Pengembangan e-LKPD IPA Berbasis Problem Based Learning Untuk Melatih Scientific Reasoning Siswa Sekolah Dasar

Nuris Hidayat, Gisca Dewi Susilowati, Putu Eka Suarmika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD IPA Berbasis Problem Based Learning untuk Siswa Sekolah Dasar pada pokok materi gaya untuk siswa kelas IV di Gugus I Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo dan menguji kelayakan e-LKPD yang dihasilkan supaya bisa dimanfaatkan untuk melatih Scientific Reasoning Siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menerapkan model pengembangan 4D. Instrumen yang digunakan angket validasi untuk beberapa ahli materi, ahli media, dan ahli LKPD, serta angket respons. Hasil penelitian dari produk yang dikembangkan berdasarkan penilaian dari ahli materi mendapat kriteria baik dengan rerata skor persentase 79,6%, penilaian dari ahli media mendapat kriteria baik dengan rerata skor persentase 83,8%, dan hasil penilaian dari ahli LKPD mendapatkan kriteria baik juga dengan rerata skor persentase sebesar 83,3%. Untuk hasil dari respons siswa mendapat skor persentase sebesar 86,6% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil perolehan data dapat disimpulkan bahwa e-LKPD IPA Berbasis Problem Based Learning ini layak digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa kelas 4 sekolah dasar untuk melatih scientific reasoning siswa. Implikasi e-LKPD interaktif ini dapat meningkatkan produktivitas kegiatan belajar mengajar dengan memanfaatkan smartphone android.


Keywords


e-LKPD, Problem Based Learning, scientific reasoning

Full Text:

PDF

References


Akhdinirwanto R W, Agustini R, Jatmiko B. Problem-Based Learning With Argumentation As A Hypothetical Model To Increase The Critical Thinking Skills For Junior High School Students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 2020; 9 (3): 340-350. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i3.

Azrina, N. ., & Sandika, B. Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Pernapasan Kelas XI IPA di MAN 2 Jember. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 2023; 3(2), 1-13. https://doi.org/10.35719/alveoli.v3i2.98.

Cojova V, Srol J, Mikuskova E B. How scientific reasoning correlates with healthrelated beliefs and behaviors during the COVID-19 pandemic?. Journal of Health Psychology. 2022; 27(3): 534 –547. https://doi.org/10.1177/1359105320962266.

E. Suryawati, F. Suzanti, Z. Zulfarina, A. R. Putriana, L. Febrianti. The Implementation of Local Environmental Problem-Based Learning Student Worksheets to Strengthen Environmental Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 2020. 9 (2): 169-178. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i2.22892.

E. Suryawati, F. Suzanti, Z. Zulfarina, A. R. Putriana, L. Febrianti. The Implementation of Local Environmental Problem-Based Learning Student Worksheets to Strengthen Environmental Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 2020. 9 (2): 169-178. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i2.22892.

Erlangga S Y, Jumadi, Nadhiroh N, Wingsih P H. The Effective of Using Worksheet with the Problem-Based Learning (PBL) Through Google Classrooms to Improve Critical Thinking Skills During the Covid-19 Pandemic. Proceedings of the 6th International Seminar on Science Education (ISSE 2020). Advances in Social Science, Education and Humanities Research. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210326.061.

Harangus K, Kátai Z. Computational Thinking in Secondary and Higher Education. Procedia Manufacturing. 2020;46:615-622. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2020.03.088.

Hasanah, H. Tekni-teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). AtTaqaddum, 2016; 8(1), 25. doi: https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163.

Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA). 2020; 10(1), 12–28, doi : https://dx.doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2678

Kaffa Z, & Miaz Y. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Role Playing pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU. 2022; 6 (5): 8228 – 8238. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3344.

Kemdikbud. Hal-hal Esensial Kurikulum Merdeka di Jenjang SD [Internet], 2022. [online]. Available: https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/hal-hal-esensial-kurikulum-merdeka-di-jenjang-sd.

