Peningkatan Sikap Peduli Lingkungan dan Prestasi Belajar IPA menggunakan Model Problem Based Learning Berbasis Literasi pada Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku di Kelas IV MI Muhammadiyah Kramat

Badarudin Badarudin

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya sikap peduli lingkungan dan prestasi belajar dalam proses pembelajaran IPA di kelas IV SD/MI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan sikap peduli lingkungan dan prestasi belajar IPA menggunakan model problem based learning (PBL) berbasis literasi pada subtema lingkungan tempat tinggalku. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Non equivalent (Pre-Test and Post-Test) Control Groups Design. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV pada MI Muhammadiyah Kramat, Kecamatan Kembaran, sebanyak 19 orang dan SDN 2 Sokaraja Tengah sebanyak 19 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket sikap peduli lingkungan dan tes prestasi belajar IPA. Analisis data menggunakan uji Independent Sample t-test. Temuan dalam penelitian ini setiap indikator sikap peduli lingkungan dan prestasi belajar untuk kelompok eksperimen mendapatkan rerata gain lebih besar dari kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat peningkatan sikap peduli lingkungan antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model PBL berbasis literasi dan non-literasi, rerata gain untuk PBL berbasis literasi 7,73 dan non-literasi adalah 4,06. (2) terdapat peningkatan prestasi belajar IPA antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model PBL berbasis literasi dan non-literasi, rerata gain untuk PBL berbasis literasi adalah 22,81 dan non-literasi adalah 13,51. Setiap tahapan dalam PBL berbasis literasi dapat memfasilitasi peningkatan sikap peduli lingkungan dan prestasi belajar IPA siswa kelas IV SD/MI

Keywords


Sikap Peduli Lingkungan; Prestasi Belajar IPA; Problem Based Learning; Literasi

Full Text:

PDF

References


Faizah, dkk. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan SD. DirjenDikdasmen. Kemdikbud.

Samatowa, U. (2010). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Indeks.

Hamid, S. H., dkk. (2010). Bahan Pelatihan: Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentu Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemdiknas. BPP. Pusat Kurikulum.

Pramana, K. A. B., Lasmawan, I. W., & Marhaeni, A. A. I. N. (2014). Pengaruh Penerapan Pembelajaran PQ4R Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPS dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas V. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Program Studi Pendidikan Dasar . Volume 4 Tahun 2014.

Gusti, A, dkk. (2015). Determinan Intensi Perilaku Pengelolaan Sampah Berkelanjutan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas. e-ISSN 2442-6725. April 2015 - September 2015 | Vol. 9, No. 2, Hal. 65-72 Tersedia: http://jurnal. m.unand.ac.id/index.php/jkma/ diakses: 11 Juni 2018.

Arends. I. R. (2008). Learning To Teach. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.

Creswell, J. W. (2010). Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Penerjemah: Fawaid, A. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Santrock, J. H. (2007). Child Development; Perkembangan Anak. (Edisi Kesebelas, Jilid 1). Penerjemah: Rachmawati, M. & Kuswanti, A. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Keraf, A. S. (2010). Etika Lingkungan Hidup. Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v3i2.793

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.