PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP STRES KERJA PADA GURU SEKOLAH DASAR

Werenfridus Werenfridus, Abd Basith, Agung Hartoyo

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Apakah terdapat perbedaan dukungan sosial dan stress kerja pada guru SD berdasarkan gender, jabatan, status pekerjaan dan usia?; 2) Apakah terdapat pengaruh dukungan sosial terhadap stress kerja pada guru SD?. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain asosiatif kausal. Populasi penelitian ini yaitu guru dan kepala sekolah pada jenjang Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Tengah Temila Kabupaten Landak yang berjumlah 60 sekolah. Sampel diambil dengan teknik insidental sehingga keseluruhan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 74 orang. Teknik analisis data dengan menggunakan mean, SD, manova dan regresi sederhana. Hasil penlitian menunjukkan bahwa : 1) nilai p > 0.05 sehingga tidak terdapat perbedaan yang signifikan terkait dukungan sosial dan stres kerja guru berdasarkan gender, jabatan, status kerja dan usia, 2) nilai p < .05 sehingga dukungan sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap stress kerja dengan koefisien determinasi sebesar 10.5% dan koefisen regresi 0.382. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa guru laki-laki dan perempuan memiliki stress kerja yang sama besarnya. Pengaruh positif yang diberikan oleh dukungan sosial terhadap stres kerja tidak sesuai dengan harpan penelitian dan berbagai penelitian terdahulu. Arah pengaruh harusnya negatif karena semakin tinggi dukungan sosial maka stres kerja akan semakin rendah. Ini menunjukkan bahwa dukungan sosial tidak terkait secara langsung dengan stres kerja guru.


Keywords


Dukungan Sosial; Stres Kerja

Full Text:

PDF

References


Ambara, D. P. (2010). Pengaruh Tingkat Stres Guru Terhadap Manajemen Kelas Di Sekolah Menengah Atas. E-journal Undiksha, 8(2), 193–204.

Atkinson, R. C. (2005). Pengantar Psikologi (terjemahan Taufiq dan Barhana). Jakarta : Erlangga.

Collie, R. J. (2021). COVID-19 and Teachers’ Somatic Burden, Stress, and Emotional Exhaustion: Examining the Role of Principal Leadership and Workplace Buoyancy. AERA, 7.

https://doi.org/10.1177/2332858420986187

Creaven, A.M., Higgins, N.M., Ginty, A.T., & Gallagher, S. (2020). Social Support, Sacial Participation, and Cardiovascular Reactivity to Stress in the Midlife in the States (MIDUS) Study. Biological Psychology, 155, 107921

Demjaha, T,A., & Jovanka, K.B. (2015). Level Of Work Related Stres Among Teachers In Elementry School. Journal Of Medical Science, 3(3), 484-488

Faizal, M. H., Yustinus, S. (2004). Pengaruh Circulo Message terhadap Penurunan Perasaan Kelelahan Kerja pada Guru Wanita Sekolah Dasar Negeri di Kelurahan Bener, Tegalrejo, Yogyakarta. Jurnal Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Gajah Mada, 1, 63-70

Faslah, A. (2011). Pencapaian Program Wajib Belajar 9 Tahun. Retrived from http://www.kompasiana.com

Gaol N. 2021. Faktor-Faktor Penyebab Guru Mengalami Stres Di Sekolah. Institut Agama Kristen Negeri Tarutung. Diakses pada tanggal 20 juni 2021, online.

Klapproth, F., Federkeil, L., Heinschke, F., & Jungmann, T. (2020). Teachers' experiences of stress and their coping strategies during COVID-19 induced distance teaching. Journal of Pedagogical Research, 4(4), 1-9. DOI: 10.33902/JPR.2020062805

Kreitner R & Kinicki A. (2014). Organizational Behavior. Jakarta: Salemba Empat

Luthans, F. (2011). Organizational Behavior An Evidence-Based Approach. In McGrawHill/Irwin (12th ed.). New York: The McGraw-Hill Companies, Inc

Muhbar, Fandi., Dwi Heppy Rochmawati. (2017). Hubungan Antara Tingkat StresDengan Beban Kerja Guru DiSekolah Luar Biasa. Jurnal Keperawatan, 5(2), 82-86

Noviati, N. P. (2015). Stres kerja ditinjau dari kecerdasan emosi, modal psikologis, dan dukungan sosial. Psikologika. 20(1), 27-38.

Pelealu, A., Hendro, B., & Ferdinand, W. (2018). "Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kepatuhan Minum Obat Pasien Skizofrenia di Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. VL Ratumbuysang Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Keperawatan, 6(1), 1-9

Riyani, Y. (2012). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Jurusan Akutansi Politeknik Negeri Pontianak). Jurnal Eksos, 1(8), 19-25.

Robbins, S.P., & Judget, T.A. (2008). Perilaku Organisasi. Jakarta : Salemba Empat.

Rumeen, C.,Joseph, W.B.S., & Rumayar, A.A. (2021). Gambaran Tingkat Stres Kerja Pada Tenaga Pendidik Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh Di Smpn 1 Likupang Selatan Dan Smpn 1 Dimembe. Jurnal Kesmas, 10(6), 101-106

Sarafino, E.P., & Smith, T.W. (2011). Health Psychology: Biopsychosocial Interactions. John Wiley & Sons Inc.

Smet. (1994). Psikologi Kesehatan. PT. Gramedia Widiasarna Indonesia : Jakarta.

Weken, M.E., Mongan, A.E., & Kekenusa, J.S. (2020). Hubungan antara Beban Kerja, Konflik Peran, dan Dukungan Sosial dengan Stres Kerja Pada Guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Manado Pada Masa Pandemi Covid-19. Public Health and Community Medicine, 1(4) 80-88.

Windistiar, D. (2016). Hubungan Dukungan Sosial dengan Stres Kerja Narapidana Wanita. Skripsi. Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v8i2.4452

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.