Pengembangan Bahan Ajar Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Sastra Anak dan Pendidikan Karakter Untuk Sekolah Dasar

Munira Hasjim, Aziz Thaba, Sri Devi S, Jerniati Jerniati, Aminah Aminah, Hastianah Hastianah, Ratnawati Ratnawati, Musayyedah Musayyedah, Aminah Aminah, Andi Indah Yulianti, Syamsurijal Syamsurijal

Abstract


Riset dan pengembangan ini bertujuan menciptakan bahan ajar berbasis sastra anak dan pendidikan karakter yang layak, praktis, dan efektif untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar khususnya di SD Negeri Inpres Hartaco Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan metode deskriptif dan eksperimen. Desain pengembangannya menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang disederhanakan menjadi empat langkah yaitu: (1) tahap prapengembangan (perencanaan), (2) tahap pengembangan produk, (3) tahap uji kelayakan produk, dan (4) tahap pascapengembangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen pedoman observasi, tes, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif dan teknik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak, efektif, dan praktis digunakan untuk siswa kelas IV khususnya di SD Negeri Inpres Hartaco Makassar. Rata-rata hasil uji kelayakan bahan ajar oleh ahli materi sebesar 3,92 dengan kategori baik. Rata-rata hasil uji kelayakan bahan ajar oleh media sebesar 4,75 dengan kategori sangat baik. Rata-rata hasil uji kelayakan bahan ajar oleh subjek uji coba sebesar 4,14 dengan kategori baik. Hasil uji t menunjukkan thitung = 3,15 lebih besar dari ttabel = 2,007. Artinya, ada perbedaan yang signifikan antara peserta didik yang menggunakan bahan ajar yang dikembangkan dibandingkan peserta didik yang tidak menggunakan bahan ajar. Dengan demikian, bahan ajar yang dikembangkan efektif untuk dipergunakan sebagai pengangan siswa dalam pembelajaran. Rata-rata kemandirian belajar siswa sebesar 78,54 dengan kategori mandiri. Artinya, bahan ajar yang dikembangkan praktis untuk digunakan oleh siswa guna meningkatkan kemandirian belajarnya.


Keywords


pengembangan bahan ajar; sastra anak; pendidikan karakter

Full Text:

PDF

References


Adam, A., Mahmut, A. K., Akram, A., & Thaba, A. (2022). Pengembangan Materi Ajar Bahasa Indonesia Kelas X SMA Berbasis Flipbook Maker. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 18(1), 104-115.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah: Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Departemen Pendidikan Nasional. (2009). Sosialisasi KTSP. http://www.dikti.go.id/files/atur/KTSP-SMK/11.ppt. Didownload 25 Maret 2013.

Departemen Pendidikan Nasional. (2010). Petunjuk Teknis Pengembangan Bahan Ajar SMA. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Huck, C. Hepler, S. & Hicman, J. (1987). Children’s Literature in The Elementary School. Chicago: Rand Me. Nally College Company.

Kadir, A., & Thaba, A. (2019). Rekonstruksi Nilai Budaya Siri’Masyarakat Makassar melalui Tokoh Zainuddin dalam Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck Karya Hamka Suatu Tinjauan Sosiologi Sastra. Jurnal Idiomatik: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 52-65.

Lickona, Thomas. (1991). Mendidik untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah dapat Memberikan Pendidikan tentang Sikap Hormat dan Bertanggung Jawab. Terjemahan Juma Abdu Wamaungo. 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Matta, Anis. (2003). Mencari Pahlawan Indonesia. Jakarta: The Tarbawi Centre.

Nurgiyantoro, Burhan. (2005). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Puryanto, Edi. (2008). Konsumsi Anak dalam Teks Sastra di Sekolah. Makalah Konferensi Internasional Kesusastraan XIX HISKI. Hotel Asida, Batu, Malang, Jawa Timur, 12—14 Agustus 2008. HISKI Pusat bekerja sama dengan Pusat Bahasa, Depdiknas, HISKI Komisariat Malang dan Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.

Rahim, A. R., & Thaba, A. (2021). Development Illustrated Dictionary with Local Culture to Support Cultural Literation on Elementary School. Review of International Geographical Education Online, 11(5).

Sarumpaet, Riris K. Toha. (1976). Bacaan Anak –anak. Jakarta: Pustaka Jaya.

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter Bandung: Rosda Karya.

Thaba, A., Mahmut, A. K., & Amrul, A. (2021a). Pengembangan Bahan Ajar Kajian Prosa Fiksi untuk Perguruan Tinggi Berbasis Mobile Learning. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 6(2), 89-94.

Thaba, A. (2020b). Curriculum Development in College: Research and Development Study of Electronic Subjects for Indonesian Subjects at Muhammadiyah University of Makassar. Universal Journal of Educational Research, 8(10), 4835-4844.

Tomlinson, Brian. (ed.). (1998). Materials Development in Language Teaching. Cambridge: CUP.

Tuhusetya, Sawali. (2007). Membangun “Otonomi” Pembelajaran Sastra. http://sawali.info/2007/07/22/membangun-otonomi-pembelajaran-sastra/. Didownload, 5 Maret 2013.

Wahidin, Dadan. (2009). Mengembangkan Kemampuan Bersastra Siswa SD. http://makalahkumakalahmu.wordpress.com/2009/02/22/mengembangkan-kemampuan-bersastra-siswa-sd/. Didownload, 5 Maret 2013.

Zulkarnaini. (2008). Teori dan Apresiasi Sastra dalam Konstruksi Bahan Ajar. http://zulkarnainidiran.files.wordpress.com/2008/11/materi-sawahlunto-zulkarnaini2008.pdf. Didownload, 29 Desember 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v8i1.4315

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

e-ISSN: 2477-846X 

p-ISSN: 2477-5932

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Editor in Chief: [email protected] / Wa: +6281256252769

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JP-BSI Indexed by:

          

Creative Commons License

JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.