KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL DITINJAU DARI TEORI BRUNER PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR KELAS VIII MTs USHULUDDIN SINGKAWANG

Mazilah Zila, Citra Utami, Resy Nirawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengdeskripsikan  kemampuan  penalaran adaptif. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Ushuluddin Singkawang berjumlah 30 orang. Instrumen pengumpulan data berupa tes kemampuan penalaran adaptif. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu mengkriteriakan dan mengelompokkan data. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1)Kemampuan penalaran adaptif (KPA) dengan kemampuan awal (KA) tinggi siswa memperoleh KPA dengan kategori tinggi (86.43) untuk KA sedang siswa memperoleh KPA kategori sedang (51,53), dan untuk KA rendah siswa memperoleh KPA kategori rendah (30,5); (2) KPA siswa dilihat dari teori bruner (tahapan ikonik, dan simbolik) pada materi operasi hitung bentuk aljabar yaitu untuk subjek KPA tinggi, siswa sudah menyelesaikan soal dengan menggunakan tahap ikonik dan mampu menyelesaikan soal dengan menggunakan tahap simbolik, untuk subjek ber KPA sedang, mampu menyelesaikan soal dengan menggunakan tahap ikonik tetapi tidak mampu dalam menyelesaikan soal dengan menggunakan tahap simbolik, untuk subjek ber KPA rendah siswa kurang dalam menyelesaikan soal dengan menggunakan tahap ikonik dan kurang dalam menyelesaikan soal dengan menggunakan tahap simbolik; dan (3)keterkaitan antara tingkat KA siswa dengan tahapan teori Bruner terhadap KPA adalah siswa untuk KA tinggi dengan tahapan ikonik siswa bisa menggambar buku dan pensil dengan benar dan jelas  untuk tahapan simboliknya siswa bisa memberikan simbol dan untuk pengerjaan soalnya tidak bisa menjawab benar dengan KPA nya (tinggi), untuk KA sedang dengan tahapan ikonik siswa bisa menggambar tetapi tidak lengkap dan untuk tahapan simbolik siswa tidak bisa memberikan simbol dengan KPA nya (sedang) dan untuk KA rendah dengan tahapan ikonik siswa bisa menggambar buku dan pensil dengan tahapan simbolik siswa tidak bisa menjawabnyadengan KPA nya (sedang).


Keywords


Analisis penalaran adaptif ditinjau dari teori bruner; dan operasi hitung bentuk aljabar

Full Text:

PDF

References


Budiningsih, Asri. (2004). Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: PT Rineka Cipta

Dahar, Ratna Wilis. (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Hamzah, Ali.(2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada.

Indriani, dkk. (2017). Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Kelas VIII SMP Pontianak. Skripisi : Fakultas UNTAN Pontianak.http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/18396. Diakses pada tanggal 2018

National Council of Teacher of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and Standars for School Mathematics. Virginia: Reston

National Research Council. (2001). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics, Washington, DC: National Academy press. (online).

Samuellson, J. (2008). The Impact Of The Approaches On Student mathematical Profiency In sweden. International Electronic journal Of Mathematics Education Vol. 5. No. 2, 73.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Winarso, dkk ( 2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbentuk Leaflet Berbasis Kemampuan Kognitif Siswa Berdasarkan Teori Bruner.

Skripsi: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Nurjati Cirebon.

http://ejournal.unipma.ac.id/index.php/jipm/article/view/1287/1256




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v5i2.1147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

STKIP Singkawang


Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index

Email: [email protected]

JPMI Indexed by:

     

Creative Commons License

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.