ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENENTUKAN UNSUR INTRINSIK CERITA DONGENG SI KANCIL DAN BUAYA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Widiya Santika, Bambang Hermansah, Susanti Faipri Selegi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menganalisis unsur intrinsik dongeng kelas IV SD. Pendekatan dalam penelitian ini mengggunakan metode deskriftif kualitatif, populasi dalam penelitian ini yaitu kelas IV A, B, C D dan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IV B. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan, dan uji keabsahan data yang digunakan yaitu Triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menentukan unsur intrinsik cerita dongeng kelas IV SD termasuk kedalam kategori baik, namun ada 5 siswa yang masih mempunyai kemampuan dalam menentukan unsur intrinsik cerita dongeng yang rendah. Hal ini terbukti berdasarkan hasil analisis peneliti tentang kemampuan siswa dalam menentukan unsur intrinsik cerita dongeng pada indikator kemampuan menentukan unsur tema, kemampuan menentukan unsur tokoh, kemampuan menentukan unsur latar, kemampuan menentukan unsur alur, dan kemampuan menentukan unsur amanat.

Keywords


Unsur Intrinsik, Dongeng, Si kancil dan Buaya

Full Text:

PDF

References


Astuti, N. M., Sumantri, M. P., & Sudarma, I. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III Kecamatan Buleleng. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2.

Aulia, R. N., Rahmawati, R., & Permana, D. (2020). Peranan Penting Evaluasi Pembelajaran Bahasa Di Sekolah Dasar. Jurnal Belandika, 2.

Ayudia, Suryanto, E., & Waluyo, B. (2016). Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia Dalam Laporan Hasil Observasi Pada Siswa SMP. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 36.

Fitriani, D. (2012). Kemampuan Menentukan Unsur Intrinsik Dongeng Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Bintan Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Umrah, 1.

Kosasih. (2020). 22 Jenis Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Yrama widya.

Liasari, D. (2021). Analisis Kemampuan Peserta Didik Dalam Menentukan Unsur Intrinsik Dongeng Pada Tema Menyayangi Hewan Dan Tumbuhan Subtema sManfaat Hewan Bagi Kehidupan Manusia Di Kelas III SD Negeri 1 Muara Enim. Universitas Sriwijaya, 22.

Mulyadi, Y., Andriyani, A., & Fajwah, A. M. (2016). Intisari Bahasa Indonesia. Bandung: Yrama Widya.

Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Arga, H. S. (2021). Penggunaan Metode Pembelajaran Guided Discovery Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur Intrinsik Dongeng Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 634.

Pujiraharjo, Y., & Adiluhung, H. (2019). Dongeng Sebagai Media Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Seni Rupa, 251.

Selegi, S. F. (2019). Analisis kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD dalam mendesain soal tes bentuk uraian untuk meningkatkan soft skills mahasiswa. jurnal ilmiah ilmu kependidikan, 218.

Setiawan, A. R. (2020). pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi saintifik. Jurnal Basicedu, 56.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif. bandung: alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suryani, A., Siahaan, P., & Samsudin, A. (2015). Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengukur Keterampilan Proses sains Siswa SMP Pada Materi Gerak. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015, 217.

Widiya. (2021). Analisis Kemampuan Peserta Didik Kelas IV B SDN 11 Indralaya Dalam Menentukan Unsur Intrinsik Dongeng Pada Tema Berbagai Pekerjaan Subtema Pekerjaan Orang Tuaku. Universitas Sriwijaya, 3.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v8i1.3762

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.