Pengaruh Pengunaan Model Pembelajaran Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa

Syarina Maharani, Sylvia Lara Syaflin, Bambang Hermansah

Abstract


penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pengunaan model pembelajaran time token terhadap hasilbelajar siswa tema 7 kelas V SDN 3 srikaton. Desain penelitian ini ialah penelitian pre exsperimental dengan rancangan the one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini yaitu semua siswa kelas V SDN 3 srikaton yang berjumlah 22 orang. Sampel ini ditentukan dengan menggunakan sampling jenuh. Sampel ini terdiri dari semua siswa kelas IV dengan jumlah kurang 22 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dalam bentuk tes objektif essay. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji pired sample t test. Hasil analisis data diperoleh  = 0,000 lebih kecil dari  = 0,432 dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran time token terhadap hasil belajar siswa pada tema peristiwa dalam kehidupan di kelas v sdn 3 srikaton tahun pembelajaran 2021/2022.


Keywords


model pembelajaran time token, hasil belajar,

Full Text:

PDF

References


Akhiruddin, sujarwo, atmowardoyo, h., & h, D. n. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Gowo: CV. CAHAYA BINTANG CEMERLANG.

Apriyani, D. &. (2021). Pengaruh model penataran time token terhadap motivasi siswa sekolah dasar pada pembelajaran tematik. Jurnal Basicedu, 4076.

Aqib, z., & Murtadlo, A. (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung: PT Sarana Tutorial Nuraini Sejahtera.

Arwana, I. P., Arini, N. W., & Parmiti, D. P. (2019). Pengaruh pendekatan saintifik proses mengkomunikasikan dalam model time token terhadap hasil belajar bahasa indonesia. Journal of education technology, 111.

Bambang, H. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN. Indonesian Research Journal on Education, 600.

Dewa, K. &. (2018). Pengaruh model penataran time token terhadap kompetensi pengetahuan IPA. Jurnal pedagogi dan pembelajaran, 137.

hamalik, D. o. (2019). Kurikulum dan pembelajaran. jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamalik, D. O. (2019). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamzah, D. A. (2019). Metode penelitian & pengembangan . Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Huda. (2014). Pengaruh model pembelajaran time token terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas IX MTS Miftahul Huda bulung kulon jekulo kudus. Journal pendidik dan kebudayaan, 239.

Kesumawati, D. N., & Aridanu, I. (2018). Statistik parametrik penelitian pendidikan. Palembang: NoerFikri.

Kurniasih. (2016). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe time token arends untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Journal pendidikan ekonomi, 107.

Lestari, k. e., & yudhanegara, m. r. (2018). Penelitian pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Made, P. &. (2018). Pengaruh pendekatan saintifik proses komunikasi dalam model time token terhadap hasil belajar bahasa indonesia. Journal of education trchnology, 111.

Pane, a., & Dasopang, M. (2017). Belajar dan pembelajaran. Jurnal kajian ilmu-ilmu keislaman, 334-337.

Pardede, L., & pardede, D. l. (2021). Pengaruh model pembelajaran time token terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok menapaki jalan terjal penegakan HAM di indonesia di kelas XI semester 1 SMA Negeri sipahutar taput tahun ajaran 2020/2021. Jurnal darma agung, 181-192.

Pramana, I. Y., & Suarjana, I. (2019). Pengaruh model pembelajaran time token berbantuan media video terhadap hasil belajar IPA kelas V SD. Journal of education technology, 137.

Putu, N. w. (2019). Pengaruh pendekatan saintifik proses komunikasi dalam model time token terhadap hasil belajar bahasa indonesia. Journal of education techonolgy, 111.

Riduwan, D. (2018). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Said, A., & Budimanjaya, A. (2015). Strategi Mengajar Multiple Intelligences. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri.

Sari, y. n., & Didin syafruddin, F. r. (2018). Pengaruh model pembelajaran Time Token terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem gerak manusia. Jurnal pendidikan biologi, 42.

Sembiring, A. B., Tanjung, D. S., & Silaban, P. J. (2021). Pengaruh model pembelajaran time token terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar pada pembelajaran tematik. Journal Basicedu, 4076-4084.

Shoimin, A. (2014). 68 Model pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013 . Yogyakarta: Ar-ruzz media.

Son Santriana, S. R. (2019). Pengaruh model pembelajaran time token terhadap hasil belajar siswa SMP. Journal pendidikan dan kebudayaan, 286.

Son, R. s. (2019). pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe time token terhadap hasil belajar siswa smp. pendidikan dan kebudayaan, 284.

Sudijono, A. (2017). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitiatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, D. a. (2019). Teori belajar & pembelajaran di sekolah dasar. jakarta: prenadamedia group.

Sylvia, S. l. (2022). Pengaruh Model Scramble terhadap Hasil Belajar Siswa Subtema 1. Jurnal Pendidik Tambusai, 14915.

Wahyuni, i. a., putra, I. k., & darsana, I. w. (2018). Prngaruh model pembelajaran Time Token terhadap kompetensi pengetahuan IPA. Jurnal pedagogi dan pembelajaran, 138.

Yoga, P. I., & Suarjana, I. M. (2018). Pengaruh model pembelajaran time token berbantuan media video terhadap hasil belajar ipa kelas V SD. Journal of education technology, 134-144.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v8i1.3757

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.