PENGUASAAN KONSEP MAHASISWA PGSD PADA MATERI EKOSISTEM MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN REAL LIFE VIDEO

Susy Amizera, Hartono Hartono, Elvira Destiansari, Nike Anggraini, Laihat Laihat, Lucia Maria Santoso

Abstract


Penguasaan konsep menjadi suatu permasalahan dalam kegiatan pembelajaran karena konsep materi yang didapatkan mahasiswa bukan berasal dari gagasan sendiri melainkan konsep yang didapat dari buku. Ekosistem merupakan salah satu materi pada pembelajaran IPA. Penguasaan konsep ekosistem dapat ditingkatkan melalui strategi pembelajaran kontekstual berbantuan real life video. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mengetahui penguasaan konsep  mahasiswa PGSD pada materi ekosistem melalui pembelajaran kontekstual berbantuan real life video, dan (2) mengetahui sikap mahasiswa saat pembelajaran kontekstual berbantuan real life video pada materi ekosistem. Penelitian ini menggunakan metode penelitian gabungan (mixed method) yang merupakan gabungan antara penelitian kuantitatif dan penelitian. Teknik pengumpulan data mengenai penguasaan konsep mahasiswa yaitu menggunakan desain one group pretest-posttest. Data kuantitatif diperoleh melalui test tertulis berupa soal–soal mengenai konsep ekosistem. Selanjutnya, data kualitatif diperoleh melalui instrument lembar observasi dan catatan lapangan. Teknik analisa data kuantitatif berupa hasil pre-test dan post-test menggunakan Uji Paired Sample T-Test. Selanjutnya, menggunakan N-Gain analisis untuk mengentahui peningkatan penguasaan konsep setiap sub materi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui terdapat perbedaan yang signifikan penguasaan konsep mahasiswa setelah melakasanakan pembelajaran dibandingkan sebelum melaksanakan pembelajaran. Selain itu, Peningkatan penguasaan konsep pada setiap sub materi berada pada kategori tinggi. Berkaitan dengan hal tersebut, melalui pembelajaran kontekstual berbantuan real life video partisipasi mahasiswa PGSD termasuk kategori sangat baik walaupun terdapat beberapa kendala signal dan perangkat saat pembelajaran dikarenakan sistem pembelajaran masih menggunakan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ). Dengan demikian pembelajaran kontekstual berbantuan real life video dapat menjadi salah satu media alternatif untuk meningkatkan konsep ekosistem dalam pembelajaran daring.

Keywords


penguasaan konsep; pembelajaran konstekstual; ekosistem

Full Text:

PDF

References


J. Fitri, S. Sa’adah, and I. R. Yusup, “Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Ekosistem Melalui Penerapan Model Problem Posing Learning Berbasis Dongeng Sains (Ppl-Ds),” J. Progr. Stud. Pendidik. Biol. Februari, vol. 09, no. 01, pp. 63–70, 2019, [Online]. Available: www.ftkuinsgd.ac.id.

Kisworo, S. Ngabekti, and D. R. Indriyanti, “Faktor Determinan dari Guru dalam Implementasi Pembelajaran IPA Terpadu Tingkat SMP di Wonosobo,” J. Innov. Sci. Educ., vol. 6, no. 2, pp. 179–185, 2017.

N. D. H. Sitanggang and Y. Yulistiana, “Peningkatan Hasil Belajar Ekosistem melalui Penggunaan Laboratorium Alam,” Form. J. Ilm. Pendidik. MIPA, vol. 5, no. 2, pp. 156–167, 2015, doi: 10.30998/formatif.v5i2.335.

A. Fairuzabadi, T. Prihandono, and P. D. A. Putra, “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Video Berbasis Kontekstual Dalam,” J. Pembelajaran Fis., vol. 6, no. 1, pp. 100–106, 2012.

J. W. Creswell, Research Design : Qualitative, Quantitative and Mixed Method Approach, Third. Los Angeles: SAGE Publications, 2010.

I. Rosadi, T. Jalmo, and B. Yolida, “Pengaruh Audio Visual Terhadap Penguasaan Konsep pada Materi Peristiwa Alam dan Dampaknya,” Bioterdidik, vol. 3, no. 2, pp. 5–14, 2015.

N. W. Sukerti, “Penerapan Video Pembelajaran Ekosistem Mangrove Berbasis Komtal Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Ekosistem Siswa Tunarungu,” Quantum J. Inov. Pendidik. Sains, vol. 10, no. 2, p. 172, 2019, doi: 10.20527/quantum.v10i2.6937.

U. S. Sastramiharja, L. Nathanael, R. W. P. Sari, and F. Kusriani, “Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik,” Edutech, vol. 20, no. 1, pp. 72–86, 2021, [Online]. Available:https://ejournal.upi.edu/index.php/edutech/article/view/30997.

I. K. Sadiqin, M. Istyadji, and A. Winarti, “Mengoptimalkan Potensi Otak Kanan Siswa dalam Pembelajaran Kimia,” J. Inov. Pendidik. Sains, vol. 8, no. 1, pp. 27–35, 2017.

K. Fatikasari, “Efektivitas Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Iis Sma,” J. Pendidik. Khatulistiwa, vol. 10, no. 2, pp. 1–9, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/27584/75676577902.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v7i2.3307

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.