ANALISIS SITUASI PENDIDIKAN DI DAERAH PEDALAMAN KHUSUSNYA DI SD NEGERI 50 KAYU TUNU, KEC KAPUAS, KAB SANGGAU

Benedikta Sitiana, Mashudi Mashudi, Sulistyarini Sulistyarini, Agung Hartoyo

Abstract


Situasi Pendidikan di SD Negeri 50 Kayu Tunu membutuhkan perhatian khusus bagi pihak yang berkepentingan, baik di Tingkat pusat maupun Tingkat lokal. Penyelengaraan Pendidikan bermutu dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia masih menjadi angan semata. Anak-anak yang mengenyam Pendidikan di daerah pedalaman ini khususnya di SD Negeri 50 Kayu Tunu masih sangat memprihatikan apabila dibandingkan dengan sekolah-sekolah yang ada di wilayah kabupaten sanggau. Metodologi studi ini, melibatkan pemeriksaan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer, yaitu kepala sekolah, guru-guru yang ada di SD Negeri 50 Kayu Tunu, dan sumber data sekunder yaitu orang tua dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data menggunakan triangulasi data dan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis model Milles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dapat disimpulkan bahwa banyak permasalahan yang di alami oleh peserta didik dan guru. Guru yang mengajar rata-rata tempat tinggalnya jauh dari sekolah. Sarana dan prasarana sekolah masih sangat memprihatinkan, terutama untuk ruang kelas, ruang guru,ruang kepala sekolah, dan WC


Keywords


situasi pendidikan;di daerah pedalaman.

Full Text:

PDF

References


Anggito Albi & Setiawan Johan (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.

Bani, S. (2016) “Tantangan Lembaga Pendidikan di Tengah Persaingan Global,” Journal UIN Alauddin, 5(2), hal. 447–459.

Daniel Dike Tukan, L. P. (2016) “Persepsi dan Konsepsi Mutu Pendidikan Sekolah Dasar,” 2.

Indonesia, R., & Ika, B. T. (1945). Pasal 31. Undang‐Undang Dasar 1945.

Khan, R. imani dan N. Y. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Permainan Bowling Kaleng. Universum 10.

Maria Anjaryani, A. dan Noor Edwina, T. (2020) “Motivasi Belajar Pada Siswa Asli Papua Terhadap Implementasi Pendidikan Karakter,” G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(1), hal. 120–125. doi: 10.31316/g.couns.v4i1.460.

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Uswanas, M. et al. (2018) “Populasi Kinerja Pendidikan Dasar Setelah Sembilan Tahun Otonomi Asimetris di Provinsi Papua Barat Basic Education Performance after Nine Years of Asymmetrical Autonomy in West Papua Province,” Kinerja Pendidikan Dasar Setelah Sembilan Tahun Otonomi Asimetris Di Provinsi Papua Barat, 26, hal. 62–80.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v9i1.4769

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.