PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KETERAMPILAN METAKOGNISI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS MAHASISWA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amir, Mohammad Faizan & Mahardika D. K. W. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa Sekolah Dasar, Journal of Medives, 2(1), 117-128.
An, Yun-Jo and Li Cao. (2014). Examining the Effects of Metacognitive Scaffolding onStudents’ Design Problem Solving and Metacognitive Skills in an Online Environment. MERLOT Jounal of Learning and Teaching, 10(4), 552–568.
Jbeili, Ibrahim. (2012). The Effect of Cooperative Learning with Metacognitive Scaffoldingon Mathematics Conceptual Understanding and Procedural Fluency. InternationalJournal for Research in Education (IJRE), 32: 45-71.
Mahdiansyah dan Rahmawati. (2014).Literasi matematikaa Siswa Jenjang Pendidikan Menengah:Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional dengan Konteks Indonesia.JurnalPendidikan dan Kebudayaan, 20(4),455.
Murod, R. R. (2015). Pendekatan Pembelajaran Metacognitive Scaffolding Dengan Memanfaatkan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa SMA,(on line). Makalah dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY.
Murtiyasa, B. (2015). Tantangan pembelajaran matematika era global. Form https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/6005/28_47%20PROF%20BUDI%20M.pdf
Nindiasari, H. (2011). Pengembangan bahan ajar dan instrumen untuk meningkatkan berpikir reflektif matematis berbasis pendekatan metakognitif pada siswa sekolah menengah atas (SMA). Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten ISBN, 978-979.
Rochmad. (2008). Penggunaan Pola Pikir Induktif-Deduktif Dalam PembelajaranMatematika Beracuan Konstruktivisme. Makalah telah disampaikan pada SeminarNasional Pendidikan Matematika: Sertifikasi Guru: Meningkatkan Kualitas Matematika di Indonesia. Di Kampus Pascasarjana UNNES Semarang, tanggal 16 Januari 2008.
Sari, Rosalia Hera Novita. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UN,713-720.(Online) http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-102.pdf
Setiawan, B., & Tandililing, E. (2016). Pembelajaran Dengan PBL Berstruktur Metakognisi Untuk Meningkatan Kemampuan Problem Solving dan Literasi matematis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(12).
Zubaidah, S. (2016, December). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan dengan tema “Isu-isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad (Vol. 21, No. 10).
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v4i2.1412
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal
STKIP Singkawang
Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia
Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index
Email: [email protected]
JPMI Indexed by:
JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.