Pengaruh Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Terhadap Kepercayaan Diri Siswa SD Dalam Pembelajaran IPA

Viona Adelia, Abd Basith, Erdi Guna Utama, Eka Murdani, Andi Mursidi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis pengaruh strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here terhadap kepercayaan diri siswa SD dalam pembelajaran IPA; 2) mendeskripsikan respon siswa terhadap strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan quasi eksperimen design , dan bentuk post test only control group design . Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 70 Singkawang yang berjumlah 37 siswa. Kemudian diambil sampel dengan menggunakan teknik total samplingsehingga sampel yang digunakan berjumlah 37 siswa yang terdiri dari kelas VA dan VB. Hasil acak menghasilkan VA sebagai kelas kontrol dan VB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kepercayaan diri dan skala respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik deskriptif dan independent sample t-test . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here secara signifikan terhadap kepercayaaan diri siswa kelas V SDN 70 Singkawang dalam pembelajaran IPA. Hal ini ditunjukkan dari taraf signifikansi sebesar 0,003 < 0,05; 2) Terdapat respon positif siswa terhadap strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here pada pembelajaran IPA kelas V SDN 70 Singkawang. Hal ini ditunjukkan dari perhitungan bahwa proporsi respon siswa sebesar 100% termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tertulis bahwa strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here sangat efektif digunakan dalam pembelajaran karena adanya peningkatan kepercayaan diri siswa yang diharapkan. Strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here juga memperoleh respon positif dari siswa dalam pembelajaran IPA.

Keywords


strategi pembelajaran everyone is a teacher here, kepercayaan diri

Full Text:

PDF

References


Alwisol. (2012). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Pres.

Amaliyah, N., Abustang, P. B., & Sombou, F.C. (2020). Meningkatkan Minat Belajar IPA Dengan Penerapan Strategi Everyone Is a Teacher Here Di Sekolah Dasar. Celebes Education Review, 2(2), 26-32.

Anggreni, D. (2022). Membangkitkan Kepercayaan Diri Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Everyone is a Teacher Here Pada Materi Program Linear di SMAN 5 Pinrang. Doctoral dissertation. IAIN Parepare.

Asiyah, A., Walid, A., & Kusumah, R. G. T. (2019). Pengaruh Rasa Percaya Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(3), 217-226.

Azwar, S. (2014). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daryoto. (2014). Penerapan Metode Everyone Is a Teacher Here Dalam Kegiatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas VA SD Negeri Sumberarum 1 Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan: UIN Sunan Kalijaga.

Djamaluddin, A. & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Jakarta: CV. Kaaffah Learning Center.

Djamarah, & Bahri, S. (2014). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya

Faryanti, H., & Panjaitan, R. G. P. (2016). Respon Siswa Terhadap Film Animasi Zat Aditif. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(3), 1-12

Hendra, I. K., Meter, I. G., & Negara, I. G. A. O. (2013). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is a Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas IV SDN 2 Dangin Puri. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1), 1-10

Indriani, N. (2017). Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Model Snowball Throwing dalam Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas IV di SD Negeri III/I. Muara Bulan. Skripsi. Makassar: UNM.

Karunta, Y. (2019). Integrasi Kepercayaan Diri (Self Confidence) Terhadap Interaksi Sosial Siswa Di SMA Muhammadiyah 9 Makassar. Skripsi. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Sosiologi: Universitas Muhammadiyah Makassar

Kelana, J. B., & Wardani, D. S. (2021). Model pembelajaran IPA SD. Cirebon: Edutrimedia Indonesia.

Mardianto. (2014). Psikologi Pendidikan Landasan untuk Pengembangan Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.

Nadziroh, U., Hakim, L., & Gusfarenie, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Everyone is a Teacher Here Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Muaro Jambi. Doctoral dissertation. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Pamungkas, A, dkk. (2017). Implementasi Model Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa, Jurnal Inovasi Pendidikan IPA.3 (2), 118-127

Pemerintah Republik Indonesia. (2010). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta.

Pritama, D. (2015). Studi Tentang Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SD Negeri 1 Pengasih. Basic Education, 5(12), 1-10

Sagala, S. (2017). Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Soemanto (2018). Psikologi Pendidikan Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Surya, H. (2007) Percaya Diri itu Penting. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Susilawati, D. (2018). Tes & Pengukuran. Jawa Barat: UPI Sumedang Press.

Trianto. (2013). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Wajilah, E. (2022). Pengaruh Model Cooperative Problem Solving Terhadap Pemahaman Konsep IPA Materi Organ Dan Sistem Peredaran Darah Manusia Siswa Kelas V. Skripsi. Singkawang: STKIP Singkawang




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v9i1.4292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.