Analisis Pengalaman Budi Pekerti Peserta Didik di SD Negeri 13 Rambang Niru Kabupaten Muara Enim

Luh De Wulan Sari, Yasir Arafat, Susanti Faipri Selegi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah  untuk memberikan penjelasan tentang bagaimana nilai moral digunakan oleh siswa di SD Negeri 13 Rambang Niru Kabupaten Muara Enim. Metode deskriptif kualitatif digunakan, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Untuk populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas 3 di SD Negeri 13 Rambang Niru Kabupaten Muara Enim. Kemudian, teknik pengumpulan data dengan Observasi, wawancara dan angket lalu untuk teknik analisis data dalam penelitian ini pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Untuk teknik kebasahan data yaitu menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Menurut hasil penelitian, siswa di kelas 3 SD Negeri 13 Rambang Niru Kabupaten Muara Enim sangat memahami nilai moral. Mereka telah terbiasa mempraktikkan nilai-nilai moral di sekolah, seperti nilai keimanan dan ketakwaan, dengan selalu berdoa sebelum belajar. Selain itu, nilai sopan santun juga telah diterapkan dengan baik, di mana peserta didik telah terbiasa menggunakan tangan kanan saat makan. Kedisiplinan juga telah diterapkan dengan baik, di mana peserta didik telah terbiasa datang ke sekolah tepat waktu. Selain itu, nilai kejujuran juga telah diterapkan dengan baik, di mana peserta didik selalu berkata sesuai dengan fakta yang ada. Terakhir, nilai ketertiban juga telah diterapkan dengan baik, di mana peserta didik telah terbiasa berada di dalam kelas meskipun guru belum memasuki kelas. Artinya bisa disimpulkan bahwa pengamalan budi pekerti peserta didik di SD Negeri 13 Rambang Niru Kabupaten Muara Enim mendapatkan nilai dengan kategori baik dilihat berdasarkan hasil observasi, wawancara dan angket siswa.


Keywords


Pengamalan Budi Pekerti; Budi Pekerti Peserta Didik; Peserta Didik Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Andiawan, I. p. (n.d.). Analisis Implementasi Kebijakan Pendidikan Budi Pekerti di SD Negeri 3 Kerambitan Selama Pembelajaran Online.

Arifin. (2019). Penumbuhan Budi Pekerti Melalui Penguatan Budaya Sekolah di SMA Negeri 5 Kupang. Jurnal ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi. Vol 6 (1) halaman 7-12.

Arlis, et al. (2022).Budi Pekerti dan Charater Bulding. Padang Sumatra Barat: PT. Global Eksekutif Teknologi. Halaman 38-39.

Bahri, S. (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 4 (1) halaman 95

Bhughe, K. I. (2022). Peran guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam pembentukan karakter peserta didik di sekolah dasar. jurnal kewarganegaraan , Vol 1 (2) halaman 114.

Fatahilah, & Sari, S. W. (2021). Perspektif orang tua dalam gerakan penumbuhan budi pekerti pada masa pandemi covid 19. Jurnal of elementary school education , 26-32.

Hamuni, Idrus, M., & Aswati. (2022). Perkembangan Peserta Didik. Jawa Tengah: Eureka Media Aksara. Halaman 72.

Hanum, U. L., Masturi, & Khamdun. (2022). Pola Asyg Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar Desa Bandungrejo Kalinyamatan Jepara. Jurnal Inovasi Penelitian .Vol 2 (8), halaman 2444-2448.

Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2021). Analisis Kebijakan penguatan pendidikan karakter dalam mewujudkan pelajar pancasila di sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial , 79-81.

Memanti, I. U., Armariena, D. N., & Selegi, S. F. (2022). Efektivitas Pemberian Reward Point Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 5 Palembang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar , 465.

Mutia. (2021). Characteristics Children Of Age Of Basic Education. E-ISSN 2722-7294 I P-ISSN-2656-5536. Vol 3 (6) halaman 117-119.

Nadhif, A. F., & Qosyim, A. (2022). Analisis Ketercapaian Indikator Budi Pekerti Luhur Siswa Dalam Pembelajaran IPA SMP Pada Masa PPKM Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Sains.Vol 10 (2), halaman 321-323.

Nurjanah, S. (2020). Penerapan Nilai Budi Pekerti Pada Pendidikan Anak Usia Dini di RA AL-Manshuro Ambon. Jurnal Lingue. Vol 2 (1), halaman 55-59.

Umi, F., Marsidin, s., & Sabandi, A. (2020). Analisis Kebijakan Dan Pengelolaan terkait Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 2 (2), halaman 129.

Yinyang. (2020). Peran keluarga sebagai tempat pertama sosialisasi budi pekerti jawa bagi anak dalam mengantisipasi degradasi nilai-nilai moral. Jurnal Studi Islam,Gender, dan Anak . Vol 15 (1), halaman 114-115.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v8i2.4497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.