PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER TANGGUNG JAWAB SAAT PEMBELAJARAN PADA SISWA SD KELAS IV
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru kelas dalam membentuk karakter tanggung jawab saat pembelajaran pada siswa SD kelas IV. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif kualitatif, digunakan peneliti objek yang alamiah, dimana peneliti sebagai instrumen, teknik pengumpulan data dilakukan secara gabungan serta analisis dan bersifat induktif/kualitatif sehinggah hasil penelitian kualitatif lebih bermakna. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara, teknik analisis data menggunakan Miles and Huberman, uji keabsahan data yaitu tringulasi sumber dan tringulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian serta hasil pembahasan disimpulkan bahwa peran guru dalam membentuk karakter tanggung jawab saat pembelajaran pada siswa SD Kelas IV yaitu berperan sebagai teladan, fasilitator dan motivator. Hal tersebut dilihat dari proses pengamatan di sekolah seperti, ketepatan guru saat datang ke sekolah, penggunaan kata yang baik serta sopan, guru menggunakan pakaian seragam sesuai jadwal, guru membimbing dan memotivasi siswa dalam proses pembelajaran. Dari penjelasan di atas, dapat dilihat bahwa guru sudah terlihat dalam membentuk karakter tanggung jawab pada diri siswa. Faktor pendukung guru dalam membentuk karakter tanggung jawab saat pembelajaran pada siswa sd kelas IV adalah : a) Adanya kontrol dan peran dari Kepala Sekolah secara langsung dengan terlibat langsung, b) Adanya peran aktif dari para guru, c), Kesadaran para siswa. Serta faktor penghambatnya yaitu a) Ligkungan keluarga yang kurang memberikan perhatian lebih serta kasih sayang kepada anaknya karena kesibukan masing-masing b) Adanya pengaruh lingkungan sekitar yang kurang bagus.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abubakar, R. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Suka-Press.
Ahmad, S., & Hodzay, Z. (2020). Profesi Kependidikan dan Keguruan. Yogyakarta:Deepublish.
Fitri, A. Z. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika diSekolah. Jakarta:Ar-Ruzz Media.
Haris, A. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 70.
Kesuma, D., Triatna, C., & Permana, J. (2013). Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Lickona, T. (2016). Educating For Character. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Muchtar, A. D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Jurnal Pendidikan, 53.
Mustari, M. (2014). Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Putri, D. P. (2022). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Dasar, 43.
Sa'adah, R. N., & Wahyu. (2020). Metode Penelitian R&N. Malang: Literasi Nusantra.
Sabri, H. A. (2010). Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. Ciputat:Quantum Learning.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v7i3.3510
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)
e-ISSN : 2477-8435
p-ISSN : 2477-5940
Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JPDI indexed by:
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.