PENGARUH SOAL CERITA MATEMATIKA BERBASIS HOTS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 11 LUBAI MUARA ENIM

Elsi Nadilla Januarsih, Khabib Sholeh, Sylvia Lara Syaflin

Abstract


Permasalahan penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi rendahnya hasil belajar pada pembelajaran Matematika yang disebabkan oleh penerapan materi dalam pembelajaran Matematika yang masih menggunakan tipe soal konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh soal cerita berbasis HOTS terhadap pembelajaran matematika siswa kelas IV SDN 11 Lubai. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan model one group pre-test post-test design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 11 Lubai Muara Enim yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Instrumen tes berupa soal esai berjumlah 10 soal untuk mengukur hasil belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan uji Paired Sample T-test. Hal ini terlihat dari hasil uji Paired Sample T-Test yang menunjukkan adanya perbedaan nilai yang signifikan dari mean data pretest dan posttest. Kemudian terlihat nilai signifikansi p-output (0,000) lebih rendah dari nilai tingkat signifikan 0,05 (tingkat kepercayaan 95%), dan nilai uji t (8,415) menunjukkan nilai yang lebih tinggi dari nilai ttabel (t0,05, 22 = 2,074). Jadi dapat disimpulkan terdapat pengaruh pemberian soal cerita matematika berbasis HOTS terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 11 Lubai. Dengan kata lain uji hipotesis nol (H0) ditolak, sedangkan hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima.


Keywords


soal cerita matematika;HOTS;hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Alpian, Y., & Anggraeni, W. u. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 66-72.

Dinni, H. N. (2018). HOTS (Higher Order Thinking Skills) dan kaitannya dengan kemampuan literasi matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 170-176.

Feng, L. C. (2020). Teaching higher order thinking skills to gifted student: A meta-analysis. Gifted Education Internasional, 1-22.

Kamali, A. S. (2019). Pengaruh Soal Tipe HOTS Terhadap Kemampuan Berpikr Kreatif Siswa. Cakrawala Pedagogik, 128-131.

Musrikah, M. (2018). Higher Order Thinking Skill (HOTS) Untuk Anak Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Perempuan dan Anak, 339-360.

Rohim, D. C. (2019). Strategi Penyusunan Soal Berbasis HOTS pada Pembelajaran Matematika SD. Jurnal Riset Dan Konseptual, 436-446.

Sani, R. A. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) EDISI REVISI. Tanggerang: Tira Smart.

Saraswati, P. S., & Agustika, G. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 257-269.

Sholeh, K., Srinindiati, D., Suriadi, A., & Ahyani, N. (2019). Nilai-nilai Situs Bersejarah di Sumatera Selatan Sebagai Penguat Karakter di SMK PGRI Lahat. Jurnal Pengabdian kapada Masyarakat, 235-245.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kebijakan. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2019). Teori belajar pembelajran di sekolah dasar. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

Syaflin, S. L., & Ayurachmawati, P. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Keep It Up Muatan Pelajaran Ipa Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 1571-1582.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v9i1.4540

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.