Peningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Jaring-Jaring Bangun Ruang Melalui Penerapan Scientific Approach Kelas V Semester 2 Di SDN 6 Dawuhan Situbondo Tahun Ajaran 2013/2014

Nuris Hidayat

Abstract


Tujuan pembelajaran matematika yaitu menumbuhkan kemampuan berpikir kritis. Proses pembelajaran terdapat beberapa persoalan yang berkembang terutama mengenai mencapai tujuan pembelajaran diantaranya yaitu ketika ada siswa yang mengerjakan soal di papan tulis, ditemukan beberapa kesalahan dalam proses pengerjaan dan jawaban akhir tersebut benar, siswa lain kurang cermat dalam mengamati hanya melihat hasil akhir. Pembelajaran juga masih terpusat pada guru sehingga berpenaruh pada proses berpikir krits dan hasil belajar siswa (nilai ulangan harian) masih rendah. Tempat dan waktu penelitian yaitu di SDN 6 Dawuhan Situbondo. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 6 Dawuhan Situbondo berjumlah 35 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart, satu siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Sedangkan proses analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif persentase aktivitas guru, berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Pada kemampuan kritis pada tahap siklus 1 sebesar 63% sebanyak 22 siswa yang tuntas dalam mengerjakan kuis. Pada tahap siklus 2 sebesar 83% sebanyak 29 siswa yang tuntas dalam mengerjakan kuis. Sedangkan pada hasil belajar tahap pretest sebesar 45% sebanyak 16 siswa yang tuntas. Pada siklus 1, hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 68% sebanyak 24 siswa yang tuntas belajar dalam ulangan harian. Pada siklus 2, hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 89% sebanyak 31 siswa yang tuntas. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa Scientific Approach dapat meningkatkan berpikir kritis dan hasil belajar siswa materi Jaring-jaring Bangun Ruang kelas V SDN 6 Dawuhan Situbondo.


Full Text:

PDF

References


Apriyani. 2010. "Penerapan Model Learning Cycle "5e" Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMPN 2 Sanden Kelas Viii Pada Pokok Bahasan Prisma Dan Limas". Tidak diterbitkan. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Fety. 2011. "Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran (Ap) Smk Negeri 1 Depok Pada Pembelajaran Matematika Dengan Metode Problem Posing Tipe Presolution Posing". Tidak diterbitkan. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Fachrurazi.2011 ."Penerapan Pembelajaran Berbasis Masala Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar". Jurnal. Diakses pada tanggal 2 Januari 2014. Http: //Jurnal.Upi.Edu/File/8 -Fachrurazi.Pdf

Hariyanti. 2010. " Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas Vii C Smp Negeri 2 Depok Sleman Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Investigasi". Tidak diterbitkan. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Kemendikbud. 2013. "Kurikulum 2013 Kompetensi Dasar Sd". Diakses pada tanggal 4 Januari 2014. Http://Www.Pendidikan-Diy.Go.Id/File/Mendiknas/Kurik ulum-2013 -Kompetensi-Dasar-Sd-Ver-3-3-2013.Pdf

Putu. 2011. "Pengaruh Lingkungan Sekitar Sebai Media Pembelajaran IPA dan Motivasi BerprestasiTerhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SD Kelas V Gugus IV Gerokdak". Tidak diterbitkan. Tesis. Bali: PPS UNDIKSA.

Rosnawati. 2012. "Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Matematika Untuk Mendukung Pembentukan Karakter Siswa". Jurnal. Diakses pada tanggal 2 Januari 2014. Http://Staff.Uny.Ac.Id/Sites/Def ault/Files/Penelitian/R.%20rosna wati,%20dra.%20m.Si./Makalah An Rosnawati Uny 29 Juni 2012 Apload.Pdf

Rahmita. 2013. "Penerapan Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran Matematika Smp Kelas Vii Materi Bilangan (Pecahan)". Http://Eprints.Uny.Ac.Id/10777/ 1/P%20-%2054.Pdf Sugiyanto. 2013. "Pendekatan Saintifik". Jurnal. Diakses pada tanggal 2 Januari2014. Http://Www.Academia.Edu/521 9050/Uraian_Materi_Pendekatan And Startegi Pembelajaran

Sitiatava. 2013. "Desain belajar mengajar kreatif berbasis sains". Jogjakarta: DIVA Pres

Tanti. 2012. "Kompetensi Berpikir Kritis Dan Kreatif Dalam Pemecahan Masalah Matematika Di SmpNegeri 2 Malang". Jurnal. Diakses pada tanggal 2 Januari 2014. Http://Ejournal.Umm .Ac. Id/Index.Php/Pen math/Article/Viewfile/612/634_Umm_Scie ntific_Journal.Pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v1i1.114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6285393531008

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.