HUBUNGAN BUDAYA LITERASI DENGAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Dian Asri Saputra, Martono Martono, Maha Lastasa Buju Basafpipana Habaridota

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini yaitu : 1) menggambarkan tingkat budaya literasi dan keterampilan narasi siswa, 2) menganalisis perbedaan budaya literasi dan keterampilan menulis narasi berdasarkan gender dan kelas, 3) menganalisis hubungan antara budaya literasi dengan kemampuan menulis narasi siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain survei. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV, V, dan VI yang berjumlah 193 siswa. Sampel dialmbil dari populasi dengan teknik simple random sampling sebanyak 130 siswa. Teknik pengumpul data yang digunakan yaitu pengukuran dengan instrumen skala dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu persentase, manova, dan korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) nilai rata-rata budaya literasi sebesar 86% dan nilai keterampilan menulis narasi sebesar 70,4%, 2) nilai perbedaan budaya literasi dan keterampilan menulis narasi berdasarkan jenis kelamin sebesar 13% (p > .05) dan berdasarkan kelas 77% (p < .05), 3) nilai korelasi antara budaya literasi dengan keterampilan menulis narasi sebesar .721 (p < .05). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa budaya literasi siswa berada pada kategori tinggi dan keterampilan menulis narasi berada pada kategori sedang. Kemudian budaya literasi dan keterampilan menulis narasi tidak berbeda berdasarkan gender, namun berbeda berdasarkan kelas. Terdapat hubungan yang signfikan antara budaya literasi dengan keterampilan menulis narasi.

Keywords


Budaya Literasi; Keterampilan Menulis Narasi

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2016). Gerakan Literasi Nasional: Budaya Literasi untuk Tumbuhkan Insan Pembelajar [National Literacy Movement: Literacy Culture to Grow Learners]. Jakarta: Permendikbud RI.

Alwasilah, C. (2012). Pokoknya Rekayasa Literasi. Bandung : Kiblat Buku Utama

Beers, C. S., Beers, J. W., & Smith, J. O. (2009). A Principal’s Guide to Literacy Instruction (Tools for Teaching Literacy). The Guilford Press.

Bukhari. (2019). Keterampilan Berbahasa (Membaca dan Menulis). Banda Aceh: Pen Na Banda Aceh.

Dalman. (2014). Keterampilan membaca. Jakarta: Rajawali Pers

Damayanti, R., Saleh, M., & Usman, U. (2021). Interferensi Morfologi Bahasa Indonesia Dalam Menulis Teks Narasi Bahasa Bugis. Panrita: Jurnal Bahasa dan Sastra Daerah serta Pembelajarannya, 1(2), 57-64.

Faizah, U. D., dkk. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktoray Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Febrina, D. (2017). Keefektifan Kemampuan Menulis Kreatif Siswa SD dengan Model Pembelajaran Multiliterasi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 5(1), 49-57.

Indihadi, D. (2018). Teknik Brain Stroming dalam Pembelajaran Menulis di Sekolah Dasar. Jurnal Siliwangi, 4(1), 17–22.

Lisnawati, I ., & Ertinawati, Y. (2019). Literat Melalui Presentasi. Jurnal Metaedukasi, 1(1), 1-12.

Malladewi, M. A & Sukartiningsih, Wahyu. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Ekspositoris Melalui Jurnal Pribadi Siswa Kelas IV Di SD Negeri Balasklumprik I/434 Surabaya. Jurnal PGSD, 1(2).

Mohd-Asraf, R., & Abdullah, H. (2016). Elementary Schoolers’ Attitudes toward Reading in English: How Boys Feel Relative to Girls. English Language Teaching, 9(6), 134.

Mulyati, Y. (2015). Hakikat Keterampilan Berbahasa. Pdgk4101/Modul 1, 1–34.

Narfiah, S.A. (2017). Model-Model Pembelajaran Bahasa Indonesia SD/MI. Ar Ruzz Media

Nugraha, Zulela, & Bintoro. (2018). Hubungan Minat Membaca dan Kemampuan Memahami Wacana dengan Keterampilan Menulis Narasi. Indonesian. Journal of Primary Education, 2(1), 19-29.

Prioletta, J., & Pyle, A. (2017). Play and gender in Ontario kindergarten classrooms: implications for literacy learning. In International Journal of Early Years Education, 25 (4), 393–408.

Resmini, N., dkk. (2007). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Bandung: UPI Press

Rinawati, A., & Mirnawati, L. (2020). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Journal of Educational Research and Development, 4, 85-96.

Setyawan, A., Andayani, A., & Wardhani, N. (2015). Hubungan Antara Penguasaan Kosakata Dan Motivasi Belajar Dengan Keterampilan Menulis Teks Narasi Pada Siswa Kelas XI Smk Negeri 1 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 3(2), 53845.

Skelton, C., & Francis, B. (2011). Successful boys and literacy: Are “literate boys” challenging or repackaging hegemonic masculinity?. Curriculum Inquiry, 41(4), 456–479

Sulasman & Gumiliar, S. (2013). Teori-Teori Kebudayaan. Bandung: Pustaka Setia.

Tarigan, H. G. (2015). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Thomas, K. L. (2019). Building Literacy Environments to Motivate African American Boys to Read. Reading Teacher, 72(6), 761–765.

Warsidi, Edi dan Farika. 2008. Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Watson, A., Kehler, M., & Martino, W. (2010). The Problem of Boys’ Literacy Underachievement: Raising Some Questions. Journal of Adolescent & Adult Literacy, 53(5), 356–361.

Wiedarti., dkk. (2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Wulandari, R. Y. (2016). Implementasi supervisi manajerial pengawas sekolah dalam meningkatkan kompetensi pengelola perpustakaan. Manajer Pendidikan, 10(2), 132-137.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v8i3.4750

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.