PEMENUHAN ASPEK AFEKTIF PADA MASA PANDEMI COVID-19 SISWA KELAS 6 SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH MELALUI TEKNIK ASINKRONUS YANG DIDAHULUI DENGAN KOMITMEN BELAJAR
Abstract
Dampak pandemic covid-19 dalam dunia pendidikan di Indonesia sangat luar biasa. Pembelajaran online yang semula banyak ditolak penerapannya, saat ini justru mendapatkan pembenaran. Keraguan terhadap pembelajaran online bahwa pembelajaran online hanya bermakna untuk pengembangan kognitif. Penelitian ini justru membantah asumsi tersebut, bahwa dengan pembelajaran online bisa juga mengembangkan aspek afektif siswa. Penggalian data melalui angket terhadap orang tua siswa, wawancara dengan guru, serta observasi terhadap kegiatan yang dilakukan siswa. Analisis data dimulai dengan reduksi data dalam bentuk pengolahan data responden yang berupa data ordinal menjadi data interval dengan methode succeesive interval. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik dari respon orang tua maupun siswa sangat positif. Sebagai contoh siswa yang semula masih bersikap lambat dan negatif sebanyak 60%, setelah mengikuti pembelajaran jarak jauh yang didahului dengan komitmen belajar, menjadi sekitar 30% siswa yang masih berperilaku negative. Studi ini menemukan keberhasilan sebagaimana yang telah dikemukakan di atas yaitu dalam perubahan sikap siswa yang menjadi lebih baik walaupun pembelajaran jarak jauh dilaksanakan secara asinkronus. Kajian ini memperlihatkan adanya masalah yang perlu diselesaikan yaitu mengefektifkan dan mengefisienkan pembelajaran jarak jauh dalam mencapai kompetensi siswa baik kognitif, afektif, maupun psikomotor. Namun demikian, penelitian ini masih memiliki keterbatasan karena itu, masih dibutuhkan penelitian lanjutan untuk melengkapi dan meningkatkan akurasi dan signifikansi sehingga bisa digeneralisasikan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, I. (2017). DI BAWAH BAYANG-BAYANG MEDIA:Kodifikasi, Divergensi, dan Kooptasi Agama di Era Internet. Sabda, 12, 116–121.
Amini, M., Mayangsari, M. D., Zwagery, V., Psikologi, P. S., Kedokteran, F., Mangkurat, U. L., … Selatan, K. (2019). TUGAS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PSIKOLOGI THE RELATIONSHIP BETWEEN1SELF6DIRECTED LEARNING AND TASK COMMITMENT AMONG PSYCHOLOGY STUDENT, 2, 149–152.
Arbaa, R., Jamil, H., & Razak, N. A. (2010). Hubungan Guru-Pelajar dan Kaitannya dengan Komitmen Belajar Pelajar : Adakah Guru Berkualiti Menghasilkan Perbezaan Pembelajaran antara Jantina Pelajar ? Jurnal Pendidikan Malaysia, 35(2), 61–69.
Balitbangperbukuan. (2020). KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PELAJARAN PADA DASAR , DAN PENDIDIKAN MENENGAH BERBENTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS UNTUK KONDISI KHUSUS KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PELAJARAN PADA KURIKULUM 2013. Kemdikbud.
Baroroh, R. U. (2004). PROSES BELAJAR MENGAJAR DAN APLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. UIN Kalijaga.
Carolan, C., Davies, C. L., Crookes, P., Mcghee, S., & Roxburgh, M. (2020). Nurse Education in Practice Guest Editorial education. Nurse Education in Practice, 46(May), 102807. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2020.102807
Chertoff, J. D., Zarzour, J. G., Morgan, D. E., Lewis, P. J., Canon, C. L., & Harvey, J. A. (2020). The Early Influence and Effects of the COVID-19 Pandemic on Resident Education and Adaptations. Journal of the American College of Radiology. https://doi.org/10.1016/j.jacr.2020.07.022
Darna, N., Herlina, E., Tetap, D., Studi, P., Fakultas, M., Universitas, E., & Ciamis, G. (2018). Memilih metode penelitian yang tepat: bagi penelitian bidang ilmu manajemen, 5(April), 287–292.
