Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Di Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar, M., Aprilentina, & F. (2020). Penggunaan Metode CIRC pada Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa ( Study Literatur). Pendidikan Dasar.
Dalman. (2017). Keterampilan Membaca. PT Raja Grafindo Persada.
Depdiknas. (2011). Membimbing Guru dalam Penelitian Kelas. Pusat Pengembangan Tenang Kependidikan Badan Pengembangan Sumbar Daya Manusia Pendidikan dan Menjaminan Mutu Pendidikan.
Harahap. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Global pada Mahaasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia institut Pendidikan Tapanuli Selatan.
Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Pustaka Pelajar.
Karim, M. F., & Fathoni, A. (2022). Pembelajaran CIRC dalam Menumbuhkan Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5910–5917. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/3164/pdf
Kurniasih. (2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kata Pena.
Nurrahmah. (2018). Peningkatan Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Aspek Membaca Pemahaman Murid Kelas IV SD Inpres Kalompi Kabupaten Barru. Universitas Muhammadiyah Makassar, Makasar, Skripsi Tidak.
Rahayu, T. (2014). Perkembangan Kemampuan Membaca Siswa Berdasarkan Alat Evaluasi Membaca Berbasis Portofolio. FPBS, Universitas Pendidikan Indonesia.
Setiawati, & D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran CIRC Berbasis Tulisan Eksposisi terhadap kemampuan Membaca Intensif Siswa Kelas IV. 5(2)(1–10).
Sumadyo. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Graha Iimu.
Syafitri, C. R., & Mansurdin. (2020). Model Cooperative Integrated Reading and Composition sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1335–1346. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/600
Zakkiyah, H. (2019). Keefektifan Model CIRC (Cooperative Integrative Reading and Compotision) terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Gugus Langlang Yudho Blora. Universitas Negeri Semarang, Semarang, Skripsi Tidak Dipubliskan.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v8i1.3630
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)
e-ISSN : 2477-8435
p-ISSN : 2477-5940
Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JPDI indexed by:
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.