Analisis Tingkat Berpikir Kritis Siswa dalam Memecahkan Masalah Geometri

Hayatun Nufus, Al Kusaeri

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kemampuan berpikir para siswa dalam memecahkan masalah geometri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di kelas XII-BHS MAN 2 Mataram. Pengambilan subjek pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling , teknik pengumpulan data dengan cara observasi, tes dan wawancara . Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis dari Miles dan Huberman.Berdasarkan hasil analisis tingkat kesulitan dalam pemecahan masalah geometri Diperoleh tingkat kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas XII Bahasa MAN 2 Mataram terbagi menjadi 2 (dua) kategori, yaitu memiliki tingkat kemampuan berpikir kritis atau LCT ( Level Critical Thingking ) 1 dan tingkat kemampuan berpikir kritis atau LCT ( Level of Critical Thingking ) 2.

Keywords


Tingkat Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Abdul kadir. (2015). Dasar-dasar pendidikan. Kencana.

Ahmad susanto. (2013). Teori belajar dan pembelajaran. Kencana.

Fatmawati, H., Mardiyana, & Triyanto. (2014). Pkok Bahasan Persamaan Kudrat ( Penelitian pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Pelajaran 2013 / 2014 ). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(9), 911–922.

Fridanianti, A., Purwati, H., & Murtianto, Y. H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Kelas Vii Smp N 2 Pangkah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Dan Kognitif Impulsif. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 11. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2221

Fuad, N. M., Zubaidah, S., Mahanal, S., & Suarsini, E. (2017). Improving junior high schools’ critical thinking skills based on test three different models of learning. International Journal of Instruction, 10(1), 101–116. https://doi.org/10.12973/iji.2017.1017a

Hidajat, F. A., & Parta, I Nengah, M. M. (2013). Identifikasi Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas X IPA-6 SMAK Santo Albertus Malang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 100–110.

Irfan Taufar Asfar& Syarif Nur. (2018). Model Pembelajaran PPS (Problem Possing&Solving). CV Jejak.

Kamisa. (2013). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Cahaya Agency.

lexi j. moleong. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Maulana. (2018). Dasar-dasar peluang. UPi PRESS.

Natsir, N., Kadir, K., & Samparadja, H. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Saintifik Problem posing. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 114. https://doi.org/10.36709/jpm.v9i1.5766

Nonong Rohimah. (2019). Profil Berpikir Kritis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Kemampuan Matematika. Lentera, 14(1), 59–68.

Novferma, N. (2016). Analisis Kesulitan Dan Self-Efficacy Siswa Smp Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 76. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.10403

Pramuditya, L. C., Supandi, S., & Nugroho, A. A. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Aljabar. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(6), 279. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i6.4854

Putu Eka Wirawan. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika: Pengetahuan awal, Apresiasi Matematika, dan Kecerdasan Logis Matematis. 4 Maret, Pukul 07.10. https://ejournal.undiksha.ac.id/article

skor pisa terbaru. (2020). 12 Januari, Pukul 07.20 Wita. https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/04/13002801/skor-pisa-terbaru-indonesia-ini-5-pr-besar-pendidikan-pada-era-nadiem-makarim?page=all,

sugiyono. (2017). metode penelitian pendidikan. ALFABETA.

Wiranata, S. P., Pramesti, G., Si, S., Si, M., Si, S., & Cs, M. (2019). Issn 2614-0357. III(1), 172–183.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v5i2.1812

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

STKIP Singkawang


Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index

Email: [email protected]

JPMI Indexed by:

     

Creative Commons License

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.