PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN MELALUI MODEL EXPERIENTAL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD

Putri Saymita, Kiky Aryaningrum, Susanti Faipri Selegi

Abstract


Penelitian ini bertujuan dengan analisis Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Dalam Model Experiental Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 91 Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu Pretest-Posttest Control Design, Populasi di dalam penelitian ini merupakan keseluruhan kelas VA, VB, dan VC dan sampel kelas VA dan VC / subjek penelitian 20 siswa, Teknik dan instrument pengumpulan data yang digunakan berupa tes soal (Essay), observasi, dan dokumentasi, Teknik analisis data menggunakan Uji independent Sampel T Test. Hasil penelitian di kelas eksperimen menunjukkan bahwa tes essay hasil belajar meningkat, dilihat dari uji normalitas dapat diketahui bahwa nilai signifikansi Shapiro-Wilk untuk variabel pretest dan posttest lebih besar dari 0,05 sehingga variabel berdistribusi normal. Dapat dilihat untuk menguji hipotesis menggunakan Uji T dengan kriteria nilai Sig. Levene’s Test for Equality of Varuances adalah sebesar 0,287 > 0,05 maka dapat diartikan bahwa varians data antara Posttest Eksperimen dan Posttest Kontrol adalah Homogen. Sedangkan tabel Output Independent Sampel T Test pada bagian Equal Varuances assumed diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam Uji Independent Sampel T Test dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa pengaruh pemanfaatan lingkungan bisa meningkatkan hasil belajar siswa di lihat dari kelas eksperimen mengalami pengaruh dengan menggunakan model Experiental Learning dan kelas kontrol tidak mengalami keefektifan karena menggunakan model konvensional atau ceramah.

Keywords


Model Experiental Learning, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Afifulloh, M. (2019). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 1 (1), 2655-6324.

Amri, S. (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Baharun, H. (2015). Penerapan Pembelajaran Active Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Madrasah. Jurnal Pendidikan Pedagogik, 01 (01).

Chrislando, A. (2019). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Pepatudzu, 15 (1). 2541-57000.

Faipri, S. S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa PGSD Dalam Mendesain Soal Tes Bentuk Uraian Untuk Meningkatkan Soft Skills Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan. 3 (3)

Fathurrohman, M. (2020). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hakima, A., & Hidayati, L. (2020). Peran Model Experiental Learning Dalam Pendidikan Berbasis Keterampilan Tata Busana. 51-59. 09 (3).

Hariri, C. A., & Yayuk, E. (2018). Penerapan Model Experiental Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Cahaya dan Sifat-Sifatnya Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8 (1).

Karwono, & Mularsih, H. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Muallimuna. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Pada Sekolah Dasar. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2 (1). 2476-9703.

Ratnasari, M., Santoso, S., & Sarwono. (2016). Efektivitas Hasil Geografi Materi Sumber Daya Alam (SDA) Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI), Student Teams Achievement Divisions (STAD), dan Ceramah Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ponorogo. GeoEco, 2 (1).

Rudini, M. (2020). Efektivitas Analisis Butir Soal Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas IV Dalam Meningkatkan Kualitas Guru Di SDN Sabang. Jurnal Penelitian, 2 (1). 19

Siska, Y. (2018). Pembelajaran IPS Di SD/MI. Yogyakarta: Garudhawaca.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, cv.

Supriono, Y. (2018). Pembelajaran Ips Dalam Perspektif Kurikulum 2013. Jurnal Diklat Keagamaan, XII (32).

Susanto, A. (2019). Teori Belajar & Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Susanto, A. (2019). Teori Belajar & Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Widiasworo, E. (2017). Strategi & Metode Mengajar Siswa di Luar Kelas (outdoor learning) Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, & Komunikatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wulandari, F. (2020). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Anak Sekolah Dasar (Kajian Literatur). Journal Of Educational Review And Research 3 (2), 105-110.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v8i1.3750

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.