PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS MITIGASI BENCANA PADA SISWA KELAS III SD

Vahrani Parastika Aulia, Maharani Oktavia, Kiki Aryaningrum

Abstract


Masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pengembangan media komik berbasis mitigasi bencana pada siswa kelas III SD yang valid dan praktis. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media komik berbasis mitigasi bencana pada siswa kelas III SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (R&D). Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analyze, design, development, implementation dan evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner (angket) dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif untuk memperoleh kevalidan dan kepraktisan dari produk yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kasil kevalidan yang telah dilakukan oleh validator ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi berdasarkan penilaian bahwa media komik berbasis mitigasi bencana yang dikembangkan dengan perolehan skor rata - rata mencapai 74,6% dengan kategori valid. Kepraktisan yang dilakukan dengan melakukan penilaian oleh siswa dengan melakukan uji coba one to one memperoleh skor 76% dan uji coba small group memperoleh skor 82,3% dengan kategori sangat praktis. Hasil penelitian ini dapat dikatakan bahwa media komik berbasis mitigasi bencana yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran pada siswa kelas III SD.


Keywords


Pengembangan Media Komik, Mitigasi Bencana, ADDIE

Full Text:

PDF

References


Basri, M., & Sumargono. (2018). Media Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Fadhli, A. (2019). Mitigasi Bencana. Yogyakarta: Penerbit Gaya Media.

Gresia, AF. 2016. Kajian Banjir Kawasan Sungai Musi Di Kota Palembang. Tesis, Program Studi S2 Teknik Pengelolaan Bencana Alam. UGM, Yogyakarta.

Hayudityas, B. (2020). Pentingnya Penerapan Mitigasi Bencana di Sekolah unttuk Mengetahui Kesiapsiagaan Peserta Didik. Jurnal Edukasi Nonformal, 94-102.

Hadiyanto, Darma & Putra (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash bermuatan Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 323-334.

Hermon, D. (2015). Geografi Bencana Alam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nasrullah, Y., Akbar, Z., & Supena, A. (2021). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Pemahaman Kesiapasiagaan Bencana Banjir Pada Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 832-843.

Puspasari, R & Suryaningsih, T. 2019. Pengembangan Buju Ajar Kompilasi Teori Graf Dengan Model ADDIE. Journal Of Medives: Jurnal Of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 137-152.

Riduwan. (2019). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sari, N. L., Disurya, R., & Aryaningrum, K. (2019). Pola Adaptasi Masyarakat Terhadap Bencana Banjir di Kecamatan Kalidoni Sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Palembang. Harmony, 4.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitaif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v7i3.3503

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.