PENGEMBANGAN MEDIA GIANT KOMIK BERBANTUAN APLIKASI CANVA PADA MATA PELAJARAN PPKN BAGI SISWA KELAS V SDN 100 PALEMBANG

Monalisa Monalisa, Kiki Aryaningrum, Hetilaniar Hetilaniar

Abstract


Pengembangan Media Giant Komik Berbantuan Aplikasi Canva Pada Mata Pelajaran PPKn Bagi Siswa Kelas V SDN 100 Palembang, tujuan pengembangan ini untuk menghasilkan media Giant komik pembelajaran PPKn yang valid dan praktis. Jenis penelitian dan pengembangan ini mengunakan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: 1) Analyze, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. Adapun subjek pada penelitian ini yaitu 4 validator yang terdiri dari 3 dosen Universitas PGRI Palembang dan 1 guru kelas Sekolah Dasar, guru kelas V Sekolah Dasar sebanyak 2 orang, dan siswa kelas V Sekolah Dasar untuk uji coba perorangan yang berjumlah 3 orang, uji coba kelompok kecil sebanyak 9 orang dan uji coba lapangan sebanyak 21 orang. Teknik dan instrument pengumpulan data berupa observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang didapat dari hasil angket dan kualitatif dari hasil tahapan penelitian validasi desain dan uji coba pemakaian. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai presentase validasi media sebesar 74,5%, validasi materi 72% dan validasi bahasa sebesar 75% dengan kategori valid, hasil angket respon guru sebesar 83%, angket respon peserta didik uji coba perorangan 80% dengan kategori praktis, angket respon peserta didik uji coba kelompok kecil sebesar 81% dengan kategori sangat praktis.


Keywords


giant komik;canva;model ADDIE;PPKN

Full Text:

PDF

References


Adywinata, I. S., & Wiyasa, I. N. (2022). Komik Digital Berbasis Pendidikan Karakter Muatan PPKn Sebagai Media Variatif untuk Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 480.

Demonika, S. D., Mustadi, A., & Rezkillah, I. I. (2020). Implementasi Tematik Intergratif Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 818.

Fadillah, A. (2018). Pengembangan Media Belajar Komik Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 41.

Gulo, S., & Harefah, A. O. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint. Jurnal Pendidikan, 294.

Handayani, T., Winarni, E. W., & Koto , I. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis STEM dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 27.

Masfufah, S., Damanhuri, & Rahman, I. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Kelas Iv Sdn Cibomo. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 777.

Muliani, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buku Komik Pada Materi Sejarah Disekolah Dasar. Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 40.

Nurhayati, I., Hidayat, S., & Asmawati, L. (2019). Pengembangan Media Media Komik Digital Pada Pembelajaran PPKn di SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 68.

Nurmalisa, Y., Mentari, A., & Rohman. (2020). Peranan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Civic Conscience. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 35.

Nuryanah, Zakiah, L., Fahrurrozi, & Hasanah, U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Webtoon untuk Menanamkan Sikap Toleransi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5, 3053, doi:https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1244

Pitaloka, S. D. (2017). Pengembangan Media Komik Dengan Model Discovery Learning Untuk Mata Pelajaran PPKn Subtema Bumi Kelas 2 SD. Jurnal Mitra Pendidikan, 485.

Rahmatullah, Inanna, & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 319.

Saputri, N., Akhbar, M. T., & Aryaningrum, K. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Flipbook Berbasis Lingkungan Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 968.

Solihah, Suherman, & Fadlullah. (2022). Pengembangan Media Komik Digital Bermuatan Pendidikan Karakter Materi Membangun Persatuan Dan Kesatuan pada Mata Pelajaran PPKn di Sekolah Dasar. Jurnal ILMU PENDIDIKAN, 5186.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwarti, Laila, A., & Permana, E. P. (2020). Pengembangan Media Komik Berbasis Kearifan Lokal untuk Menentukan Pesan dalam Dongeng pada Siswa Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 147.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v9i1.4638

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.