Pemanfaatan Pustaka Digital dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca ermulaan Siswa Sekolah Dasar

Agustinus Toding Bua

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas digunakan untuk memperbaiki proses dan hasil dalam pembelajaran. Penelitian ini terdiri atas 3 langkah yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan dan observasi, serta (3) refleksi. Penelitian ini dilakukan berdasarkan masalah yang ditemukan bahwa kurangnya kemampuan membaca permulaan siswa dan kurangnya ketersediaan buku bacaan yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran membaca. Oleh karena itu, peneliti ingin memberikan solusi dengan menggunakan pustaka digital sebagai salah satu alternatif untuk menyediakan sumber bacaan bagi siswa dengan pilihan yang beragam dan sesuai dengan perjenjangan. Penggunakan pustaka digital ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi siswa kelas awal di SDN 007 Tarakan


Keywords


Pustaka digital, kemampuan membaca , siswa kelas awal, literasi

Full Text:

PDF

References


Bua, Mety Toding., Santoso, Anang., Hasanah, Muakibatul. 2016. Analisis Minat Membaca Permulaan dengan Cerita Bergambar di Kelas 1 Sekolah Dasar. E-Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, Volume: 1 Nomor: 9 Bulan September Tahun 2016, Halaman: 1749—1752.

Chisenya, Justine. 2003. Digital libraries and virtual libraries: definition concepts and goalds {versi elektronik}paepr present at worksop on technical aspects of bulding digital and electronic information networks addis abda. United nations economic commission for africam(UNECA).

Dalman. 2014. Keterampilan Membaca. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Kusmintardjo. 1992. Pengelolaan Layanan Khusus di Sekolah (Jilid II). Malang: IKIP Malang.

Kusumah, W., & Dwitagama, D. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Indeks.

Maksum, A. 2012. Metodologi Penelitian. Penerbit: Unesa University Press.

Rahmawati. 2017. Strategi Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan Melalui Media Bergambar. E-Jurnal SA Vol. 1 No. 3 https://journal.lppmunindra.ac.id/. Diakses tanggal 24 April 2019.

Saleh, Abdul Rahman. 2014. Pengembangan Perpustakaan Digital. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka.

Sukoco. 2018. Literasi, Perkembangan Baru di Dunia Pendidikan di Kabupaten Bulungan. BMJ (Internet). (diunduh 2018 Maret 10); Tersedia pada: http://regional.kompas.com.

Widayanti, Yuyun. 2015. Pengelolaan Perpustakaan Digital. E-Jurnal Perpustakaan Vol.3 No.1 Tahun 2015, http://journal.stainkudus.ac.id/. Diakses tanggal 25 April 2019.

Widiyati, E. 2013. Peningkatan Minat dan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Media Buku Cerita Binatang dan Permainan Bahasa Siswa Kelas II SD Plus Al-Anwar Pacul Gowang Jombang. Tesis. Tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v6i1.2285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6285347441263

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.