Pengaruh Kegiatan Literasi Dasar dan Media Buku Dongeng terhadap Minat Baca Siswa Kelas III SDN 3 Rantepao

Fausia Tiku Pasedan, Abdullah Sinring, M.Arifin Zaidin

Abstract


Keterampilan literasi adalah keterampilan yang dibutuhkan untuk membaca dan menulis seperti kesadaran akan suara bahasa, kesadaran akan cetakan, dan hubungan antara huruf dan suara. Penelitian bertujuan mengkaji tentang Pengaruh Kegiatan Literasi Dasar dan Media Buku Dongeng terhadap Minat Baca Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 3 Rantepao.  Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan populasi berjumlah 152 siswa dan sampel berjumlah 30 siswa pada kelas IIIA dan 30 siswa pada kelas IIIB.  Penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi,  kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik persentase dan regresi berbasis IBM SPSS Persi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan literasi dasar sebesar 96%. Aktivitas literasi dasar 91.67%,  respon siswa dengan media buku dongeng sebesar 90.00%. Hasil pre-test pada kelas eksperimen sebesar 53.33 dan hasil post-test pada kelas kontrol sebesar 60.00 hal ini berarti terdapat kenaikan 6,67%.  Adapun hasil uji regresi linear sederhana antara literasi dasar dengan minat baca berpengaruh signifikan, yakni koefisien korelasinya sebesar 0.764, kemudian antara penggunaan media buku dongeng dengan minat baca berpengaruh signifikan, yakni koefisien korelasinya sebesar  0.553, sedangkan pengaruh secara bersama-sama antara kegiatan literasi dasar dan penggunaan media buku dongeng dengan minat baca berpengaruh signifikan.


Keywords


minat baca; literasi dasar; media buku dongeng

Full Text:

PDF

References


Artana, I. K. (2017). Anak, Minat Baca, Dan Mendongeng. Acarya Pustaka, 3(1),26.https://doi.org/10.23887/ap.v3i1.12733

Creswell, J. W., & Clark, V. L. P. (2018). Mendesain dan Melaksanakan Mixed Methods Research. Yogyakata: Pustaka Pelajar.

Gani I dan Amalia S. (2015). Alat Analisis Data. Aplikasi Statistik untuk Penelitian Bidang Ekonomi dan Sosial, Yogyakarta: CV Andi Offset.

Ginting (2015). Penguatan Membaca, Fasilitas Lingkungan Sekolah dan Ketrampilan Dasar Membaca Bahasa Indonesia serta Minat Baca Murid. Jurnal Pendidikan Penabur,4 (4).

Herman A. (2005). Penelitian Bisnis. Paradigma Kuantitatif. Jakarta: PT Grasindo.

Husnul K. (2020). Pengaruh Kegiatan Literasi Dasar terhadap Minat Baca Siswa Kelas V SD Negeri 32 Buakang Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. Skripsi Tidak Terpublikasi Unismuh Makassar.

Tarigan H.G. (2013).Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa(edisikedu). Angkasa.

Tarigan, H. G. (2015). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Kamah, I. (2017). Pola dan strategi pengembangan perpustakaan dan pembinaanminatbaca. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Kasiyun, S. (2015). Upaya meningkatkan minat baca sebagai sarana untuk mencerdaskan bangsa.

Meliyawati (2016: 32). Pemahaman Dasar Membaca, Yogyakarta: Deepublish-CV Budi Utama.

Mansyur M., Ismawati, & Hikmawati (2022). Pembelajaran Literasi Sekolah Dasar, Lombok Tengah: Yayasan Insan Cendekia Indonesia Raya.

Pattiasina, P. J., Fatmawati, E., & Wulandari, M. (2022). Penggunaan Metode Mendongeng Dalam Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 667-674.

Pradana F.A.P.(2020). Pengaruh Budya Literasi Sekolah Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Terhadap Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. JPdK Volume 2 No 1 Tahun 2020 Halaman 81-85. JURNAL PENDIDIKAN dan KONSELING.

Prianto, J. S. (2020). Budaya Baca untuk Kemajuan suatu Bangsa. PerpustakaanUniversitasIslam Indonesia.

Sardiman, A. M. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers.

Soetanto, S. P. (2016). Peranan Dongeng Dalam Pembentukan Karakter SiswaSekolahDasar.Jurnal Pendidikan, 14(1), 44–51.https://doi.org/10.33830/jp.v14i1.355.2013

Sumartini, L. P. A., Antara, P. A., & Magta, M. (2017). Pengaruh Metode DongengInteraktif Terhadap Karakter Anak Pada Taman Kanak-Kanak Kuncup HarapanSingaraja. Journal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1–10.https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/10978.

Tarmidzi & Astuti (2020). Pengaruh Kegiatan Literasi Terhadap Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Caruban: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 3(1), 40-51, Januari 2020. DOI: http://dx.doi.org/10.33603/.v3i1.3361, p-ISSN 2615-1391, e-ISSN 2620-3219




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v8i2.4000

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

e-ISSN: 2477-846X 

p-ISSN: 2477-5932

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Editor in Chief: [email protected] / Wa: +6281256252769

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JP-BSI Indexed by:

          

Creative Commons License

JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.