PENERAPAN MODEL SAINTIFIK DALAM KURIKULUM 2013 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Munjana munjana

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 21 Singkawang yang rendah atau tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis penerapan model pembelajaran saitifik dalam kurikulum 2013 untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan desain penelitian Tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari perecanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 21 Singkawang tahun pelajaran 2020/2021 berjumlah 28 siswa. Objek penelitian adalah peningkatan hasil belajar siswa. Teknik pengumpul data yang digunakan yaitu tidak langsung. Instrumen yang digunakan adalah panduan observasi dan lembar tes formatif. Teknik analisis yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kenaikan rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II, yaitu dari rata-rata 77 dengan kategori baik ke rata-rata 87 dengan kategori amat baik. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap proses pembelajaran baik dalam konteks peningkatan hasil belajar siswa maupun dalam membantu guru melaksanakan proses pembelajaran. 


Keywords


Model Saintifik, Kurikulum 2013, Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Agustina, W. Z., Sugiarti, T., & Yuliati, N. 2016. Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Kesebangunan Bangun Datar Siswa Kelas V SDN Tegalgede 01 Jember. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 4(3), 139-148.

Arikunto. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bloom, B. S, Max D. E., Edward J. F., Walker H. H., & David R. K. 2001. Taxonomy of Educational Objective Handbook I: Cognitive Domain. New York: Addison Wesley Longman Inc

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Sudrajat, A. 2012. Pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik dan metode.

Majid, A. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Interes Media.

Munawar, I. 2009. Hasil Belajar (Pengertian dan Definisi). Indramunawar Blogspot. http: //indramunawar. blogspot. com/2009/06/hasil-belajar-pengertiandan-definisi. html (diakses 2 September 2021).

Novianto, D., Dwikurnaningksih, Y., & Saputri, T. S. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Pembelajaran Tematik melalui Pendekatan Pembelajaran Saintifik Model Contextual Teaching and Learning. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 5(1), 6-16.

Purwanto, N. 2013. Evaluasi hasil belajar.Yogyakarta: Pustaka Pelajar Sabri, Ahmad. 2010. Strategi Belajar Mengajar & Micro Teaching. Jakarta: Penerbit Quantum Teaching.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yulizar. 2017. Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Subtema Keluarga Besarku Siswa KElas 1 SD Negeri 3 Banda Aceh. Serambi Akademika, 5(1), 75-84.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v7i3.3603

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.