PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN MELALUI MODEL EXPERIENTAL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afifulloh, M. (2019). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 1 (1), 2655-6324.
Amri, S. (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Baharun, H. (2015). Penerapan Pembelajaran Active Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Madrasah. Jurnal Pendidikan Pedagogik, 01 (01).
Chrislando, A. (2019). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Pepatudzu, 15 (1). 2541-57000.
Faipri, S. S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa PGSD Dalam Mendesain Soal Tes Bentuk Uraian Untuk Meningkatkan Soft Skills Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan. 3 (3)
Fathurrohman, M. (2020). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Hakima, A., & Hidayati, L. (2020). Peran Model Experiental Learning Dalam Pendidikan Berbasis Keterampilan Tata Busana. 51-59. 09 (3).
Hariri, C. A., & Yayuk, E. (2018). Penerapan Model Experiental Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Cahaya dan Sifat-Sifatnya Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8 (1).
Karwono, & Mularsih, H. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Muallimuna. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Pada Sekolah Dasar. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2 (1). 2476-9703.
Ratnasari, M., Santoso, S., & Sarwono. (2016). Efektivitas Hasil Geografi Materi Sumber Daya Alam (SDA) Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI), Student Teams Achievement Divisions (STAD), dan Ceramah Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ponorogo. GeoEco, 2 (1).
Rudini, M. (2020). Efektivitas Analisis Butir Soal Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas IV Dalam Meningkatkan Kualitas Guru Di SDN Sabang. Jurnal Penelitian, 2 (1). 19
Siska, Y. (2018). Pembelajaran IPS Di SD/MI. Yogyakarta: Garudhawaca.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, cv.
Supriono, Y. (2018). Pembelajaran Ips Dalam Perspektif Kurikulum 2013. Jurnal Diklat Keagamaan, XII (32).
Susanto, A. (2019). Teori Belajar & Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Susanto, A. (2019). Teori Belajar & Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Widiasworo, E. (2017). Strategi & Metode Mengajar Siswa di Luar Kelas (outdoor learning) Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, & Komunikatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Wulandari, F. (2020). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Anak Sekolah Dasar (Kajian Literatur). Journal Of Educational Review And Research 3 (2), 105-110.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v8i1.3750
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)
e-ISSN : 2477-8435
p-ISSN : 2477-5940
Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JPDI indexed by:
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.