Tindak Tutur Direktif Tokoh Khodijah dalam Film Merindu Cahaya De Amstel
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tindak tutur dalam sebuah film, tindak tutur ini merupakan bagian dari kajian pragmatik. Film merupakan salah satu karya sastra yang dipertontonkan dengan tujuan mengantarkan pesan tersirat kepada penonton. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif peneliti mendeskripsikan secara utuh dan mendalam data-data yang diperoleh dari serangkaian proses penelitian. Teknik pengumpulan data dengan teknik simak dan catat, untuk menyimpulkan dengan teknik tersebut peneliti perlu melalui beberapa hal, seperti menyimak video, mencatat data-data penting yang dibutuhkan, mengidentifikasi data, menyajikan data lalu menarik kesimpulan akhirnya. Untuk Sumber datanya didapatkan dari film berjudul Merindu Cahaya De Amstel . Teknik analisis data melalui 5 tahapan mulai dari menyimak vidio hingga memberikan kesimpulan terhadap hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan adanya jenis tindak tutur direktif meliputi: tindak tutur permintaan (23%), pertanyaan (46%), perintah (18%), dan menasehati (13%).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Basuki, R. (2015). KESANTUNAN BERBAHASA DALAM WACANA INTERAKSI KOMUNIKASI DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS BENGKULU. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 14(1), 16–25.
Chaer, A. (2007). Linguistik Umum. PT. Rineksa Cipta.
Chaer, A., & Agustina, L. (2010). Sosiolinguistik : Perkenalan Awal. Rineka Cipta.
Elysa, E., Evizariza, & Idayanti, I. (2023). UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. GELIGA JOURNAL : Journal of Humanities and Social Sciences, 1(2), 1–12. https://journal.unilak.ac.id/index.php/geliga/article/view/15566
Hanggoro, S. A., Hilaliyah, H., & Nurtriputra, I. (2021). TINDAK TUTUR DIREKTIF PADA PERCAKAPAN FILM NANTI KITA CERITA TENTANG HARI INI KARYA ANGGA DWIMAS SASONGKO DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Jurnal Alegori: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.30998/.v1i2.6288
Hasyim, S. S. M. (2015). Speech acts in selected political speeches. Iraq: International Journal of Humanities and Cultural Studies, 2(2).
Heriana, I., & Asnawi. (2023). Prinsip Kerja Sama Tindak Tutur Direktif dalam Tuturan Tokoh Film Kau dan Dia Season 2 Sutradara Ivan Bandhito. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(2), 808–816. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2689
Hidayat, D., Yulianto, B., & Savitri, A. D. (2023). Refleksi Karakter Masyarakat Madura dalam Film Pendek Mata Pena: Kajian Semiotika. Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 276–289. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ghancaran.v4i2
Hirata, K. A. (2021). ANALISIS TINDAK TUTUR DIREKTIF NOVEL ORANG-ORANG BIASA. 677–684.
Kristanti, F. (2014). TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM DIALOG FILM “KETIKA CINTA BERTASBIH” KARYA CHAERUL UMAM. Universitas Negeri Yogyakarta.
Maulida, A. N., & Solihati, N. (2023). Tindak tutur direktif guru kepada siswa kelas VIII dalam proses belajar mengajar di SMP Mandiri Jati Uwung Kota Tangerang: Kajian pragmatik. Jurnal Genre, 5(2).
MUSAWIR, M. (2018). Tindak Tutur Direktif dalam Inteaksi Belajar Mengajar Mata Pelajaan Bahasa Indonesia di SMA Negeri 6 Sidenreng Rappang. UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Pusparita, I. (2020). Tindak Tutur Direktif dan Fungsinya dalam Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2017 “Kelas Bercerita.” Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(1), 35–43.
Rachel, R. S., & Alber. (2023). Analisis tindak tutur direktif dalam film Sayap-Sayap Patah karya Rudi Soedjarwo. Jurnal Genre, 5(2).
Rahardi, K. (2005). Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Erlangga.
Rusmila, T. D. (2019). Tindak Tutur Direktif Guru dalam Proses Belajar Mengajar di Taman Kanak-Kanak Bunda Ninik S. Ananda di Desa Leces Kabupaten Probolinggo. Universitas Jember.
Saman, S. A. D. S., & Sanulita, H. (2018). TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM DIALOG FILM SURGA YANG TAK DIRINDUKAN I. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(3). https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26418/jppk.v7i3.24291
Sari, R. R. (2017). TINDAK TUTUR ASERTIF PADA PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IX SMP NEGERI 17 PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017 DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suherli, Maman, S., Septiaji, A., & Istiqomah. (2017). Bahasa Indonesia Kelas X (Edisi Revi). Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Tamsir. (2016). Tindak Tutur Direktif Guru pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMPN 5 Bontoramba Kabupaten Jeneponto. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Widiastuti, Y., Badrih, M., & Busri, H. (2023). Presuposisi Potensial Mengandung Gaya Bahasa sebagai Kontrol Rasionalisasi Tuturan pada Podcast Denny Sumargo. Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 152–168. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ghancaran.v4i2
Wijana, I. D. P. (2015). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia (Cet. 2). Pustaka Pelajar.
Yule, G. (2006). Pragmatik (edisi terjemahan oleh Indah Fajar Wahyuni dan Rombe Mustajab). Pustaka Pelajar.
Yule, G., & Wahyuni, I. F. (2014). Pragmatik. Pustaka Pelajar.
Yuli, & Nawawi. (2023). BENTUK TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU BAHASA INDONESIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 1 KARANG BAHAGIA. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM, 9(2), 177–186.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v8i2.5002
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang
e-ISSN: 2477-846X
p-ISSN: 2477-5932
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0342
Editor in Chief: [email protected] / Wa: +6281256252769
Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JP-BSI Indexed by:
JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.