Analisis Kompetensi Profesional Guru dalam Mata Pelajaran IPS Di UPT SD Negeri 013 Kumantan

helmalia faujah, Rizki Ananda, Iis Aprinawati, M Syahrul Rizal, Yenni Fitra Surya

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kompetensi profesional yang harus dimiliki oleh setiap guru dalam mengajar mata pelajaran yang diampunya terutama pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang bagaimana gambaran kompetensi profesional guru dalam mata pelajaran IPS di SD Negeri 013 Kumantan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan secara rinci, menyeluruh dan mendalam. Subjek utama pada penelitian ini adalah 2 orang guru yaitu wali kelas V dan wali kelas VI di SD Negeri 013 Kumantan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles & Hubermen meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan akhir penelitian ini menunjukkan bahwa dilihat dari segi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan upaya meningkatkan kompetensi profesional sudah baik dilakukan, namun guru tetap harus mengomptimalkan dan memperbaiki diri lagi dalam proses pembelajaran guna untuk meningkatkan keprofesionalan dalam setiap mata pelajaran terutama mata pelajaran IPS.


Keywords


Kompetensi profesional guru;mata pelajaran IPS Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Fitriani, S. N., & Yusmayani, B. Z. (2020). Relevansi Bahan Ajar dengan Standar Isi Kurikulum MI/SD Kelas V Tema I (Organ Gerak Hewan dan Manusia) Terbitan Citra Pustaka. BADA’A : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 195–210. https://doi.org/10.37216/badaa.v2i2.386

Hardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu Group.

Haris, A. (2019). HUBUNGAN PENGUASAAN MATERI MENGAJAR GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTsN KADUR KECAMATAN KADUR KABUPATEN PAMEKASAN TAHUN 2018. Al-Ulum : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Ke Islaman, 6(1), 40–50. https://doi.org/10.31102/alulum.6.1.2019.40-50

Hayati, N. (2019). Analisis Kompetensi Profesional Guru Geografi Sma Negeri Dan Swasta Kabupaten Pringsewu. Artikel Ilmiah, 9–25.

Herlina. (2022). Strategi Pembelajaran. CV. Tohar Media.

Izzati, N. (2015). Pengaruh Penerapan Program Remedial dan Pengayaan Melalui Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Eduma, 4(1).

Kurniadi, A., Popoi, I., & Mahmud, M. (2020). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jambura Economic Education Journal, 2(1), 367–374. https://doi.org/10.37479/jeej.v2i1.4425

Kurniati, N., Khaliq, A., & Bulan, A. (2019). Penilaian Sikap , Pengetahuan dan Keterampilan Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris yang Berorientasi Kurikulum 2013. Seminar Nasional Taman Siswa Bima Tahun 2019, 2013, 309–316.

Latiana, L. (2019). Peran Sertifikasi Guru Dalam Meningkatkan Profesionalisme Pendidik. Edukasi, 1(3), 1–16. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/edukasi/... · PDF file

Lutvaidah, U. (2016). Pengaruh Metode dan Pendekatan Pembelajaran terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 279–285. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.653

Magdalena, I., Shodikoh, A., S., Pebrianti, A., R., Jannah, A., W., Susilawati, I., & Tangerang, U. M. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325.

Marlina. (2015). Pengaruh implementasi program pembinaan guru terhadap tingkat literasi Tik dan dampaknya pada kompetensi profesional guru. (Online).(Http://Repository.Upi.Edu/9368/).

Mirdad, J. (2020). Model-Model Pembelajaran (Empat Rumpun Model Pembelajaran). Jurnal Sakinah, 2(1), 14–23. https://www.jurnal.stitnusadhar.ac.id/index/index.php/JS/article/view/17

Putri, P. A. (2015). Kompetensi Profesional guru mata pelajaran ekonomi SMA Islamiyah Pontianak. Skripsi: Fakultas Keguruaan Dan Ilmu Pendidikan. UNTAN Pontianak.

Rakhmawati. (2016). Analisis Kompetensi Profesional Guru Dalam Pembelajaran Seni Musik Di SD Dabin 1 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. Skripsi. Diterbitkan. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Siregar, R. L. (2021). Memahami tentang model, strategi, metode, pendekatan, teknik, dan taktik. Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 63–75.

Surya, Y. F. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Pendidikan karakter Abad 21 pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 52–61.

Yusuf, T., & Suci, G. (2018). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Smk Negeri 2 Penajam Paser Utara. Jurnal GeoEkonomi, 9(2), 117–132. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v9i2.23




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v9i1.4726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.