PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL

I ketut Suastika, Amaylya Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul matematika dengan pendekatan kontekstual. Dalam penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE. Pengembangan dilakukan melalui analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Fokus pada tulisan ini adalah memaparkan hasil implementasi dan evaluasinya untuk modul matematika yang telah dikembangkan. Evaluasi yang dilakukan pada implementasi ini adalah untuk melihat kepraktisan dan keefektifan modul. Kepraktisan modul dilihat dari hasil angket respon siswa dan angket respon guru. untuk keefektifan modul dilihat dari hasil posttest siswa. Hasil angket respon siswa diperoleh persentase rata-rata sebesar 79% dengan kriteria “baik”, sedangkan hasil angket respon guru adalah 95% dengan kriteria “sangat baik”, dan hasil posttest siswa mendapat persentase 68% dengan kriteria “baik”. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan pada implementasi dapat dikatakan modul memenuhi kriteria “praktis” dan “efektif”.


Keywords


pengembangan, modul matematika, pendekatan kontekstual

Full Text:

PDF

References


Andari, T. (2012). Efektifitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Kontekstual terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Kelas V SD Se-Kecamatan Bangunrejo Kabupaten Lampung Tengah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 1(1).

Danuri. (2014). Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Kontekstual untuk Memfasilitasi Kemandirian Belajar Siswa SD/MI. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), Juni 2014, hal. 25-36

Hamdunah, Suryani, M., & Wijaya, F. I. (2017). Pengembangan Modul Berbasis Realistik pada Materi Lingkaran untuk Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pelangi, 9(2) Juni 2017 Hal. 135-143

Komalasari, K. (2010). Pembelajaran kontekstual : Konsep dan aplikasi. Bandung : PT Refika Aditama.

Lasmiyati dan Harta, I. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. Jurnal Pyhtagoras, 9 (2), hal. 161-174.

Nurhadi & Senduk, Agus G. (2009). Pembelajaran Kontekstual. Surabaya: PT JePe Press Media Utama

Shofan, M., Sa’dijah, C., dan Slamet. (2013). Pengembangan Modul Pembelajaran Bilangan Bulat Dengan Pendekatan Kontekstual untuk Siswa Kelas IV SD/MI (online). Terdapat di http://jurnalonline.um.ac.id/data/artikel/artikelF98A0F2A4C247D519F011A66CF2F1F22.pdf

Suastika, I. K. dan Wahyuningtyas, D.T. (2018). Developing Module of Fractional using Contextual Teaching and Learning Approach. Jurnal Pancaran Pendidikan, 7 (1). Hal. 23-32

Sulianto, J. (2009). Keefektifan Model Pembelajaran Kontekstual dengn Pendekatan Open Ended dalam Aspek Penalaran dan Pemecahan masalah pada materi segitiga di kelas VII. Jurnal Pyhtagoras, 5(2), Hal. 73-86

Sunarti dan Rahmawati, S. (2012). Penilaian Hasil Belajar. Yogyakarta: Andi Offset.

Wahyuningtyas, D.T. dan Suastika, I K. . (2016). Developing Learning Modules of Numbers for Primary School Students Using Contextual Teaching and Learning Approach. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 1(2). Hal. 33-36

Winkel. 2009. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta : Media Abadi.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v4i2.1230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

STKIP Singkawang


Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index

Email: [email protected]

JPMI Indexed by:

     

Creative Commons License

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.