Keefektifan Model Pembelajaran Inquiry dan Discovery Learning Bermuatan Karakter terhadap Keterampilan Proses Ilmiah Siswa Kelas V dalam Pembelajaran Tematik
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Sari, Fransiska Faberta Kencana. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa SD pada Pembelajaran Tematik melalui Penerapan Model Pembelajaran Role Playing. SatyaWidya 34 (1): 62-76.
Mawardi, M. (2014). Pemberlakuan Kurikulum SD/MI Tahun 2013 dan Implikasinya Terhadap Upaya Memperbaiki Proses Pembelajaran Melalui PTK. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(3): 107-121.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan.
Rini, R. & Mawardi, M. (2015). Peningkatan Keterampilan Proses Saintifik dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SDN Slungkep 02 Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Menggunakan Model Problem Based Learning. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(1), 103-113.
Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar. (2016). Panduan Teknis Pembelajaran dan Penilaian di Sekolah Dasar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Handayani, Bera Tri. (2017). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains melalui Model Guided Discovery Learning.JIPF:Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(3):143-153.
Kemendikbud. (2017). Silabus Tematik Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Suyadi. (2012). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosida Karya.
Suyanto, Asep Jihad. (2013). Menjadi guru profesional : strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Jakarta: Esensi.
Al-Tabany, Trianto Ibnu Bandar. (2014). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual: konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum 2013 (kurikulum tematik integratif/KTI). Jakarta: Prenadamedia Group.
Sani, Ridwan Abdul. (2014). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Kemendikbud. (2016). Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hikmawati. (2012). Penggunaan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pesawat Sederhana Siswa Di Kelas V SD N 51 Lambari. Jurnal Publikasi Pendiidkan, 11 (1): 44-53.
Solikhah. (2017). Perbandingan Model Pembelajaran inquiry dan Model Pembelajaran Discovery Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 10 Metro Timur. Jurnal UIN.
Anam, Rif’at Shafwatul. (2015). Efektivitas dan Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, 2 (1): 80-89.
Hanifah, Ummu. Wasitohadi. (2017). Perbedaan Efektivitas Antara Penerapan Model Pembelajaran
Discovery Dan Inquiry ditinjau dari Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Mitra Pendidikan 1 (2): 92-103.
Slameto. (2015). Metodologi Pnenelitian dan Inovasi Pendidikan. Salatiga: Satya Wacana University Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v4i1.929
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)
e-ISSN : 2477-8435
p-ISSN : 2477-5940
Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JPDI indexed by:
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.