Analisis Nilai Sosial dalam Cerita Rakyat Situ Gede sebagai Alternatif Bahan Ajar Bahasa Indonesia: Kajian Sosiologi Sastra

Shinta Rosiana, Fikri Hakim

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana nilai sosial yang ada pada cerita rakyat Situ Gede dan implementasinya sebagai bahan ajar mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Pisau bedah yang digunakan yaitu sosiologi sastra. Sumber data yang peneliti pilih berdasarkan informasi dari pihak pemerintah setempat yaitu kasepuhan dari masyarakat setempat selain itu peneliti juga crosscek dengan cerita rakyat yang tersebar di internet. Penelitian ini berurut mulai dari tataran nontekstual dan tekstual berupa data dalam cerita rakyat yang disajikan. Selanjutnya peneliti tampilkan data berupa sejarah sosial masyarakat Situ Gede, terakhir peneliti mengidentifikasi nilai-nilai sosial yang dapat dijadikan acuan sebagai arahan, masukan, dan bahan introspeksi pada generasi saat ini. Hasil analisis selanjutnya penulis sesuaikan dengan kebutuhan bahan ajar mata pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama berdasarkan kriteria bahan ajar sastra. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cerita rakyat Situ Gede memiliki nilai religi, nilai kepercayaan, dan nilai pendidikan moral. Nilai religi yang terdapat dalam cerita Situ Gede yaitu adanya kebiasaan Prabu Ardilaya dalam mencari ilmu yaitu berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Nilai kepercayaan terdapat dalam cerita Situ Gede karena adanya kepercayaan
terhadap hal-hal yang dianggap kekuatan gaib yaitu adanya ilmu batin yang dipercaya
sebagai sesuatu hal yang dapat menjaga diri dan nilai pendidikan moral dalam cerita Situ Gede yaitu pantang menyerah, bertanggung jawab, bekerja keras, berhati-hati dan penolong.


Keywords


Cerita Rakyat; Sosiologi Sastra; Bahan Ajar Sastra

Full Text:

PDF

References


Adeani, I. S. (2018). Nilai-nilai religius dalam cerita rakyat ciungnawara. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 2(1), 47-55.

Balitbang. (2010). Panduan Pengembangan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Balitbang Kemdikbud.

Endraswara, Suwardi. (2008). Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta : Med Press Endraswara.

Kusmana, S., & Nurzaman, B. (2021). Bahan Ajar Cerita Rakyat sebagai Perancah Pendidikan Karakter (Folklore Teaching Materials as a Character Education Scaffold). Indonesian Language Education and Literature, 6(2), 351-362.

Kuswara, K., & Sumayana, Y. (2020). Apresiasi cerita rakyat sebagai upaya memperkuat karakter siswa dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Jurnal Basicedu, 5(1), 317-326.

Mahsun. (2014). Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Raja grafindo Persada.

Naili, S. (2020). Analisis Nilai Moral dalam Cerita Rakyat. Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini (JP2KG AUD), 1(1), 47-54.

Putra, A. W. (2017). Transformasi Bentuk Sastra Lisan Sebagai Model Pelestarian dan Pewarisan Cerita Rakyat Situ Gede dan Prabu Ardilaya. BAHASA XI, 7.

Safitri, M. A., Langit, R. S., & Puspitoningrum, E. (2020). Analis Unsur Ekstrinsik Nilai Moral Dan Nilai Kepercayaan Cerita Rakyat Asal Usul Banyuwangi Ditinjau Dari Kajian Sastra Anak. Wacana: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajaran, 4(2), 51-61.

Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Bandung: Duta Wacana University Press.

Wallek,Warren. (1989). Sosiologi sebagai Suatu Pendekatan Sastra. Jakarta: Pustaka Utama.

Wiyatmi. (2013). Pengantar Kajian Sastra.Yogyakarya: Pustaka.

Zaidan, Abdul Rozak. (2000). Kamus Istilah Sastra. Jakarta: Balai Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v8i2.3943

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

e-ISSN: 2477-846X 

p-ISSN: 2477-5932

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Editor in Chief: [email protected] / Wa: +6281256252769

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JP-BSI Indexed by:

          

Creative Commons License

JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.