Farisi, M. I. (2020). Karakter dan pengembangannya dalam sistem pendidikan jarak jauh. FKIP UT, (107).
Gazali, E. (2018). KENDALA PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( FENOMENOLOGI KOMUNITAS HOMESCHOOLING. Pascasaraja Universitas Prof. Dr. Moestopo, V(1), 10–31.
Hackett, R. I. J. (2006). Religion and the Internet. ISSN 0392-1921, 67–76. https://doi.org/10.1177/0392192106069015
Hakim, A. R. (2016). Prestasi belajar matematika ditinjau dari sikap dan komitmen diri peserta didik pada pelajaran matematika. JKPM Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, 02(01), 24–36.
Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2016). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH MELALUI KETELADANAN DAN PEMBIASAAN, (September), 25–29. Retrieved from https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPDI/article/view/262
Holotescu, C., Grosseck, G., & Danciu, E. (2014). Educational digital stories in 140 characters : towards a typology of micro-blog storytelling in academic courses. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 4301–4305. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.936
Husna, A. Y. (2016). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Komputer dan Internet oleh Guru PAI SMPN 1 Gondang. Disertasi IAIN Tulung Agung, 66–117.
Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru : Hambatan, Solusi, dan Proyeksi. LPPM UIN SGD.
Janie, D. N. A. (2012). S t a t i s t i k d e s k r i p t i f & r e g r e s i l i n i e r b e r g a n d a d e n g a n SPSS (Dr. Hj. Ar). Semarang: Semarang University Press.
Kruger, O. (2005). Discovering the invisible internet. Heidelberg Journal of Religions on the Internet, 1, 75–76.
Kumar, P., Dawman, L., Panda, P., & Kumar, I. (2020). Seizure : European Journal of Epilepsy Feasibility and e ff ectiveness of teleconsultation in children with epilepsy amidst the ongoing COVID-19 pandemic in a resource-limited country. Seizure: European Journal of Epilepsy, 81(July), 29–35. https://doi.org/10.1016/j.seizure.2020.07.013
Lestari, S. W. (2020). Kendala pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dalam masa pandemi ditinjau dari media pembelajaran. Pendidikan Vokasi UNJ.
Rahmawati, S. D. (2009). KENDALA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH MELALUI INTERNET PADA MAHASISWA PJJ S1 PGSD UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Unnes Semarang.
Rosdiana, D. (2013). PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN KOMITMEN MENGAJAR TERHADAP EFEKTIVITAS PROSES PEMBELAJARAN SERTA IMPLIKASINYA PADA HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI Dian Rosdiana. Jurnal Penelitian LPPM UPI, 2.
Sarwono, J. (2016). Mengubah data ordinal ke data interval dengan metode suksesif interval (MSI), 250–259. Retrieved from . jonwthansarwono. info/teori%5C_spss/msi
Setiawan, A. R. (2020). Lembar Kegiatan Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19), 2(1), 28–36.
Soendari, T. (2010). Metode Penelitian Deskriptf.
Solimun, Fernandes, A. A. R., & Arisoesilaningsih, E. (2017). The efficiency of parameter estimation of latent path analysis using summated rating scale ( SRS ) and method of successive interval ( MSI ) for transformation of score to scale, 020028.
Sugiono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung, 2007. Retrieved from Alfabeta, Bandung
Vu, C., Hoang, A., & Than, V. (2020). Dataset of Vietnamese teachers ’ perspectives and perceived support during the COVID-19 pandemic, 31. https://doi.org/10.1016/j.dib.2020.105788
Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di TK selama Pembelajaran Daring saat Pandemi Covid-19 Abstrak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452–462. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v5i2.2125
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)
e-ISSN : 2477-8435
p-ISSN : 2477-5940
Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JPDI indexed by:
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.