PENDIDIKAN MULTIKULTURAL SEKOLAH DASAR DI MASA PANDEMI
Abstract
Abstrak. Pandemi virus corona telah menjadi masalah sosial bagi kehidupan individu karena mempengaruhi semua bagian dari masalah ekonomi, budaya, politik dan pendidikan. Tinjauan ini diharapkan dapat mengungkap sejauh mana pengajaran multikultural diterapkan di sekolah dasar (SD) dengan menjelaskan implementasi pendidikan multikultural di sekolah dasar selama masa pandemi. Metode analisis dalam tinjauan ini menggunakan teknik studi kepustakaan/library study. Pengajaran multikultural di sekolah dasar (SD) pada dasarnya memiliki sifat dasar dan komprehensif, yang mengandung makna harus diciptakan. Pengajaran multikultural di sekolah dasar dibundel tergantung pada cara hidup dan karakter negara. Pelatihan multikultural diharapkan dapat membentuk cara pandang, praktik dan pertimbangan yang lebih jauh jangkauannya bagi mahasiswa dalam berbagai kajian, sehingga memiliki pilihan untuk mendorong resiliensi. Pembelajaran multikultural dapat menyebabkan siswa memperoleh keragaman dan dapat menumbuhkan rasa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aeni, K., & Astuti, T. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Multikultural Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 178–186. https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4479
Agus Munadlir. (2016). STRATEGI SEKOLAH DALAM PENDIDIKAN MULTIKULTURAL. 2(Jurnal Pendidikan Dasar), 17.
Akhmadi, A. (2019). Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia Religious Moderation in Indonesia ’ S Diversity. Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 45–55.
Bahri, S. (2020). Filsafat Pendidikan. Istiqra’: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, July.
Daulay, H., Umatin, K., Musyrifin, Z., & Dkk. (2020). Covid-19 Dan Transformasi Keberagamaan. In Digilib.Uin-Suka.Ac.Id. http://digilib.uin-suka.ac.id/41488/1/COVID-19 DAN TRANFORMASI KEBERAGAMAN.pdf
Dewantoro, K. H. (2007). Konsep Pendidikan Berbasis Multikultural. 683–693.
Fay, D. L. (2017). ENDIDIKAN MULTIKULTURAL SEKOLAH DASAR DI WILAYAH 3T. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(April).
Hafid, A. (2020). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MASYARAKAT TRANSISI : Studi Interaksi Nilai Agama dan Budaya di Batam. 1–258. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/54457/1/ABD. HAFID - SPs.pdf
Hanum, F. (2015). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PLURALISME BANGSA. 18, 22. https://doi.org/10.4324/9781003071204-12
Hidayat, R., Ag, S., & Pd, M. (2019). Buku Ilmu Pendidikan Rahmat Hidayat & Abdillah (A. dan C. Wijaya (ed.)). Penerbit Buku Umum dan Perguruan Tinggi (LPPI). http://repository.uinsu.ac.id/8064/1/Buku Ilmu Pendidikan Rahmat Hidayat %26 Abdillah.pdf
Khairiah. (2020). MULTIKULTURAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM (SIRAJUDDIN (ed.)). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu Alhamdulillah,.
Kristiawan, M. (2019). Analisis Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. In UPP FKIP Univ. Bengkulu (Issue February).
Melfianora. (2019). Penulisan Karya Tulis Ilmiah dengan Studi Literatur. Open Science Framework, 1–3. osf.io/efmc2
Meriyati. (2015). MEMAHAMI KARAKTERISTIK ANAK DIDIK (Cetakan Pe). Fakta Press lAIN Raden lntan Lampung.
Mubit, R. (2016). Peran Agama Dalam Multikulturalisme Masyarakat Indonesia. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 11(1), 163–184. https://doi.org/10.21274/epis.2016.11.1.163-184
Muslimin. (2012). Pendidikan Multikultural sebagai Perekat Budaya Nusantara: Menuju Indonesia yang Lebih Baik. Prosiding Seminar Internasional Multikultural & Globalisasi, 7, 87–94. https://repository.ung.ac.id/get/simlit_res/4/46/Pendidikan_Multikultural_Sebagai_Perekat_Budaya_Nusantara__Menuju_Indonesia_yang_Lebih_Baik.pdf
Mustam, A. (2015). Pendidikan Berprespektif Gender Dan Multikultural. Jurnal AL-Maiyyah, 8(1), 135–159. http://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/almaiyah/article/view/319
Musyarofah. (2016). INTERNALISASI PESAN MULTIKULTURAL PADA ORGANISASI PESANTREN PUTRI STAIN JEMBER Musyarofah. 1.
Muthohar, A. (2017). PADA SEKOLAH ISLAM DI KOTA WALI ( Studi Kasus di Madrasah Aliyah Negeri Demak ) SKRIPSI.
