Analisis Butir Soal Ujian Semester Ganjil Bahasa Indonesia Kelas X SMK Negeri 1 Mempura

Labbaika Ashayidatina, Alber Alber

Abstract


Penelitian ini dibuat untuk menjelaskan, menganalisis, dan menyimpulkan kesesuaian serta kualitas butir soal ujian semester ganjil Bahasa Indonesia kelas X SMK N 1 Mempura. Tujuan utamanya adalah mengevaluasi soal-soal tersebut dari segi kuantitatif dan kualitatif, dengan maksud untuk menilai kecukupan dan keunggulan soal-soal yang digunakan dalam ujian semester ganjil Bahasa Indonesia di kelas X SMK N 1 Mempura. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Sumber data utama berasal dari butir soal ujian semester ganjil Bahasa Indonesia kelas X SMK N 1 Mempura tahun ajaran 2022/2023. Hasil data dianalisis secara kualitatif, dan secara kuantitatif dari aspek validitas isi, tingkat kognitif, tingkat kesukaran dan efektivitas pengecoh dengan hasil analisis validitas isi berkategori rendah. Distribusi jenjang ranah kognitif yang terukur pada soal ujian yaitu 17 (68%) soal berkategori mengingat (C1), 8 (32%) soal berkategori memahami (C2), dan tidak ada  soal berkategori menerapkan (C3). Aspek tingkat kesukaran tertinggi 12 (48%) soal berkategori sukar. Aspek efektivitas pengecoh yaitu efektivitas pengecohnya terdapat 17 (68%) soal berkategori efektif.


Keywords


Bahasa Indonesia; analisis butir soal; semester ganjil; kelas X; SMK

Full Text:

PDF

References


Agustiana, M., Mayrita, H., & Muchti, A. (2018). Analisis butir soal ulangan akhir semester mata pelajaran bahasa indonesia kelas XI. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 11(01), 26-35.

Ariningrum, W., & Sufanti, M. (2016). Aspek Materi, Konstruksi dan Bahasa Pada Soal Sastra Ujian Nasional Tingkat SMK Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tahun 2014/2015 (Doctoral dissertation, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan).

Asrul, A., Saragih, A. H., & Mukhtar, M. (2022). Evaluasi Pembelajaran. Medan: Perdana Mulya Sarana.

Febriana, R. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Kartikasari, M., Kusmayadi, T. A., & Usodo, B. (2016, November). Kreativitas guru SMA dalam menyusun soal ranah kognitif ditinjau dari pengalaman kerja. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.

Nurjanah, N. (2017). Analisis butir soal pilihan ganda dari aspek kebahasaan. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 69-78.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.

Prawiki, S. M., & Helendra, H. (2022). Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021 Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMA Negeri 1 Teluk Sebong. Biodidaktika: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 17(2).

Purnamasari, I., Handayani, D., & Formen, A. (2020). Stimulasi keterampilan hots dalam paud melalui pembelajaran steam. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 3(1), 506–516.

Rahmadeni, D. M., Susilawati, S., & Thaib, A. (2014) Analisis Butir Soal Ujian Semester Genap Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Peranap Tahun Ajaran 2013/2014 (Doctoral dissertation, Riau University).

Rahmah, A. A., & Nasryah, C. E. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Evaluasi Pembelajaran. Uwais: Inspirasi Indonesia

Sari, V. N. I., Utomo, A. P. Y., & Sumarwati, S. (2022). Kualitas Soal Bahasa Indonesia di SMP Muhammadiyah 1 Pontianak: Analisis Butir Soal. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(2), 112-119.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). ALFABETA, CV.

Susetyo, A. M. (2020). Analisis butir soal ujian semester kelas VIII mata pelajaran bahasa Indonesia. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 187-198.

Utari, R., Madya, W., & Pusdiklat, K. N. P. K. (2011). Taksonomi bloom. Jurnal: Pusdiklat KNPK, 766(1), 1-7.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v8i2.5039

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

e-ISSN: 2477-846X 

p-ISSN: 2477-5932

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Editor in Chief: [email protected] / Wa: +6281256252769

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JP-BSI Indexed by:

          

Creative Commons License

JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.