KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA KOGNITIF, KEMANDIRIAN BELAJAR, DAN GENDER ( Studi Kasus Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Dr. Soetomo)
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kemampuan memecahkan masalah matematis mahasiswa berdasarkan gaya kognitif, tingkat kemandirian belajar, dan gender. Penelitian menerapkan jenis pendekatan kuantitatif dengan metode expose facto. Sampel penelitian berjumlah 53 mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode tes, inventori, dan angket dengan instrumen yang valid. Teknis analisis data menggunakan statistik parametrik dengan uji t (t-test) dan non parametrik uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan memecahkan masalah matematis mahasiswa berdasarkan gaya kognitif dan berdasarkan tingkat kemandirian belajar pada mahasiswa, namun tidak terdapat perbedaan berdasarkan gender.
Kata Kunci: kemampuan pemecahan masalah, gaya kognitif, kemandirian belajar, gender
Full Text:
PDFReferences
Badan Standar Nasional Pendidikan. (2010). Paradigma pendidikan nasional abad XXI. Jakarta: BSNP.
Jena, P. C. (2014). Cognitive styles and problem solving ability of under graduate students. International Journal of Education and Psychological Research, 3(2), 71–76.
Pacific Policy Research Center. (2010). 21 st Century Skills for Students and Teachers. Research & Evaluation, (August), 1–25.
Schunk, D. H. (1996). Learning theories. Printice Hall Inc., New Jersey (Vol. 53). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Shi, C. (2011). A Study of the Relationship between Cognitive Styles and Learning Strategies. Higher Education Studies, 1(1), 20–26. https://doi.org/10.5539/hes.v1n1p20
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills. Jossey-Bass, 256. https://doi.org/10.1145/1719292.1730970
Wismath, S. L., & Orr, D. (2015). Collaborative Learning in Problem Solving: A Case Study in Metacognitive Learning Collaborative Learning in Problem Solving: A Case Study in Metacognitive Learning. The Canadian Journal for the Scholarship of Teaching and Learning, 6(3). https://doi.org/10.5206/cjsotl-rcacea.2015.3.10
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v5i1.1092
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal
STKIP Singkawang
Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia
Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index
Email: [email protected]
JPMI Indexed by:
JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.