Meta Analisis Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SD

Maria Risna Uly Naibaho, Elvira Radia Hoesein

Abstract


Penggunaan  model  discovery  learning  membawa  banyak pengaruh dalam dunia pendidikan bagi guru,  salah  satunya  pada  hasil belajar IPA siswa SD.  Hasil  tersebut  dapat  dilihat  dari hasil  beberapa penelitian. Penelitian-penelitian yang telah membuktikan serta menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar setelah menggunakan model discovery learning, maka fokus penelitian ini yaitu apakah  penggunaan  model  discovery  learning  dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa SD. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kembali penggunaan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa SD dengan merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis dan merumuskan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan metode meta analisis yang merangkum dari berbagai hasil penelitian dengan studi dokumen data penelitian dari jurnal terkait penggunaan model discovery learning yang dipublikasikan di jurnal Nasional. Teknik pengumpulan data dengan  menggunakan non tes yaitu dengan menelusuri jurnal elektronik melalui Google Cendekia dan Google Scholar serta studi dokumentasi di perpustakaan. Dari hasil penelusuran diperoleh 9 artikel serta 3 skripsi yang terkait dengan model discovery learning. Hasil uji tsig.(2-tailed) (0,000) < α (0,05) dan  thitung  =  -13,566 <ttabel =1.78229 sehingga  Ho di tolak. Hasil analisis ternyata model discovery learning mampu meningkatkan hasil belajar IPA siswa mulai dari yang terendah 22% sampai yang tertinggi 55% dengan rata-rata 34%. Dari perhitungan effect size terhadap 9 artikel serta 3 skripsi yang telah di analisis dihasilkan effect size rata-rata sebesar 4,73. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa model discovery learning sangat  berpengaruh  positif  terhadap hasil belajar IPA siswa.


Keywords


discovery learning; hasil belajar IPA

Full Text:

PDF

References


Sani, R, A. (2014). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: BumiAksara.

Kristin, F. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa 2, ( 1), 90-98.

Purwasari, Y. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Perubahan Kenampakkan Permukaan Bumi dan Benda Langit Melalui Peta Pikiran pada Anak Kesulitan Belajar Kelas IV SD 13 Balai-Balai Kota Padang Panjang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. 1 (1): 536-548.

D. Indriati S, C, P. (2012). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Konsep Cahaya Melalui Pembelajaran Science-Edutainment Berbantuan Media Animasi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 1 (2): 192-197.

Mariana, A, M, I & Praginda, W. (2009). Hakikat IPA dan Pendidikan IPA Untuk Guru SD. Bandung: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan IPA (PPPPTK IPA).

Santiasih, N, L. Marheani, A, A, I, N & Tika, I, N. (2013). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA Peserta didik Kelas V SD No.1 Kerobokan Kecamatan Kuta Utara Kabupaten Bandung Tahun Pelajaraan 2013/2014. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia , 1(1).

Astuti, S. (2017) Supervisi Akademik Untuk Menigkatkan Kompetensi Guru di SD Laboratorium UKSW Scholaria, 7 (1),: 49 – 59.

Sagala, S. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung : Alfabeta.

Mawardi. (2018). Merancang Model dan Media Pembelajaran. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(1), 28 & 40.

Istarani. (2011). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Anugraheni, I. (2018).Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Di Sekolah Dasar [A Meta-Analysis Of Problem Based Learning Models In Increasing Critical Thinking Skills In Elementary Schools]. Jurnal Polyglot, 14,(1), 9-18.

Arindah, A. (2016). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2)

Yupita, I, A. (2013). Penerapan model pembelajaran discovery untuk meningkatkan hasil belajar IPS di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-10

Sibuea, S, K. Syaukani & Nasution, W, N. (2019). Penerapan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Darul Hikmah TPI Medan. Edu-Riligia 3 (3), 386-393.

Effendi, S & Tukiran. (2012). Metode Penelitian Survei. Jakarta : LP3ES.

Rohim, F. Susanto, H & Ellianawati. (2012). Penerapan Model Discovery Terbimbing pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Unnes Physics Education Journal. 1 (1): 1-5.

Vahlia, I. (2014). Ekperimentasi Model Pembelajaran Discovery dan Group Investigation terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kreativitas Siswa: Aksioma. 3 (2): 43-54.

Ilahi, M, T & Sawitri, N. (2012). Pembelajaran Discovery Strategi & Mental Vocational Skill. Jogjakarta: Diva Press.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia

Sinambela, P, NJM. (2017). Kurikulum 2013 dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Generasi Kampus, 6 (2).

Mubarok, C & Sulistyo, E. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Discovey Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TAV Pada Standar Kompetensi Melakukan Instalasi Sound System Di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3, 215 – 221.

Siahaan, F, B. (2017). Application of Discovery Learning Model for Solving System of Linear Equations Using Geo Gebra. International Journal of Applied Engineering Research, 12(19), 9195-9198

Noviyanto, W, Y & Wardani, N, S (2020) Meta Analisis Pengaruh Pendekatan Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Tematik Muatan IPA. TSCJ, 3(1), hal 2615-6105.

Roestiyah, N, K. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Puspitadewi, R. Saputro, A, N, C & Ashadi. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI MIA 3 Semester Genap SMA N 1 Teras Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia, Universitas Sebelas Maret. Volume 5,(4), hal.115.

Atmojo, S, E. (2014). Pembelajaran IPA Berbasis Konseling Untuk Membentuk Pemahaman Tentang Pubertas Pada Siswa Sekolah Dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v6i1.2290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6285393531008

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.