Kemdikbud. Mengkaji Kembali Hasil PISA sebagai Pendekatan Inovasi Pembelajaran untuk Peningkatan Kompetensi Literasi dan Numerasi [Internet], 2022. [online]. Available: https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/mengkaji-kembali-hasil-pisa-sebagai-pendekatan-inovasi-pembelajaran--untuk-peningkatan-kompetensi-li.

Khairunnisa, G. Amirullah, dan M. Ninawati. Development of Learning Android Media-Based Mobile Learning Applications in Courses Basic Concepts of Natural Sciences. J. Inov. Pendidik. Dasar, 2019; vol. 4, no. 2, hal. 49–56, doi: https://doi.org/10.22236/jipd.v4i2.80.

Khotimah, K.. Pemanfaatan Powerpoint Terintegrasi Dengan iSpring Presenter Sebagai Media Pembelajaran Ict. Eksponen, 2019; 9(1), 79-85. doi: https://doi.org/10.47637/eksponen.v9i1.251.

Li Y, Schoenfeld A H, diSessa A A, Graesser A C, Benson L C, English L D, et al. Computational Thinking Is More about Thinking than Computing. Journal for STEM Education Research. 2020;3(1):1-18. https://doi.org/10.1007/s41979-020-00030-2.

Liana, Y. R. & Ellianawati, W. Hardyanto. Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android Menggunakan Sigil Software pada Materi Listrik Dinamis. Semin. Nas. Pascasarj. Univ. Negeri Semarang, 2019; vol. 2, no. 1, hal. 926–932, Diakses: Jan 30, [Daring]. Tersedia pada: https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/394.

Mabsutsah N, Yushardi. Analisis Kebutuhan Guru terhadap E Modul Berbasis STEAM dan Kurikulum Merdeka pada Materi Pemanasan Global. Jurnal Pendidikan MIPA. 2022;12 (2):205–213. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.588.

Nouri J, Zhang L, Mannila L, Norén E. Development of computational thinking, digital competence and 21st century skills when learning programming in K-9. Journal Education Inquiry. 2020;11(1):1-17. https://doi.org/10.1080/20004508.2019.1627844.

Putra, W. P., Gunamantha, I. M., & Sudiana, I. N. Pengembangan E-LKPD HOTS dalam Meningkatkan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA SD. PENDASI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 2023; 7(1), Februari. doi: https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v7i1.2177.

Reigeluth, C. M., & An, Y. (2021). Merging the instructional design process with learner-centered theory: The Holistic 4D Model. Routledge. doi: https://doi.org/10.1007/s11528-022-00723-y

Sari D N I, Budiarso A S, & Wahyuni S. Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Higher Order Tingking Skill (HOTS) Pada Pembelajaran IPA. Jurnal BASICEDU. 2022; 6(3): 3699–3712. https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2691.

Setiyani, Dkk. Designing a Digital Teaching Module Based on Mathematical Communication in Relation and Function,” J. Math. Educ., 2020; vol. 11, no. 2, hal. 223–236, doi: http://doi.org/10.22342/jme.11.2.7320.223-236.

Sintawati dan I. G. Margunayasa. Interactive E-Module for Science Learning Content: Validity and Feasibility. 2021; vol. 5, no. 1, hal. 19–29,doi: http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v5i1.34281.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung.

Syahrial A., dkk. Bimbingan Penggunaan Kit Fluida Alternatif yang Berasal dari Sampah Anorganik Bagi Siswa SD Negeri 6 Mataram. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 2020;Vol. 2 No.1, Juni 2020. doi: https://doi.org/10.29303/jpmsi.v2il.28.

Syaidah N, Faizah S N. Developing Electronic Student-Based Problem Worksheet For Primary School Student.Jurnal pendidikan dasar Islam. 2021; 13 (2). https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v13i2.699.

Wahyuni S, Putra P D A, Hidayati S A. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 2022; 10 (3): 492-508. http://dx.doi.org/10.24815/jpsi.v10i3.24244.

Zulkipli Z A, Yusof M M M, Ibrahim N, Dalim S F. Identifying Scientific Reasoning Skills of Science Education Students. Asian Journal of University Education. 2020;16(3):275-280. http://doi.org/10.24191/ajue.v16i3.10311.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v8i3.4648

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.