Inggris Universitas Trunojaya, 14 (1) 35-44.

Yansyah, Rafidiyah, D., & Nadia, H. (2018). Workshop on Technology for Autonomous Learning for English Teacher and Lecturers in Indonesia. Comment: an International journal of Community Development, 1 (1), 12-17.

Munawaroh, I. (2019). Penggunaan Media Sosial Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IX di SMP Negeri 1 Sindangkasih Kabupaten Ciamis Tahun Pelajaran 2017/2018. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi.

Yuwono, M. R. & Syaifuddin, M. W. (2017). Pengembangan problem based learning dengan assesment for learning berbantuan smartphone dalam pembelajaran matematika. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10 (2), Nopember , 184-222

Kusuma, J. K. & Hamidah. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group dan Webinar Zoom dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5 (1), 97-106.

Hadi, B. (2016). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp pada Pembelajaran Berbasis Blended Learning di Smk N 1 Sragen. In Seminar Nasional Teknologi Pendidikan 2015. Sebelas Maret University.

Mischel, L. J. (2018). Watch and Learn? Using Edpuzzle to Enhance the Use of Online Videos. Management Teaching Review, 2379298118773418. Doi; 10.1177/2379298118773418

Davey, Caitlin. (2017). Solving the Edpuzzle. Gottesman Libraries Teacher College Columbia Univesity. [Online]. Tersedia: https://edlab.tc.columbia.edu/blog/17913-Solving-the-Edpuzzle . Diakses: 17 Maret 2019

Silverajah, V. S. G.& Govindaraj, A. (2018). The use of Edpuzzle to support low-achiever’s development of self-regulated learning and their learning of chemistry. In Proceedings of the 10th International Conference on Education Technology and Computers (ICETC ’18). Association for Computing Machinery, New York, NY, USA, 259–263. DOI:https://doi.org/10.1145/3290511.3290582

Sindang, E.(2013) Manfaat Media Sosial dalam Ranah Pendidikan dan Pelatihan. Jakarta: Pusdiklat KNPK

Dearstyne, B. W.(2011).”Smart phones: The new information revolution?”. The Information Management Journal, vol. 39, 38-44.

Alsaleem, B. I. A. (2014). The Effect of “WhatsApp” electronic dialogue journaling on improving writing vocabulary word choice and voice of EFL undergraduate Saudi students. 21st Century Academic Forum Conference at Harvard Boston, MA U.S.A. Official Conference Proceedings. http://www.21caf.org/uploads/1/3/5/2/13527682/alsaleem-hrd-conference_proceedings.pdf

Jeff, F. & Berge, Z. L. (2008) “Training Generation N: how educators should approach the Net Generation”, Education + Training, Vol 50(6), hlm. 457-464.

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. (2013). “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v5i2.1830

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

STKIP Singkawang


Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index

Email: [email protected]

JPMI Indexed by:

     

Creative Commons License

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.