ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH GEOMETRI

Hani Juita Sari, Al Kusaeri, Mauliddin Mauliddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan representasi matematis siswa dalam memecahkan masalah geometri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Mataram kelas XII Bahasa. Subjek penelitian ini adalah 3 orang siswa dari 21 siswa kelas XII Bahasa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan representasi matematis dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan cara merekduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa Kelas XII Bahasa MAN 2 Mataram terbagi menjadi 3 (tiga) kategori, yaitu memiliki kemampuan representasi matematis yang tinggi, sedang, dan rendah. Kemampuan representasi matematis siswa yang tinggi tercapai ketika memenuhi tiga indikator (kemampuan representasi visual, persamaan, dan kata-kata). Kemampuan representasi matematis siswa yang sedang tercapai ketika memenuhi dua indikator (kemampuan representasi visual dan persamaan). Sedangkan kemampuan representasi matematis siswa yang rendah tercapai ketika memenuhi satu indikator, yaitu kemampuan representasi visual.

Keywords


Representasi matematis; pemecahan masalah; geometri

Full Text:

PDF

References


Abdussakir. 2009. “Pembelajaran Geometri Sesuai Teori Van Hiele”. Madrasah. Vol. II No. 1.

Dahar, Ratna Wilis. 2006. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga.

Fuadi, Rahmi, dkk. 2016. “Peningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis melalui Pendekatan Kontekstual”. Jurnal Didaktika Matematika. Vol. 3 No. 1.

Gustina, Lenni Sri. 2018. Skripsi: “Analisis Kemampuan Representasi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Teorema Pythagoras Siswa Kelas VIII SMP Al Islam Kartasura Tahun Ajaran 2017/2018”. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013.

Mastuti, Ajeng Gelora. 2017. “Representasi Siswa Sekolah Dasar dalam Pemahaman Konsep Pecahan”. Jurnal Matematika dan Pembelajaran. Vol. 5 No. 2 : 194

Melinda, Septiana Dwi. 2016. Skripsi:“Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Spasial Materi Geometri Siswa Kelas X MIPA 1 SMA Muhammadiyah Purbalingga”. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Sulaiha. 2016. Tesis: “Profil Berpikir Geometri Siswa MTs pada Materi Bangun Segiempat Ditinjau dari Gaya Kognitif”. Surabaya: Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Surabaya.

Suryana, Andri. (10 November 2012). Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Lanjut (Advanced Mathematical Thinking) dalam Mata Kuliah Statistika Matematika 1. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta.

Susanah dan Hartono. 2011. Geometri. Surabaya: UNESA Press.

Transmedia Pustaka. 2008. Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Visimedia.

Upton, Penney. 2012. Psychology Express: Developmental Psychologi. Jakarta: Erlangga.

Wiryanto. 2014. Representasi Siswa Sekolah Dasar dalam Pemahaman Konsep Pecahan”. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Volume 03 Nomer 03.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v5i2.1813

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

STKIP Singkawang


Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index

Email: [email protected]

JPMI Indexed by:

     

Creative Commons License

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.