HUBUNGAN BUDAYA LITERASI DENGAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Z. (2016). Gerakan Literasi Nasional: Budaya Literasi untuk Tumbuhkan Insan Pembelajar [National Literacy Movement: Literacy Culture to Grow Learners]. Jakarta: Permendikbud RI.
Alwasilah, C. (2012). Pokoknya Rekayasa Literasi. Bandung : Kiblat Buku Utama
Beers, C. S., Beers, J. W., & Smith, J. O. (2009). A Principal’s Guide to Literacy Instruction (Tools for Teaching Literacy). The Guilford Press.
Bukhari. (2019). Keterampilan Berbahasa (Membaca dan Menulis). Banda Aceh: Pen Na Banda Aceh.
Dalman. (2014). Keterampilan membaca. Jakarta: Rajawali Pers
Damayanti, R., Saleh, M., & Usman, U. (2021). Interferensi Morfologi Bahasa Indonesia Dalam Menulis Teks Narasi Bahasa Bugis. Panrita: Jurnal Bahasa dan Sastra Daerah serta Pembelajarannya, 1(2), 57-64.
Faizah, U. D., dkk. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktoray Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Febrina, D. (2017). Keefektifan Kemampuan Menulis Kreatif Siswa SD dengan Model Pembelajaran Multiliterasi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 5(1), 49-57.
Indihadi, D. (2018). Teknik Brain Stroming dalam Pembelajaran Menulis di Sekolah Dasar. Jurnal Siliwangi, 4(1), 17–22.
Lisnawati, I ., & Ertinawati, Y. (2019). Literat Melalui Presentasi. Jurnal Metaedukasi, 1(1), 1-12.
Malladewi, M. A & Sukartiningsih, Wahyu. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Ekspositoris Melalui Jurnal Pribadi Siswa Kelas IV Di SD Negeri Balasklumprik I/434 Surabaya. Jurnal PGSD, 1(2).
Mohd-Asraf, R., & Abdullah, H. (2016). Elementary Schoolers’ Attitudes toward Reading in English: How Boys Feel Relative to Girls. English Language Teaching, 9(6), 134.
Mulyati, Y. (2015). Hakikat Keterampilan Berbahasa. Pdgk4101/Modul 1, 1–34.
Narfiah, S.A. (2017). Model-Model Pembelajaran Bahasa Indonesia SD/MI. Ar Ruzz Media
Nugraha, Zulela, & Bintoro. (2018). Hubungan Minat Membaca dan Kemampuan Memahami Wacana dengan Keterampilan Menulis Narasi. Indonesian. Journal of Primary Education, 2(1), 19-29.
Prioletta, J., & Pyle, A. (2017). Play and gender in Ontario kindergarten classrooms: implications for literacy learning. In International Journal of Early Years Education, 25 (4), 393–408.
Resmini, N., dkk. (2007). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Bandung: UPI Press
Rinawati, A., & Mirnawati, L. (2020). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Journal of Educational Research and Development, 4, 85-96.
Setyawan, A., Andayani, A., & Wardhani, N. (2015). Hubungan Antara Penguasaan Kosakata Dan Motivasi Belajar Dengan Keterampilan Menulis Teks Narasi Pada Siswa Kelas XI Smk Negeri 1 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 3(2), 53845.
Skelton, C., & Francis, B. (2011). Successful boys and literacy: Are “literate boys” challenging or repackaging hegemonic masculinity?. Curriculum Inquiry, 41(4), 456–479
Sulasman & Gumiliar, S. (2013). Teori-Teori Kebudayaan. Bandung: Pustaka Setia.
Tarigan, H. G. (2015). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Thomas, K. L. (2019). Building Literacy Environments to Motivate African American Boys to Read. Reading Teacher, 72(6), 761–765.
Warsidi, Edi dan Farika. 2008. Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Watson, A., Kehler, M., & Martino, W. (2010). The Problem of Boys’ Literacy Underachievement: Raising Some Questions. Journal of Adolescent & Adult Literacy, 53(5), 356–361.
Wiedarti., dkk. (2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Wulandari, R. Y. (2016). Implementasi supervisi manajerial pengawas sekolah dalam meningkatkan kompetensi pengelola perpustakaan. Manajer Pendidikan, 10(2), 132-137.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v8i3.4750
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)
e-ISSN : 2477-8435
p-ISSN : 2477-5940
Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JPDI indexed by:
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.