Citra Wanita pada Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck Karya Hamka dan Impementasinya terhadap Pembelajaran Sastra di Sekolah

Lizawati Lizawati, Yuyun Safitri

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan citra wanita yang bernama Hayati secara fisik dan nonfisik serta implementasinya terhadap pembelajaran sastra di sekolah. Penelitian ini penting dilakukan mengingat novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck menjadi sumber belajar siswa yang unsur-unsur di dalam novel menjadi inspirasi terutama tokoh utamanya yang memiliki karakter sebagai pembelajaran siswa agar lebih mawas diri dalam menghadapi problematika kehidupan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi dokumenter dengan teknik analisis isi (content analysis). Hasil analisis menemukan terdapat citra fisik berupa cantik yang tercermin pada kata bunga, pipi yang montok, engkau sangat cantik, dan alangkah cantiknya gadis dusu. Citra non fisik berupa penuh rahasia, periang, kekanak-kanakan, penuh kasih, budiman seperti matahari, takut, ikhlas, sabar, pemalu, dan setia kawan. Implementasi terhadap pembelajarannya di sekolah di peroleh bahwa novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck karya Hamka dapat diterapkan dalam pembelajaran di SMA khususnya di kelas X dengan KD mengidentifikasi nilai- nilai   dan isi yang terkandung dalam novel baik lisan maupun tulis yang diperoleh dari hasil wawancara bersama informan.


Keywords


Citra Wanita; Novel; Pembelajaran Sastra

Full Text:

PDF

References


Aminudin. (2002). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Jakarta: Sinar Baru.

Fitriani, N., & Sumartini, S. (2018). Citra Perempuan Jawa Dalam Novel Hati Sinden Karya Dwi Rahyuningsih: Kajian Feminisme Liberal. Jurnal Sastra Indonesia, 7(1), 62-72.

Hamka. (2012). Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck. Jakarta : PT. Bulan Bintang.

Lizawati, L. (2015). Analisis Citra Wanita Dalam Novel Perempuan Jogja Karya Achmad Munif. Jurnal Pendidikan Bahasa, 4(2), 226-242.

Lizawati, L. (2018). Cerita Rakyat Sebagai Sarana Pendidikan Karakter dalam Membangun Generasi Literat. SeBaSa, 1(1), 19-26.

Lizawati, L., Kusnita, S., Herlina, H., Lahir, M., Wulansari, F., Uli, I., ... & Hariadi, T. (2021). Pendampingan Menulis Resensi Novel sebagai Upaya Gerakan Literasi Cerdas Di SMPN 6 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(2), 293-300.

Lizawati, L., & Uli, I. (2018). Implementasi nilai pendidikan karakter dalam sastra lisan di IKIP PGRI Pontianak. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(2), 140-149.

Moleong, L. J. (2010). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nurgiyantoro, Burhan. (2007). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Pradopo, Rahmat Djoko. (1990). Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pradopo, Rachmad Djoko, et all. (2003). Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta. PT. Hanindita Graha Widya.

Ratna, Nyoman Kutha. (2004). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Suroso, dkk. (2009). Kritik Sastra: Teori, Metodelogi dan Aplikasi. Yogyakarta: Elmatera Publishing.

Sangidu. 2004). Metode Penelitian Sastra, Pendekatan Teori, Metode dan Kiat. Yogyakarta: UGM.

Setiawan, A., & Sulastri, S. (n.d). Karya Oka Rusmini Serta Relevansinya Dengan Pembelajaran. 183-188

Sudjiman, Panuti. (1988). Memahami Cerita Rekaan. Jakarta: Pustaka Jaya.

Teeuw, A. (1984). Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.

Wellek, Rene dan Austin Warren. (1990). Teori Kesusastraan. Diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia oleh Melani Budiman. Jakarta: Gramedia.

Waluyo, Herman J. (2002). Pengkajian Sastra Rekaan. Salatiga: Widyasari Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v8i1.4121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

e-ISSN: 2477-846X 

p-ISSN: 2477-5932

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Editor in Chief: [email protected] / Wa: +6281256252769

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JP-BSI Indexed by:

          

Creative Commons License

JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.