Nadziroh. (2014). Pentingnya Pembelajaran Multikultural pada Pendidikan Sekolah Dasar. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 1(1), 63–68. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/article/download/4479/2123
Nazara, S., Duncan, A., Kenji, K., Comini, D., Shimomura, N., Yumna, A., Yulaswati, V., Alatas, V., & Anas, T. (2021). Analisis Dampak Sosial dan Ekonomi Pandemi terhadap Rumah Tangga di Indonesia. SMERU Research Institute. https://smeru.or.id/id/content/analisis-dampak-sosial-dan-ekonomi-pandemi-terhadap-rumah-tangga-di-indonesia
Nurhayati, E., & Nurhidayah, Y. (2019). Dalam Menangkal Sikap Dan Perilaku Radikalisme Santeri Di Pondok Pesantren Al-Mizan Majalengka.
Pengelola Web Direktorat SMP. (2021). Indahnya Keberagaman dan Pentingnya Toleransi di Indonesia. Https://Ditsmp.Kemdikbud.Go.Id/.
Permadi, H. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Transformatika, Volume 9, No. 2, Januari 2012 : 72 – 78, September, 72–78.
Prosiding. (2016). Revolusi Mental : Pendidikan Budi Pekerti di Sekolah Dasar (T. Siti Anafiah, Ayu Rahayu, Nelly Rhosyida, M. Pd Octavian Muning Sayekti (ed.)). Fairus Media.
Pupuh, F. (2018). Pendekatan Metode, dan Teknik dalam Pembelajaran Bahasa. 2(1), 12.
Rahmad Hidayat, B. and E. M. (n.d.). Pendidikan Resolusi Konflik Melalui Pembelajaran Multikultural Pada Pendidikan Formal. 5(1), 24–35.
Retnasari, L. (2018). Strategi Pendidikan Multikultural Sebagai Upaya Mencegah Radikalisme Di Era Globalisasi. Mengembangkan Kompetensi Pendidik Dalam Menghadapi Era Disrupsi" Kerjasama PGSD - POR UMS, 4–5.
Rustam Ibrahim. (2013). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL: Pengertian, Prinsip, dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Addin, 7(1), 129–154. http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Addin/article/view/573%0Ahttp://dx.doi.org/10.21043/addin.v7i1.573
Sudrajat, S. (2015). Pendidikan Multikultural Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Jipsindo, 1(1), 1–19. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v1i1.2874
Suharwoto, G. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19, Tantangan yang Mendewasakan. Https://Pusdatin.Kemdikbud.Go.Id/. https://pusdatin.kemdikbud.go.id/pembelajaran-online-di-tengah-pandemi-covid-19-tantangan-yang-mendewasakan/
Suprapti, R. (2018). DI SD NEGERI PALIYAN I GUNUNGKIDUL Rohmi Suprapti T E S I S PROGRAM PASCASARJANA FAKULTAS ILMU AGAMA ISLAM UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Untuk memenuhi salah satu syarat guna Memperoleh Gelar Magister Pendidikan YOGYAKARTA. UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA.
Supriatin, A., & Nasution, A. R. (2017). Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Praktik Pendidikan Di Indonesia. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 1. https://doi.org/10.32332/elementary.v3i1.785
Syofyan, H., & Yuliati. (2017). Pengaruh Gaya Belajar Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Ipa Mahasiswa Pgsd Universitas Esa Unggul. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu &Call for Papers Unisbank Ke-3, 3(Sendi_U 3), 779–788. https://digilib.esaunggul.ac.id/pengaruh-gaya-belajar-dan-motivasi-berprestasi-terhadap-hasil-belajar-ipa-mahasiswa-pgsd-universitas-esa-unggul-10102.html
Tapung, M. M. (2016). Pendidikan multikultural dan relevansinya bagi penguatan nasionalisme bangsa indonesia. Wawasan Kesehatan, 1(1), 60–87. https://stikessantupaulus.e-journal.id/JWK/article/view/16
Tirtoni, F. (2016). Pembelajaran Pkn Di Sekolah Dasar (E. Pradana (ed.)). Penerbit Buku Baik.
Tuasikal, P. (2021). Peran Pendidikan Multiculturalisme Dalam Mencegah Culture Shock Di Era Pandemic Covid 19. Jurnal Kalacakra: Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(1), 42. https://doi.org/10.31002/kalacakra.v2i1.3535
Universitas Negeri surabaya. (2020). Seminar Nasional 2020 "Penguatan Pendidikan Karakter Pada Era Merdeka Belajar (M. P. Olievia Prabandini Mulyana, M.Psi., Psikolog. Yohana Wuri Satwika, M.Psi., Psikolog. Bambang Dibyo Wiyono, S.Pd. (ed.); Issue July). Universitas Negeri Surabaya.
Universitas Riau. (2020). Educational Community and Cultural Diversity (M. S. S. A. D. A. N. S. A. R. A. M. H. M. Yasin (ed.); Issue March). Universitas Riau Press.
Utami, L. H. (2020). Bersyukur dan Resiliensi Akademik Mahasiswa. Nathiqiyyah: Jurnal Psikologi Islam, 3(1), 1–21. https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Nathiqiyyah/article/view/69
Watoni, M. S. (2019). Integritas Pendidikan Multikultural dalam Implementasi Kurikulum 2013. As-Sabiqun, 1(1), 142–162. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v1i1.343
Yuberti. (2014). Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pendidikan.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v7i2.3052
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)
e-ISSN : 2477-8435
p-ISSN : 2477-5940
Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JPDI indexed by:
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.