PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF ICM (INDEX CARD MATCH) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Berhasilnya pembelajaran tergantung bagaimana seorang guru dapat menciptakan suasana kelas yang kondusif, dan pemilihan suatu metode pembelajaran yang tepat tentu akan mempengaruhi suasana pembelajaran dan hasil belajar siswa. Pemilihan strategi pembelajaran yang tepat diarahkan agar siswa mampu berperan aktif dalam proses belajar mengajar, terciptanya kegiatan belajar mengajar yang optimal, dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat dijadikan alternatif atau variasi dalam pembelajaran matematika adalah strategi pembelajaran aktif ICM (Index Card Match). Strategi pembelajaran aktif ICM (Index Card Match) adalah strategi yang cukup menyenangkan yang digunakan untuk mengulang materi yang telah diberikan sebelumnya. Namun demikian materi baru juga tetap bisa diajarkan dengan strategi ini dengan catatan siswa diberi tugas mempelajari topik yang akan diajarkan terlebih dahulu sehingga ketika masuk kelas mereka sudah memiliki bekal pengetahuan. Dalam penggunaan strategi pembelajaran ICM (Index Card Match) ini, diharapkan agar siswa dapat lebih tertarik terhadap proses pembelajaran matematika dan pada akhirnya akan meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif ICM (Index Card Match) terhadap hasil belajar matematika. Dan hasil uji hipotesis menunjukan bahwa terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif ICM (Index Card Match) terhadap hasil belajar matematika. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru dalam pembelajaran dikelas, terutama dalam pemanfaatan metode dan media pembelajaran. Dan dapat digunakan sebagai referensi untuk penelitian lanjutan, dengan judul yang sama namun metode, model, teknik analisis ataupun sampel yang berbeda, sehingga didapat sebuah temuan baru yang berguna untuk kemajuan ilmu pengetahuan, khususnya untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. Suprijono. (2013). COOPERATIVE LEARNING (Teori dan Aplikasi Paikem). Cet. 11. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Anggraeni, Novita Eka. (2019). Strategi Pembelajaran Dengan Model Pendekatan Pada Peserta Didik Agar Tercapainya Tujuan Pendidikan Di Era Globalisasi. Scienceedu, II(June), Pp. 72–79.
Barlian, I. (2013). Begitu Pentingkah Strategi Belajar Mengajar Bagi Guru ?. Jurnal Forum Sosial, VI(01), Pp. 241–246.
Istarani. (2016). 58 Model Pembelajaran Inovatif : Referensi Guru dalam Menentukan Model Pembelajaran. Ed. Revisi. Medan: Media Persada.
Jaya, H. N. (2017). Keterampilan Dasar Guru Untuk Menciptakan Suasana Belajar Yang Menyenagkan. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 17(1), Pp. 23–35.
Mu’in, Mukhammad Samsul. (2010). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Strategi Index Card Match pada Pembelajaran SKI Siswa Kelas III MI Negeri Krincing Tahun 2009/2010, Salatiga: Skripsi STAIN Salatiga.
Siregar, N. R. (2017). Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa Yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, Pp. 224–232.
Sitompul, Dian Novianti. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Index Card Match (ICM) Terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jupeko (Jurnal Pendidikan Ekonomi), Vol 3 No. 1. 1-15.
Yulianti, (2011). Skripsi: Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam melalui Index Card Match Kelas V SD Negeri 15 Mandonga Kota Kendari, Kendari: IAIN Kendari.
Zaini, H., Munthe, B. And Aryani, S. A. (2007). Strategi Pembelajaran Aktif. Cet. 6. Yogyakarta: Pustaka Instan Madani.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v5i1.1710
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal
STKIP Singkawang
Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia
Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index
Email: [email protected]
JPMI Indexed by:
JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.