PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA PADA KELAS IV SDN 1 SINGKAWANG

Dina Anika Marhayani, Siska Siska, Rini Setyowati, Dodik Kariadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV pada materi keberagaman budaya bangsaku. Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode desain eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan berbentuk nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 1 Singkawang dengan teknik pengambilan sampel berupa sampel jenuh (purposive sampling). Penelitian dilakukan pada dua kelas, yaitu kelas eksperimen dengan metode demonstrasi sebanyak 25 siswa dan kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung sebanyak 25 siswa. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa antara kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan metode demonstrasi dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung pada materi budaya bangsaku. keragaman yang dianalisis menggunakan uji-t dengan nilai 3,387 > 2,004; (2) Terdapat respon siswa terhadap metode demonstrasi pada pembelajaran IPS sebesar 86% dari kriteria persentase (75-100%) dengan kriteria sangat baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 1 Singkawang.


Keywords


Metode Demonstrasi; Hasil Belajar IPS

Full Text:

PDF

References


Sanjaya, Ade. (2011). Model-model pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Suprijono, Agus. (2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Arikunto, Suharsimi. (2015). Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta:PT Rineka Cipta.

Dameria Sinta. (2020). Statistik Penelitian Pendidikan dengan Aplikasi Ms. Excel dan SPSS. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish

Endra, Febri. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian (Statistika Praktis). Taman Sidoarjo: Zifatama Jawara.

Hartono. (2019). Metodologi Penelitian. Pekanbaru: Zanafa Publishing.

Khoiriyah, S., & Raiz, R. (2019). Pengaruh Metode Demonstrasi Berbantu Patepin Terhadap Hasil Belajar Tema Indahnya Keragaman di Negeriku. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2(1), 115-122.

Lestari, Karunia Eka, dan Yudhanegara, Mokhammad Ridwan. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Marhayani, Dina Anika, and Hastuti Hastuti. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kooperatif Think Pair share Terhadap Hasil Belajar IPS. SOCIAL: Jurnal Ilmu-Ilmu sosial 14.2

Marhayani, D.A., & Hendriana, E. C. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kompetensi Keterampilan dan Kompetensi Pengetahuan Siswa pada Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 singkawang. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 5.(1), 24

Sumarniasi, Ni Wayan. (2013). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN3 Kesimbar melalui metode demonstrasi pada pembelajaran IPS. Jurnal PGSD Universitas Tadulako. Vol. 2 No. 4.

Nizamuddin. (2020). Penelitian Berbasis Tesisdan Skripsi disertai Aplikasi dan Pendekatan Analisis Jalur. Medan: Pantera Publishing.

Mamik. (2015). Metode Kualitatif. Taman Sidoarjo: Zifatama Publisher.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif ,dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v9i1.4514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.