ANALISIS KECENDERUNGAN GAYA BELAJAR SISWA KELAS V SD DITINJAU DARI ASPEK KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Rika Ermiyanti, Haris Rosdianto, sumarli sumarli

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecenderungan gaya belajar siswa kelas V SD dalam hal keterampilan berpikir kritis. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 4 Singkawang yang terdiri dari 3 siswa dengan kemampuan berpikir kritis tinggi, 3 siswa dengan kemampuan berpikir kritis sedang, dan 3 siswa dengan kemampuan berpikir kritis rendah untuk dilanjutkan ketahap wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa tes esai dan non tes berupa angket gaya belajar dan pedoman wawancara. Uji keabsahan data yang digunakan adalah uji kredibilitas data dengan cara triangulasi dan menggunakan bahan referensi. Teknik analisis data terdiri dari tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: siswa dengan kemampuan berpikir kritis tinggi memiliki kecenderungan gaya belajar auditori, siswa dengan kemampuan berpikir kritis sedang memiliki gaya belajar membaca/menulis, siswa dengan kemampuan berpikir kritis rendah memiliki kecenderungan gaya belajar auditori dan kinestetik.


Keywords


Kecenderungan Gaya Belajar VARK, Kemampuan Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Amir, F. M. (2015). Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Berbentuk Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Math Educator Nusantara, 1(2), 167-168.

DePorter, B dan Mike H. (2015). Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

DePorter, Bobbi & Hernacki Mike. (2010). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Devi, E. K., Sulistri, E., & Rosdianto, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (Pogil) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Hukum Archimedes. Konstan-Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika, 4(2), 77-78.

Doyan, A. (2019). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Model Perubahan Konseptual Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5 (1), 77-78.

Ennis, R. H. (2011). The Nature of Teacher’s Thingking Styles to Critical Thingking Dispositions (Istanbul - Fatih Sample). Educations Scrences: Theory & Practice. 13(1) 337-347.

Fitriyani. (2017). Gaya Belajar Siswa Yang Memiliki Nilai Akademik Tinggi dan Rendah Kelas VII SMPN 1 Colomadu Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah: Surakarta. Tidak Diterbitkan.

Kemala, I. F. (2021). Analisis Hots (High Order Thinking Skills) Pada Soal Subjektif Tes Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Kelas V SD Negeri 24 Kota Bengkulu. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Tadris. Institut Agama Islam Negeri: Bengkulu. Tidak Diterbitkan.

Kurniasih, A. W., (2013). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dalam Menggembangkan Keterampilan Mengajar Mahasiswa Calon Guru. Prosiding Seminar Nasional Matematika 2013. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Leasa, M., Batlolona, J. R., Enriquez, J. J., & Kurnazo, M.A. (2018). Determination 0f Student Learning Styles From The Gender Aspect. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (Edulearn), 478.

Murdani, E., and S. Sumarli. "Student learning by experiment method for analyzing the dynamic electrical circuit and its application in daily life." Journal of Physics: Conference Series. Vol. 1153. No. 1. IOP Publishing, 2019.

Nasution. (2011). Berbagai Pendekatan dalam proses Belajar Mengajar. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Permendiknas. (2007). Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Rahmayani, S. (2021). Profil Proses Berpikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Tipe Mst (Multiple Solution Task) Dibedakan Dari Gaya Belajar Vark. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel: Surabaya. Tidak Diterbitkan.

Riska. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Kelas VIII SMP BATARA GOWA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah: Makassar. Tidak Diterbitkan.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suradi, A. (2017). Studi Perbandingan Gaya Belajar Visual, Auditori, Dan Kinestetik Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pkn. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah: Magelang. Tidak Diterbitkan.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

VARK Learn Limited. (2021). VARK: A Guide to Learning Preferences. https://vark-learn-com/kuesioner-vark/. Diakses pada 21 Juni 2021.

Wijaya, C. (2010). “Pendidikan Remedial; Sarana Penggembangan Mutu Sumber daya Manusia”. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, p.72




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v7i3.3395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.