PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUICK ON THE DRAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

Dina Anika Marhayani, Siti Nurani, Mertika Mertika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengaruh hasil belajar IPS antara kelas yang menggunakan model pembelajaran quick on the draw dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung peserta didik kelas IV MI Ushuluddin Singkawang; 2) Mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran quick on the draw terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas IV MI Ushuluddin Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah true experimental design dengan bentuk posttest only control group. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan terpilih IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran quick on the draw dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t dua sampel untuk mengetahui perbedaan dari kedua kelas dan selanjutnya menggunakan rumus effect size untuk melihat seberapa besarapa besar pengaruh model pembelajaran yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh antara kelas yang menggunakan model pembelajaran quick on the draw dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung, jika dilihat dari hasil perhitungan terhadap hasil belajar kelas eksperimen dengan menggunakan uji T  dua sampel menunjukkan bahwa thitung = 3,1706 > ttabel = 2,0048 dengan taraf signifikan 5%, artinya  Ha diterima dan Ho ditolak; (2) model pembelajaran quick on the draw berpengaruh tinggi terhadap  hasil belajar IPS peserta didik dengan menggunakan rumus effect size dengan nilai 1,23.


Keywords


Model pembelajaran quick on the draw, Hasil belajar IPS

Full Text:

PDF

References


Anderson. (2010). Teknik Pengukuran Hasil Belajar. Sleman: Deepublish.

Masikem, dkk. (2016). The Implementation Of Cooperative Learning Model Thalking Chips and Quick On The Draw To Enhancem Motivation and Social Studies Learning Outcome. JOSR-JRME, 3.

Sardjiyo. (2014). Pendidikan IPS di SD. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Siska, Y. (2016). Konsep Dasar IPS Untuk SD/MI. Yogyakarta: Garudhawacana.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualiitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumantri, M. S. (2016). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Susanto, A. (2019). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v7i1.2492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.