PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KETERAMPILAN METAKOGNISI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS MAHASISWA

Beni Setiawan, Olenggius Jiran Dores

Abstract


Bahan ajar berbasis keterampilan metakognisi adalah bahan ajar yang melibatkan kesadaran penggunanya dalam memikirkan tentang proses berpikir dalam hal melibatkatkan pengetahuan materi ajar sebelumnya sehingga kemampuan menalar, menyelesaikan masalah, representasi, koneksi atau disebut literasi matematis ini muncul. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengembangkan bahan ajar berbasis keterampilan metakognisi; 2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan literasi matematis mahasiswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan observasi untuk melihat peningkatan kemampuan literasi matematis. Analisis data dilakukan dengan uji gain score. Diperoleh kesimpulan bahwa 1) bahan ajar berbasis keterampilan metakognisi layak untuk digunakan; 2) berdasarkan validasi ahli secara keseluruhan bahan ajar berbasis keterampilan metakognisi dinyatakan layak untuk; 3) Terdapat peningkatan kemampuam literasi matematis mahasiswa sebesar 0,57 dengan kriteria sedang

Keywords


pengembangan, keterampilan metakognisi, kemampuan literasi, mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Amir, Mohammad Faizan & Mahardika D. K. W. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa Sekolah Dasar, Journal of Medives, 2(1), 117-128.

An, Yun-Jo and Li Cao. (2014). Examining the Effects of Metacognitive Scaffolding onStudents’ Design Problem Solving and Metacognitive Skills in an Online Environment. MERLOT Jounal of Learning and Teaching, 10(4), 552–568.

Jbeili, Ibrahim. (2012). The Effect of Cooperative Learning with Metacognitive Scaffoldingon Mathematics Conceptual Understanding and Procedural Fluency. InternationalJournal for Research in Education (IJRE), 32: 45-71.

Mahdiansyah dan Rahmawati. (2014).Literasi matematikaa Siswa Jenjang Pendidikan Menengah:Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional dengan Konteks Indonesia.JurnalPendidikan dan Kebudayaan, 20(4),455.

Murod, R. R. (2015). Pendekatan Pembelajaran Metacognitive Scaffolding Dengan Memanfaatkan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa SMA,(on line). Makalah dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY.

Murtiyasa, B. (2015). Tantangan pembelajaran matematika era global. Form https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/6005/28_47%20PROF%20BUDI%20M.pdf

Nindiasari, H. (2011). Pengembangan bahan ajar dan instrumen untuk meningkatkan berpikir reflektif matematis berbasis pendekatan metakognitif pada siswa sekolah menengah atas (SMA). Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten ISBN, 978-979.

Rochmad. (2008). Penggunaan Pola Pikir Induktif-Deduktif Dalam PembelajaranMatematika Beracuan Konstruktivisme. Makalah telah disampaikan pada SeminarNasional Pendidikan Matematika: Sertifikasi Guru: Meningkatkan Kualitas Matematika di Indonesia. Di Kampus Pascasarjana UNNES Semarang, tanggal 16 Januari 2008.

Sari, Rosalia Hera Novita. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UN,713-720.(Online) http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-102.pdf

Setiawan, B., & Tandililing, E. (2016). Pembelajaran Dengan PBL Berstruktur Metakognisi Untuk Meningkatan Kemampuan Problem Solving dan Literasi matematis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(12).

Zubaidah, S. (2016, December). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan dengan tema “Isu-isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad (Vol. 21, No. 10).




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v4i2.1412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

STKIP Singkawang


Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index

Email: [email protected]

JPMI Indexed by:

     

Creative Commons License

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.