Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi Cerita Pendek Menggunakan Pendekatan Kontekstual pada Mahasiswa PGSD FKIP Untan

Siti Halidjah

Abstract


Tujuan umum dari penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan mengapresiasi cerita pendek menggunakan pendekatan kontekstual pada mahasiswa PGSD FKIP Untan. Penelitian yang dilakukan menggunakan bentuk rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester 3. Proses penelitian dalam bentuk siklus, diawali perencanaan, tindakan rencana, observasi, kemudian refleksi. Instrumen pengumpul data berupa lembar observasi dan dokumen hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan tahapan pengumpulan data, reduksi, penyajian, dilanjutkan dengan penarikan simpulan. Hasil penelitian didapat bahwa penggunaan pendekatan konstekstual dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa mengapresiasi cerita pendek. Peningkatan ini terlihat pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian.

Full Text:

PDF

References


Al Tabany, T. I. B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/KTI). Jakarta: Prenadamedia Group.

Aminuddin. (2009). Pengantar Apresiasi Sastra Indonesia.

Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Fahrana, Husna, Awiria dan Muttaqien, N. (2019).

Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Harapan Cerdas.

Gasong, D. (2019). Apresiasi Sastra Indonesia.

Yogyakarta: Deepublish.

Ismayani, M. (2013). Teknik Bermain Peran dalam Pembelajaran Apresiasi Cerpen. Semantik STKIP Siliwangi, 2(1), 42–51. http://e- journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/semantik/articl e/viewFile/435/304

Johnson, E. B. (2007). Contextual Teaching & Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar

Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Mizan

Learning Center (MIC).

Mu’alimin dan Cahyadi, R. A. H. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Sidoarjo: Ganding Pustaka.

Muslich, M. (2007). Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Malang: Bumi Aksara.

Nurdyansyah dan Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model

Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center. Nurgiyantoro, B. (2019). Teori Pengkajian Fiksi.

Yogyakarta: UGM Press.

Sani, R. A. (2016). Penilaian Autentik. Jakarta: Bumi

Aksara.

Sirait, R. (2019). Pendekatan Kontekstual sebagai Upaya

Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas IX C SMP Xaverius 2 Jambi dalam Mengapresiasi Cerita Pendek. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 19(2), 309–314. http://ji.unbari.ac.id/index.php/ilmiah/article/view/64

/544

Sumiati. (2020). Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia:

Unsur-Unsur Pembangun Cerpen. Jakarta: Kemendikbud.

Wardoyo, S. M. (2013). Pembelajaran Konstruktivisme.

Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v7i1.2927

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.